Gerard Bilders

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gerard Bilders
Gerard Bilders.jpg
Gerard Bilders, c. 1863-65
LahirAlbertus Gerardus Bilders
(1838-12-09)9 Desember 1838
Utrecht, Belanda
Meninggal08 Maret 1865
Amsterdam, Belanda
KebangsaanBelanda
Dikenal atasLukisan, dan gambar
Karya terkenal
Gerakan politikforerunner of The Hague School

Albertus Gerardus "Gerard" Bilders (lahir 9 Desember 1838 – meninggal 8 Maret 1865 pada umur 26 tahun) adalah seorang pelukis lanskap Belanda, yang terkait dengan beberapa anggota Sekolah Den Haag, seperti Anton Mauve dan Willem Maris.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Bilders lahir di Utrecht, di mana ia tinggal sampai tahun 1856, meskipun dari tahun 1841 hingga 1845 keluarga Bilders tinggal di Oosterbeek, sebuah desa dekat Arnhem yang kemudian menjadi pusat utama Oosterbeek Belanda bertema plein-air. Ayahnya Johannes Warnardus Bilders adalah seorang pelukis lanskap Belanda. Pada tahun 1857 Gerard pindah ke Den Haag.

Bilders didukung secara finansial oleh penulis Belanda nl:Johannes Kneppelhout yang tinggal di Oosterbeek sejak 1851, di mana ia menghuni kawasan pedesaan dan mengundang beberapa seniman muda sebagai anak didiknya[1]Templat:Circular reference. Kneppelhout agak kritis terhadap bakat melukis Bilders dan mencoba mendorongnya ke arah yang lebih sastra, yang pasti ditolak Gerard. Kedua pria itu menulis selama beberapa tahun banyak surat yang diterbitkan oleh Kneppelhout [termasuk catatan harian Bilders tahun 1860 dan 1862], tak lama setelah kematian Bilder pada tahun 1865.[2]

Bilders menerima pelajaran menggambar pertamanya dari ayahnya, pelukis lanskap Johannes Warnardus Bilders. Sejak awal karir artistiknya, fokus Bilders adalah pada lukisan lanskap tetapi juga pada hewan di lanskap. Bilders belajar di Akademi Seni Rupa di Den Haag dari sekitar tahun 1857 hingga 1859 dan menggambar model telanjang dan berpakaian di sana. Di museum Mauritshuis dia menyalin pemandangan Paulus Potter dengan ternak; untuk sementara dia adalah murid pelukis lanskap dan hewan Charles Humbert di Swiss. Dari waktu ke waktu Gerard Bilders akan membantu ayahnya dengan mengisi lukisan pemandangannya dengan binatang, seperti yang dia lakukan a.o. pada tahun 1859 dengan melukis beberapa kambing[3] in a large forest-landscape of his father, commissioned by a Russian art-seller.

'Landscape with cows in the Meadow', c. 1860-64

IPada tahun 1860 mereka melakukan perjalanan bersama ke 'Exposition Générale des Beaux-Arts' di Brussel di mana ia berkenalan untuk pertama kalinya dalam hidupnya dengan para pelukis [[Sekolah Barbizon|Sekolah Barbizon] Prancis]. Dua kali dia melakukan perjalanan ke Swiss/Prancis; pertama kali pada September 1858, ketika dia melukis di sana bersama dengan beberapa teman seniman di udara terbuka, di Savoy.

Kemudian pada tahun 1859 ia mulai melukis di daerah-daerah sekitar Leiden, sering kali 'padang rumput dengan ternak'. Di sini ia mencoba mereproduksi suasana yang ditimbulkan oleh lanskap datar Belanda dengan menggunakan efek cahaya yang khas serta 'abu-abu hangat yang berwarna dan harum.' Pada bulan Juli 1860 ia menulis: "Saya sedang mencari nada, yang kita sebut 'berwarna abu-abu'. Maksud saya bahwa semua warna, bahkan yang paling kuat, dapat disatukan sedemikian rupa untuk memberikan kesan hangat, vital Abu-abu.".[4] Ketika dia mencampur semua warna palet hanya dengan abu-abu untuk mendapatkan efek abu-abu ini, dia biasanya tidak puas dengan hasilnya. Usahanya dalam memadukan warna-warna yang tidak terputus-putus menggambarkan gaya lukisan tonal para pelukis Sekolah Den Haag di kemudian hari.

Gerard Bilders kembali ke Oosterbeek dari tahun 1857 - 1864 di mana ia bertemu Anton Mauve dan saudara-saudara Maris, khususnya Willem Maris. Dia meninggal di Amsterdam karena TBC ketika dia baru berusia 26 tahun.

Karya[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ nl:De Hemelsche Berg
  2. ^ http://www.dbnl.org/tekst/bild004brie01_01/index.php
  3. ^ https://en.wikiquote.org/wiki/Gerard_Bilders
  4. ^ https://en.wikiquote.org/wiki/Gerard_Bilders#'Vrolijk_Versterven'_(from_Bilders'_diary_&_letters)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]