Amfibol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Amfibol (Tremolit)

Amfibol  adalah nama grup mineral inosilikat yang penting, umumnya berwarna gelap, dengan kristal yang membentuk prisma atau jarum,[1] terdiri dari ikatan rangkap tetrahedral SiO
4
  yang saling terkait membentuk simpul dan umumnya mengandung ion - ion besi dan atau magnesium dalam struktur mereka. Amfibol dapat berwarna hijau, hitam, tak berwarna, putih, kuning, biru, atau coklat.

Mineralogi[sunting | sunting sumber]

Amfibol mengkristal menjadi dua sistem kristal, monoklin dan ortorombik. Dalam komposisi kimia dan karakteristik umum, mereka mirip dengan piroksen. Perbedaan utama dari piroksen adalah bahwa (i) amfibol mengandung hidroksil penting (OH) atau halogen (F, Cl) dan (ii) struktur dasar amfibol adalah rantai ganda dari tetrahedral (yang bertentangan dengan struktur rantai tunggal piroksen). Lebih jelasya, dalam spesimen tangan, adalah bahwa amfibol membentuk bidang belahan miring (sekitar 120 derajat), sedangkan piroksen memiliki sudut belahan sekitar 90 derajat. Amfibol juga secara spesifik kurang padat daripada piroksen. Pada karakteristik optik, Amfibol dapat dibedakan dengan piroksen dengan pleokroismenya yang lebih kuat pada dibanding piroksen  dan sudut extinction yang lebih kecil (Z terhadap c) pada bidang simetri. Amfibol adalah konstituen utama dari amfibolit.

Catatan[sunting | sunting sumber]