Grimoald dari Bayern

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Grimoald (atau Grimwald) († 725) adalah Adipati Bayern dari sekitar tahun 715 hingga kematiannya.

Dia adalah anak bungsu dari empat putra Theodo dari Bayern dan istrinya Folchaid dan pamanda Swanahild, istri kedua Karl Martell. Pada awalnya, ia memerintah bersama saudara-saudaranya, Theudebert, Theudebald, dan Tassilo II dan kemudian memerintah sendiri dari sekitar tahun 719. Ayahandanya membagi kerajaan, setelah melibatkan dua putranya sulungnya dengan pemerintahan kadipaten pada tahun 715.

Setelah kematian Theodo pada tahun 716, kadipaten yang terbagi itu terjerumus ke dalam perang saudara dan semua saudara kecuali Grimoald tewas pada tahun 719. Tidak pasti apakah pembagian kadipaten itu teritorial atau skema pembagian kekuasaan, tetapi jika yang pertama, tampaknya ibu kota Grimoald adalah Freising, yang kemudian ia pilih sebagai kursi keuskupan, atau Salzburg, yang kemudian ia perlakukan sebagai semacam ibu kota (Vita Corbiniani).

Grimoald menikahi Pilitrud, janda saudaranya Theudebald, mungkin untuk mengamankan posisinya dalam kekuasaan. Pilitrud digambarkan sebagai seorang wanita yang sangat cantik dan juga memiliki kepentingan politik karena keturunan bangsawannya. Namun pernikahan ini menyebabkannya berkonflik dengan misionaris Korbinianus, yang menyatakan pernikahan itu ilegal dan kemudian harus melarikan diri ke Tirol.

Ketika saudaranya Theudebert akhirnya meninggal pada tahun 724, ia mencoba merebut kekuasaan sepenuhnya dan menggulingkan keponakannya, Hucbert dari kekuasaan. Hucbert kemudian melarikan diri ke kerajaan Franka dan meminta bantuan raja Franka yang kuat Karl Martell. Karl Martell maju melawan Kadipaten Bayern pada tahun berikutnya (725). Arbeo dari Freising tidak mengintervensi pasukan Franka dan pembunuhan Grimoald, mungkin Hucbert dibantu dengan beberapa pasukan Langobardi untuk menyingkirkannya. Harga yang harus dia bayar untuk ini adalah penyerahan wilayah Bayern di Tirol Selatan ke kerajaan Lombardia[1].

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Theodo dari Bayern
Adipati Bayern
715–725
Diteruskan oleh:
Hucbert