Grace Poe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Grace Poe
Stores Asia Expo 2018 with Guest of Honor Sen. Grace Poe (cropped).jpg
Senator Filipina
Mulai menjabat
30 Juni 2013
Ketua Komite Pelayanan Publik Senat
Mulai menjabat
25 Juli 2016
PendahuluBong Revilla
Ketua Komite Informasi Publik dan Media Massa Senat
Mulai menjabat
22 Juli 2013
PendahuluGregorio Honasan
Ketua Komite Ketertiban Umum dan Obat Berbahaya Senat
Masa jabatan
22 Juli 2013 – 25 Juli 2016
PendahuluGregorio Honasan
PenggantiPanfilo Lacson
Ketua Badan Klasifikasi dan Ulasan Film dan Televisi
Masa jabatan
10 Oktober 2010 – 2 Oktober 2012
PendahuluConsoliza Laguardia
PenggantiEugenio Villareal
Informasi pribadi
Lahirdibaptis 3 September 1968 (umur 51)
Kota Iloilo, Filipina
Partai politikIndependen (2003–2015)
Aksyon (2015–sekarang)[1][2]
[tak ada di rujukan]
Afiliasi
politik lain
Republik (A.S.) (1990)
Team PNoy (2012–2013)
Koalisi Rakyat Nasionalis (2016)
Partido Galing at Puso (2015–2016)
PasanganNeil Llamanzares (k. 1991)
Anak3
PendidikanUniversitas Filipina, Manila
Boston College (BA)
Situs webSitus web kampanye

Mary Grace Natividad Sonora Poe Llamanzares (dibaptis pada 3 September 1968) adalah putri angkat dari aktor Filipina Susan Roces dan Fernando Poe, Jr. Ia menjabat sebagai ketua Badan Klasifikasi dan Ulasan Film dan Televisi dari 2010 sampai 2012 dan dalam Senat Filipina sejak 2013.

Poe belajar di Universitas Manila Filipina, dimana ia mengutamakan diri dalam bidang pembelajaran pengembangan, tetapi berpindah ke Boston College di Massachusetts, Amerika Serikat dimana ia menyelesaikan sebuah gelar dalam bidang ilmu pengetahuan politik dan menjalani kehidupan dewasanya di Fairfax, Virginia. Pada 2004, ayah angkatnya maju untuk jabatan presiden Filipina melawan petahana, Gloria Macapagal-Arroyo, tetapi kalah; ia meninggal berbulan-bulan kemudian. Pada 8 April 2005, Grace kembali ke Filipina setelah mengetahui bahwa ayahnya meninggal. Ia mulai mengambil hak ayahnya pada hasil pemilihan tersebut dan berkampanye melawan kecurangan pemilihan.

Poe maju untuk sebuah kursi di Senat Filipina dalam pemilihan pada 2013 sebagai seorang Independen yang berafiliasi dengan koalisi Team PNoy dari Aquino. Ia mengakhirinya dengan kemenangan suara lebih dari kandidat lainnya dan lebih dari 20 juta suara, di atas Loren Legarda, yang sebelumnya meraih peringkat teratas pada dua pemilihan. Ia merupakan kandidat untuk pemilihan presiden Filipina 2016. Meskipun terdapat sejumlah upaya untuk mendiskualifikasikannya, Dewan Tinggi Filipina menyatakan bahwa ia adalah warga negara Filipina yang lahir alami dan ia dikualifikasikan untuk menjadi Presiden berdasarkan pada ia menetap di negara tersebut selama 10 tahun.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Keluarga angkanya mengklaim bahwa ia ditemukan pada 3 September 1968 di Kota Iloilo oleh seorang wanita,[3][4][5][6] di wadah air suci Katedral Metropolitan Jaro, gereja utama di kota tersebut.[6] Ketika bayi tersebut ditemukan, pendeta paroki menamainya "Grace" (bahasa Inggris: Kemuliaan) dalam kepercayaan bahwa penemuannya merupakan sebuah kemuliaan Allah;[3] ia di-Kristen-kan oleh Jaime Sin, Uskup Agung Jaro, yang kemudian menjadi Uskup Agung Manila.[7] Meskipun katedral tersebut mengeluarkan sebuah pengumuman dengan harapan ibu kandungnya mengambilnya,[3] namun tidak ada satupun yang maju ke depan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kapunan's Aksyon party 'adopts' Grace Poe". Philippine Daily Inquirer. October 23, 2015. 
  2. ^ "Raul Roco's Aksyon Demokratiko endorses Grace Poe". Rappler. April 21, 2016. 
  3. ^ a b c Santos-Concio, Charo (host) (February 2, 2013). "Sanggol". Maalaala Mo Kaya. Musim ke-20. Episode ke-114 (dalam bahasa Filipino). ABS-CBN. 
  4. ^ ABS-CBNnews.com (June 3, 2015). "How Grace Poe learned she was adopted". ABS-CBNnews.com. Diakses tanggal June 5, 2015. 
  5. ^ Gomez, Carla P. (April 12, 2013). "Susan Roces pitches for Grace Poe". Philippine Daily Inquirer. Philippine Daily Inquirer, Inc. Diakses tanggal April 12, 2013. 
  6. ^ a b Dela Cruz, Kathryn (May 21, 2013). "How Cardinal Sin helped Grace Poe get adopted". ABS-CBN News and Current Affairs. Diakses tanggal May 29, 2013. 
  7. ^ Chua, Ryan (June 5, 2015). "Grace Poe gets new clues on who father is". ABS-CBNnews.com (dalam bahasa English and Filipino). Diakses tanggal June 5, 2015. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "headstart" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "fullgrace" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "SPG" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "underpressure" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "death" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "reappointment" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "pia-mtrcb" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ratings" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ronian" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "lovi" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "imdb" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "interaksyon" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "philstar-gave" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "evermore" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "wish" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "movieratings" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "childtv" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "enable" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "buses" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "legacy" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "childactors" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "congressmen" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "censors" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "womenactors" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "election2010" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "slate" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "diplomacy" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "filing" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "makabayan" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "una-drop" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "fpj-pg" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "stratpolls" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "top12" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "pulse" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "legacies" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "factor" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "cctv" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "revenge" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "surname" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]