Stephan II dari Bayern

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Stephan II (1319Landshut, 13 Mei 1375), adalah adipati Bayern setelah tahun 1347. Ia adalah putra Kaisar Ludwig IV dari permaisuri pertamanya Beatrycze dari Świdnica dan anggota dari wangsa Wittelsbach.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lencana Stephan II

Selama pemerintahan Kaisar Ludwig IV, putranya Stephan bertugas sebagai vogt untuk Swabia dan Alsace. Kaisar telah memperoleh Brandenburg, Tirol, Holland dan Hainaut ke dalam kekuasaanya, tetapi ia juga membebaskan Oberpfalz untuk wangsa Wittelsbach cabang Pfalz Wittelsbach pada tahun 1329. Ketika ayahnya wafat pada tahun 1347, Stephan menggantikannya sebagai adipati Bayern dan Graf Holland dan Hainaut bersama dengan lima orang kakaknya. Ludwig IV telah menyatukan Bayern pada tahun 1340 tetapi pada tahun 1349 negara tersebut dipecah untuk anandanya menjadi Oberbayern, Niederbayern-Landshut dan Bayern-Straubing. Stephan II memerintah dari tahun 1349 sampai 1353 bersama dengan kakandanya Wilhelm I dan Albrecht I di Holland dan Niederbayern-Landshut, sejak tahun 1353 hanya di Niederbayern-Landshut.

Setelah perdamaian sementara Wittelsbach dengan Karl IV, Kaisar Romawi Suci, yang akhirnya menegaskan semua milik Wittelsbach, Stephan bergabung dengan ekspedisi Karl ke Italia pada tahun 1354. Tetapi segera Piagam Emas 1356 menyebabkan konflik baru karena hanya cabang Pfalz, Wittelsbach dan saudaranya Ludwig si Romawi sebagai markgraf Brandenburg dicadangkan sebagai kurfürst. Stephan II adalah putra terakhir Kaisar Ludwig IV yang dibebaskan dari pengucilan pada tahun 1362.

Ketika bangsawan Meinhard III, putra dari kakaknya Ludwig V si Brandenburg mangkat pada tahun 1363, Stephan II naik tahta juga di Oberbayern dan memecah Tirol. Untuk menguatkan posisinya melawan Rudolf IV dari Austria ia bersekutu dengan Bernabo Visconti. Stephan akhirnya melepaskan Tirol kepada Habsburg dengan perdamaian Schärding untuk kompensasi keuangan yang besar setelah Margarete Maultasch meninggal pada tahun 1369.

Konfliknya dengan kakaknya Ludwig si Romawi atas warisan Bavaria Meinhard akhirnya menyebabkan kerugian Brandenburg oleh dinasti Wittelsbach karena Ludwig kemudian menjadikan Karl IV sebagai pewaris di dalam kontrak. Akan tetapi Stephan menerima kakaknya Otto, Wittelsbach sebagai bupati Brandenburg yang terakhir, sebagai nominal dari wakil bupati ketika ia kembali ke Bayern pada tahun 1373. Karena kerugian Brandenburg, para bangsawan Baayern menerima kompensasi keuangan sekali lagi. Stephan digantikan oleh ketiga putranya.

Ia dimakamkan di Frauenkirche München.

Keluarga & Keturunan[sunting | sunting sumber]

Ia menikah dua kali. Pertama, pada tanggal 27 Juni 1328 dengan Elisabetta dari Sisilia, putri Raja Fidiricu III dan Eleonora dari Anjou. Kedua, ia menikah pada tanggal 14 Februari 1359 dengan Margarete dari Nürnberg, putri Johann II dari Nürnberg dan Elisabeth dari Henneberg. Semua anaknya adalah hasil dari perkawinannya yang pertama, termasuk tiga putra, yang akhirnya memecahkan Bayern untuk mereka masing-masing pada tahun 1392 dan satu orang putri:

  1. Stephan III dari Bayern-Ingolstadt (1337–26 September 1413, Niederschonfeld).
  2. Friedrich dari Bayern-Landshut (1339–4 Desember 1393, Budweis).
  3. Johann II dari Bayern-München (1341–1397).
  4. Agnes (l. 1338), menikah pada tahun 1356 dengan Raja Jacques I dari Siprus.

Dua dari putra Stephan (Stephan III dan Friedrich) dan satu cucunya (Putra John Ernst) menikah dengan putri dari sekutunya Bernabò Visconti.

Pada tahun 1447 Bayern-Ingolstadt bergabung dengan Bayern-Landshut, yang ditaklukkan oleh Bayern-Muenchen pada tahun 1503.

Leluhur[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Stephan II dari Bayern
Lahir: 1319 Wafat: 13 Mei 1375
Gelar pemerintahan
Didahului oleh:
Ludwig IV
Adipati Bayern
1347–49
bersama dengan Ludwig V, Ludwig VI,
Wilhelm I, Albrecht I and Otto V
Dibagi menjadi Oberbayern
dan Niederbayern
Dibentuk dari Bayern Adipati Niederbayern
1349–53
bersama dengan Wilhelm I dan Albrecht I
Dibagi menjadi Bayern-Landshut
dan Bayern-Straubing
Dibentuk dari Niederbayern Adipati Bayern-Landshut
1353–75
Diteruskan oleh:
Johann II, Friedrich, dan Stephan III
Didahului oleh:
Meinhard III
Adipati Oberbayern
1363
Disatukan kembali dengan Bayern-Landshut