Gangjeong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Gangjeong

Gangjeong (강정) adalah jenis kue tradisional khas Korea (hangwa) yang terbuat dari beras ketan dengan berbagai bentuk dan ukuran.[1] Gangjeong disajikan oleh orang Korea pada saat acara-acara penting seperti acara pernikahan, upacara ritual, serta festival tahun baru Seollal.[2] Proses pembuatan kue ini dimulai dari bahan utama yakni beras ketan, ditumbuk sampai halus dan dicampurkan dengan air menjadi adonan.[1] Kemudian bahan ini dipotong kecil-kecil seukuran jari tangan, dikeringkan dan digoreng dengan minyak di penggorengan sampai teksturnya renyah.[1] Setelah masak, kue-kue tersebut dilapisi dengan sirup ragi dan tepung yang terbuat dari campuran biji wijen, kedelai, kacang cemara, pollen dan tepung beras.[1]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f An Illustrated Guide to Korean Culture - 233 traditional key words. Seoul: Hakgojae Publishing Co. 2002. hlm. 112–113. ISBN 89-8546-98-1 Periksa nilai: length |isbn= (bantuan). 
  2. ^ (Inggris) Korean Food Culture Series - Part 3, Special Food for Seasonal Occasions, visitkorea. Diakses pada 9 Juni 2010.