Granit alkali felspar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Granit alkali felspar

Granit alkali felspar, bertekstur holokristalin dan berbutir kasar.
Mineral utama: K-felspar, Kuarsa
Mineral sekunder: Plagioklas, mineral-mineral gelap
Jenis batuan: Batuan beku

Granit alkali feldspar, Varian granit yang disebut juga 'granit merah', adalah batuan beku felsik dan merupakan tipe dari granit yang kaya akan mineral K-felspar (kalium felspar). Batuan ini padat dengan tekstur faneritik .Melimpahnya K-felspar menyebabkan batuan ini berwarna merah muda hingga rona kemerahan; serta dibumbui oleh sejumlah kecil mineral-mineral hitam.

Diagram QAPF untuk klasifikasi batuan plutonik

Komposisi kimia[sunting | sunting sumber]

Seperti yang diperlihatkan di diagram QAPF, granit ini mengandung 20%-60% kuarsa. Jika kandungan kuarsanya lebih sedikit akan disebut "syenit alkali felspar kuarsa". Lebih dari 90% total felspar pada granit ini adalah alkali felspar. Bila kurang dari 90% akan disebut granit saja.[1]

Susunan mineral batuan beku

Mineral-mineral silikat yang ada di granit tersebut termasuk sejumlah kecil plagioklas felspar, mika dalam bentuk muskovit dan/atau biotit, dan amfibol(biasanya hornblende). Mineral-mineral oksida seperti magnetit, ilmenit, atau ulvospinel juga hadir. Beberapa sulfida dan fosfat (terutama apatit) juga dapat hadir.

Keterjadian[sunting | sunting sumber]

Granit jenis ini umumnya terbentuk bersama granitoid-granitoid kaya alkali, seperti monzogranit dan syenogranit, yang tergabung dalam granit tipe-A. Mereka ditemukan di kisaran setting tektonik yang luas dan asal mereka tidak menentu.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Batuan granit biasanya dipakai oleh ahli geologi, geokimia, dan lain—lain untuk mengetahui lingkungan formasi tempat mereka berada.[2]

Granit alkali felspar digunakan sebagai material konstruksi banguan, trotoar, dan meja kerja dapur.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Field Classification and Description of Soils and Rock" (PDF). US Environmental Protection Agency. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2017-06-09. Diakses tanggal 2016-03-25. 
  2. ^ "Granite and Granodiorite". US National Park Service. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-19. Diakses tanggal 2016-03-25. 
  3. ^ "Granite: Characteristics, Uses and Problems". US General Services Administration. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-12-09. Diakses tanggal 2016-03-25.