Geologi Azerbaijan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta topografi Azerbaijan yang diperbesar.

Geologi Azerbaijan membentuk bagian geologis konstituen dari sabuk lipat Alpen. Endapan sedimen yang mencakup bagian barat daya Kaukasus Besar dan Kecil, termasuk lembah Kur Kur, serta cekungan Kaspia Tengah dan Selatan terdiri dari sistem lipatan beranekaragam. Ketebalan kerak bumi di Azerbaijan bervariasi dalam kisaran 38 hingga 55 km .Ketebalan maksimumnya berada di daerah Kaukasus Kecil, sedangkan ketebalan minimumnya berada di kaki bukit Talysh. Latar geologis daerah terdiri dari endapan, endapan-vulkanik, endapan vulkanik dan terestrial yang mencakup hampir seluruh rentang stratigrafi mulai dari Pra-Kambrium hingga masa Holosen.

Mineral[sunting | sunting sumber]

Azerbaijan kaya akan bijih dan mineral non-bijih. Bijih dan mineral non-bijih tersebar sebagian besar di wilayah pegunungan (Kaukasus Kecil dan Besar), bahan bakar fosil di wilayah dataran dan cekungan Kaspia Selatan. Pada gilirannya, itu menyebabkan pengembangan industri bijih di barat dan industri minyak-gas di timur.

Bahan bakar fosil[sunting | sunting sumber]

Sumber daya bahan bakar fosil di Azerbaijan berupa minyak, gas, serpih minyak, gambut, dll. Industri perminyakan adalah sektor terpenting dari ekonomi lokal. Minyak diproduksi dari ladang minyak lepas pantai dan lepas pantai Kaspia. Azerbaijan (khususnya Semenanjung Absheron) disebut sebagai wilayah penghasil minyak paling kuno di dunia. Bahkan selama abad ke 7 - 6 SM, minyak telah diekstraksi di Semenanjung Absheron dan diekspor ke berbagai negara. Pada 1985 sekitar 1,2 miliar ton minyak mentah telah diproduksi di Azerbaijan (25% di antaranya dari ladang minyak lepas pantai).

Bijih logam[sunting | sunting sumber]

Bijih logam (magnetit dan hematit) di Azerbaijan terbagi dalam empat kelas generik: segregasi magmatik, skarn-magnetit (kontak-metasomatik), hidrotermal-metasomatik dan sedimen.

Mineral non logam[sunting | sunting sumber]

Sumber daya mineral non-logam memainkan peran penting dalam keseimbangan total sumber daya bahan baku Azerbaijan. Kelompok bahan baku tersebut meliputi garam batu, gipsum, anhidrit, tawas, tanah liat bentonit, bahan konstruksi, pirit, borat, batu permata (batu mulia dan semi mulia), dolomit, spar Islandia, dll.[1]

Air bawah tanah[sunting | sunting sumber]

Air bawah tanah dianggap sebagai salah satu sumber daya alam terpenting di Azerbaijan. Karena perbedaan dalam komposisi kimia, terdapat beberapa jenis seperti air rumah tangga, air minum, air medis, dan air yang digunakan di berbagai sektor industri.

Gunung berapi lumpur[sunting | sunting sumber]

Diperkirakan 300 dari 700 gunung berapi lumpur di planet ini diperkirakan berada di Azerbaijan Timur dan Laut Kaspia.[2]

Gunung berapi lumpur menyebar di Azerbaijan. Dalam bahasa lokal, gunung lumpur juga dikenal sebagai "pilpila", "yanardag", "bozdagh", "ahtarma", "gaynarja" dll. Ada lebih dari 220 gunung lumpur di Azerbaijan (Semenanjung Absheron, Gobustan, dataran Shirvan tenggara, dataran dataran Samur - Davachi, baik kepulauan Absheron dan Baku). Yang terbesar adalah Galmas, Toragay, Big Kanizadag dll. Kebanyakan dari mereka memiliki bentuk kerucut. Tingginya bervariasi dalam kisaran 20 hingga 400 m, sedangkan diameter dasar dapat bervariasi dari 100 hingga 4500 m.

Pada tahun 2001, satu gunung berapi lumpur 15 kilometer dari Baku menjadi berita utama dunia ketika tiba-tiba mulai menyemburkan api setinggi 15 meter.[3]

Aktivitas seismik[sunting | sunting sumber]

Stasiun seismik pertama di Azerbaijan didirikan segera setelah tahun 1902 di Baku oleh E. Nobel. Setelah itu stasiun seismik ditetapkan di berbagai wilayah di Azerbaijan (Balakhany, Zurnabd, Shamakhi, Ganja, Nakhchivan, Lankaran, Pulau Chilov, dan Mingechevir).

Azerbaijan mengalami gempa bumi dahsyat sejak zaman kuno. Laporan pertama tentang "peristiwa kehancuran keseluruhan yang menghancurkan semua kota dan desa" berasal dari tahun 427 Masehi. Pada tahun 1139 M, gempa bumi dahsyat dengan kekuatan IX terjadi di Azerbaijan. Kota Ganja hancur total dan jumlah korban yang sangat besar dilaporkan. Danau Goygol dihasilkan sebagai hasil dari gempa yang sama.

Pada abad ke 19 M, kota Shamahy menderita beberapa gempa bumi dahsyat. Gempa yang terjadi pada 1856, 1861, dan 1872 dan 1902 yang dianggap sebagai yang terkuat dan paling dahsyat diperkirakan memiliki intensitas VII-X.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Geology Institute of the Azerbaijan Academy of Sciences". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-02-11. Diakses tanggal 2019-11-30. 
  2. ^ "11.2 Mud Volcanoes – Mysterious Phenomena Fascinate Scientists and Tourists by Ronnie Gallagher". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-11-05. Diakses tanggal 2019-11-30. 
  3. ^ "BBC News | SCI/TECH | Azeri mud volcano flares". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-10-05. Diakses tanggal 2019-11-30.