Stephan III dari Bayern

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Stephan III (1337Niederschönfeld, 26 September 1413) adalah adipati Bayern sejak tahun 1375. Ia adalah putra tertua dari Stephan II dan Elisabetta dari Sisilia.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Asal dari pihak maternalnya adalah Fidiricu III dari Sisilia dan Eleonora dari Anjou. Orangtuanya adalah Carlo II dari Napoli dan Mária dari Hongaria. Mária adalah putri István V dari Hongaria dan istrinya, Ratu Erzsébet, yang merupakan puteri Zayhan dari Kuni, ketua dari suku Cuman dan sudah pagan sebelum pernikahannya.

István V adalah putra Béla IV dari Hongaria dan Maria Laskarina. Maria Laskarina adalah putri dari Theodoros I Laskaris dan Anna Angelina. Anna adalah putri dari Kaisar Romawi Timur Alexios III Angelos dan Euphrosyne Doukaina Kamatera.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Dari tahun 1375 sampai 1392 ia memerintah dengan kakaknya Friedrich dan Johann II dari Bayern-Landshut. Pada tahun 1392 Bayern-Landshut dikecilkan batasnya sejak Bayern-Ingolstadt dan Bayern-München dibuat. Johann telah merintis partisi baru sejak ia menolak untuk membiayai petualangan orang Italia yang mahal untuk kakaknya dan Stephan di pengadilan. Stephan III menerima Bayern-Ingolstadt setelah pembagian Bayern, ia segera mempertimbangkan persetujuan ini sebagai kerugian. Pada tahun 1395-1397 ia kemudian bergabung memerintah Bayern-Munchen bersama dengan Johann II setelah konflik bersenjata antara dua bersaudara.

Setelah kedua saudaranya meninggal, Stephan mencoba untuk memperluas kekuasaannya. Ini mengakibatkan konflik yang panjang dengan keponakannya. Berlawanan dengan mereka Stephan mendukung Raja Ruprecht menentang pihak Luksemburg. Ia dipaksa oleh keponakannya Ernst untuk membatasi pemerintahannya untuk Bayern-Ingolstadt pada tahun 1402 dan kemudian mendukung pemberontakan penduduk di Munich pada tahun 1403 yang gagal. Pada tahun 1410 ia mencoba untuk menguasai kembali Kabupaten Tirol yang telah diberikan ayahandanya untuk Habsburg tidak berhasil.

Keluarga & Keturunan[sunting | sunting sumber]

Ia menikah dua kali. Pertama, ia menikah pada tanggal 13 Oktober 1364 dengan Taddea Visconti, putri dari Bernabò Visconti dan Beatrice della Scala. Kedua, ia menikah di Köln pada tanggal 16 Januari 1401 dengan Elisabeth dari Kleve, putri dari Adipati Adolf III. Ia memiliki, dari pernikahan pertamanya, seorang putra, Louis yang Berjenggot, yang menggantikan tahtanya di Bavaria-Ingolstadt, dan seorang putri, yang menjadi Ratu Prancis, Elisabeth von Bayern-Ingolstadt.

Stephan III dari Bayern
Lahir: 1337 Wafat: 26 September 1413[usia 76]
Gelar
Didahului oleh:
Stephan II
Adipati Bayern-Ingolstadt
1375–1413
Diteruskan oleh:
Ludwig VII