Gedung Societet Militer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gedung Societet Militer adalah salah satu gedung yang terletak di bagian belakang dari Kompleks Benteng Vredeburg, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Gedung Societet Militer memiliki nilai sejarah karena pernah digunakan sebagai tempat pertemuan para perwira militer Belanda, Jepang dan Indonesia dalam masa yang berbeda. Pemakaian gedung ini dimulai pada masa penjajahan Belanda dan berlanjut ke masa pendudukan Jepang di Indonesia. Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, Tentara Nasional Indonesia juga kembali menggunakan gedung ini. Gedung Societet Militer dibangun sebagai fasilitas tambahan dari Benteng Vredeburg. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat tinggal bagi para perwira dan prajuritnya. Gedung ini dipakai oleh Belanda pada tahun 1942, dan 1945-1949. Tentara Jepang memakainya hanya pada tahun 1942 hingga 1945. Sedangkan pemerintah Indonesia menggunakan Gedung Societet Milter hingga tahun 1977. Pihak yang memakainya adalah bagian pertahanan dan keamanan negara. Setelahnya kepemilikan gedung diserahkan kepada pemerintah daerah Yogyakarta. Gedung Societe Militer berbentuk huruf "L". Bagian teras dibagi dua dengan bentuk melengkung. Kedua teras dipisahkan oleh sebuah taman kecil yang berfungsi sebagai penyejuk lingkungan gedung. Bagian dalam Gedung Societet Militer terbagi menjadi 3 ruangan, yaitu ruang utama, ruang sayap selatan, dan ruangan sayap utara. Masing-masing ruangan mempunyai denah, atap, dan fungsi yang berbeda. Ruang utama berbentuk persegi empat, beratap limasan dan digunakan sebagai ruang pertemuan. Ruang sayap selatan berbentuk huruf "L" dan beratap limasan dan kampung. Sedangkan ruang sayap utara berbentuk persegi empat, beratap kampung, dan berfungsi sebagai tempat ganti pakaian bagi para tamu gedung. Pemerintah Indonesia menetapkan Gedung Societet Militer sebagai cagar budaya pada tanggal 17 Oktober 2011.[1] Gedung Societet Militer juga memiliki panggung berukuran 10 meter × 8 meter. Panggung ini mampu menampung 300 penonton. Panggung dilengkapi dengan lobi, ruang rias, penyejuk udara, tata cahaya, dan tata suara.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Gedung Societet Militer - Sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya". cagarbudaya.kemdikbud.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-14. Diakses tanggal 14 Juli 2021. 
  2. ^ Yogyakarta, Taman Budaya. "Gedung Kesenian Societet Militair". Taman Budaya Yogyakarta | informasi-gedung. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-27. Diakses tanggal 14 Juli 2021.