Albrecht I dari Braunschweig

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Albrecht I si Jangkung
Adipati Braunschweig-Lüneburg
Litografi Albert I, 1840
Pangeran Braunschweig-Wolfenbüttel
Masa kekuasaan1269 – 15 Agustus 1279
PasanganElisabeth dari Brabant
Adelaide dari Montferrat
Keluarga bangsawanWangsa Welfen
BapakOtto I dari Braunschweig-Lüneburg
IbuMathilde dari Brandenburg
Lahir1236
Meninggal15 Agustus 1279
PemakamanKatedral Braunschweig

Albrecht si Jangkung (bahasa Latin: Albertus Longus, bahasa Jerman: Albrecht der Große; 1236 – 15 Agustus 1279) merupakan Adipati Braunschweig-Lüneburg dari tahun 1252 dan pemimpin pertama Kepangeranan Braunschweig-Wolfenbüttel dari tahun 1269 sampai kematiannya. Ia berasal dari keluarga Wangsa Welfen.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Albrecht merupakan putra sulung adipati Braunschweig yang pertama, Otto si Bocah dan istrinya, Mathilde. Ketika ayahandanya meninggal pada tahun 1252, ia naik takhta dan memimpin bersama dengan adiknya Johann.

Pemerintahan Albrecht awalnya terganggu oleh beberapa konflik bersenjata karena adipati-adipati Welfen masih harus menghadapi para pengikut Wangsa Hohenstaufen yang telah punah di dalam wilayah kekuasaan mereka. Pada tahun 1260/61 pasukan Albrecht berperang melawan adipati Denmark, Eric I Abelsøn atas nama Ratu Margrethe Sambiria dan putranya yang masih bocah, Raja Erik Klipping. Pada tahun 1263 adipati tersebut tidak cukup beruntung dengan campur tangannya di dalam Perang Suksesi Thüringen untuk mendukung tuntutan-tuntutan yang diajukan oleh ibu mertuanya, Sophie dari Thüringen.

Pada tanggal 31 Mei 1267, kedua bersaudara itu sepakat untuk membagi tanah-tanah Welfen, yang terjadi pada tahun 1269. Albrecht mempartisi wilayah dan Johann memperoleh hak untuk memilih bagiannya. Ia mengambil bagian utara yang termasuk wilayah Lüneburg, Celle dan kota Hannover, sedangkan Albrecht menerima bagian selatan di sekitar kota-kota Braunschweig dan Wolfenbüttel, yang membentang dari wilayah di sekitar bukit Calenberg ke kota Helmstedt, pegunungan Harz, dan Göttingen. Tempat tinggal Braunschweig itu sendiri tetap sebagai milik umum kedua bersaudara itu.

Albrecht kemudian memusatkan perhatiannya pada pengembangan tanah-tanah warisannya. Selama Interregnum kerajaan, ia berpihak kepada raja Bohemia yang sedang naik daun, Ottokar II sampai kekalahan terakhirnya pada tahun 1278 di Pertempuran Marchfeld. Ketika saudaranya Johann meninggal pada tahun 1277, ia bertindak sebagai pemangku takhta keponakannya yang masih bocah, Otto II.

Albrecht meninggal pada tanggal 15 Agustus 1279 dan dimakamkan di Katedral Braunschweig. Ia digantikan oleh ketiga putranya yang lebih tua, dan ketiga putranya yang lebih muda memasuki dunia gerejawi.

Pernikahan dan Keturunan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1254, Albrecht menikahi Elisabeth dari Brabant (1243 – 9 Oktober 1261), putri Adipati Henri II dan Sophie dari Thüringen. Mereka tidak memiliki keturunan[1]

Setelah kematian Elisabeth pada tahun 1261, Albrecht menikahi Adelaide dari Montferrat (Alessia) (1242 – 6 Februari 1284/85), putri Markgraf Bonifasius II pada sekitar tahun 1263. Setelah menjanda, Adelaide kemudian menikah dengan Gerhard I. Albrecht dan Adelaide memiliki keturunan sebagai berikut:

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chronica Principum Brunsvicensium, MGH SS XXX.1, p. 26.
Albrecht I dari Braunschweig
Cabang kadet Wangsa Este
Lahir: 1236 Wafat: 15 Agustus 1279
Bangsawan Jerman
Didahului oleh:
Otto I
Adipati Braunschweig-Lüneburg
rekan pemimpin Johann

1252–1269
pembagian wilayah
Kepangeranan Wolfenbüttel dibagi dari Kadipaten Braunschweig-Lüneburg Adipati Braunschweig-Lüneburg
Pangeran Braunschweig-Wolfenbüttel

1269–1277
Diteruskan oleh:
Heinrich I, Albrecht II, dan Wilhelm I