Gambar digital

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Gambar digital adalah sebuah representasi numerik (biasanya biner) dari sebuah gambar dua-dimensi. Sebuah gambar digital bisa termasuk jenis Vector atau Bitmap tergantung pada apakah resolusi gambar digital tersebut tetap atau tidak.

Bitmap[sunting | sunting sumber]

Gambar Bitmap memiliki jumlah piksel yang terbatas. Jumlah piksel di baris dan kolom sebuah gambar bitmap tidak bisa berubah. Piksel adalah elemen individu terkecil di sebuah gambar dan menyimpan nilai keterangan warna di titik tersebut. Ketika memperbesar gambar bitmap, gambar akan terlihat pecah.

Biasanya, piksel disimpan di komputer sebagai gambar bitmap atau raster map, dalam bentuk susunan dua dimensi integer kecil. Dan biasanya di transmisi atau di simpan dalam bentuk yang sudah dikompresi.

Vektor[sunting | sunting sumber]

Gambar vektor berasal dari geometry matematika (Vektor). Secara matematis, sebuah vektor terdiri dari sebuah titik yang memiliki arah dan panjang.

Biasanya, elemen bitmap dan vektor digabungkan dalam suatu gambar. Sebagai contoh, sebuag billboard yang memiliki text (vektor) dan foto (bitmap).

Tampilan gambar digital[sunting | sunting sumber]

Gambar digital bisa ditampilkan dengan perangkat lunak untuk menampilkan gambar seperti "Windows Photo Viewer". Penjelajah web dapat menampilkan format gambar standar seperti GIF, JPEG dan PNG. Beberapa penjelajah web bisa menampilkan format SVG.