Eberhard

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Eberhard merupakan putra sulung dan ahli waris adipati Arnulf (907–937), ia berasal dari Wangsa Luitpolding. Namun masa pemerintahannya singkat, karena ia diusir oleh Raja Otto I dari Jerman pada tahun 938.

Pada tahun 933 atau 934, Eberhard, menurut keturunan maternal Wangsa Unroching, ditawari Mahkota besi Lombardia oleh para pendukung Raja Rodolphe II dari Bourgogne dalam konflik dengan Hugues dari Italia. Setelah Rudolph sendiri telah meninggalkan semua hak waris takhta Italia, adipati Bayern bersekutu dengan Uskup Raterio dan berbaris melawan Verona, namun kampanye tersebut gagal. Pada tahun 935, Eberhard ditunjuk oleh ayahandanya sebagai ahli waris kadipaten. Adipati Arnulf mencapai persetujuan Raja Heinrich I dari Sachsen dan juga membuat bangsawan Bayern memberi upeti kepada putranya di Bad Reichenhall pada bulan Juli. Pada sekitar saat ini, Eberhard menikahi Liutgard.

Pada kematian ayahandanya, ia naik takhta tanpa rintangan namun dengan cepat terlibat konflik dengan putra Heinrich, Raja Otto, yang menentang hak istimewa yang dimenangkan oleh mendiang Adipati Arnulf dari ayahandanya. Dalam dua kampanye tahun 938, pada musim semi dan gugur, Otto mengalahkan Eberhard dan mengusirnya. Sebagai gantinya ia menunjuk pamandanya yang setia, Berthold. Tempat pembuangan dan tanggal kematian Eberhard tidak diketahui. Ia mungkin telah meninggal pada sekitar tahun 940 atau melarikan diri ke Hongaria, bahkan membantu pemberontakan pada tahun 953.

Eberhard
Wafat: 937
Didahului oleh:
Arnulf
Adipati Bayern
937 – 938
Diteruskan oleh:
Berthold