Gambar vektor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Gambar vektor atau grafik vektor merupakan gambar digital yang berbasiskan persamaan matematis. Gambar Vektor terdiri dari penggabungan koordinat-koordinat titik menjadi garis atau kurva untuk kemudian menjadi sebuah objek, sehingga gambar tidak menjadi pecah walaupun diperbesar atau diperkecil. Gambar vektor umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan gambar bitmap. Beberapa format gambar vektor di antaranya: SVG, EPS, dan CDR .,

Pada dasarnya,grafik dalam konteks komputer terbagi menjadi dua yaitu - grafik vektor dan grafik raster.

dimana format file grafik vektor hanya dapat menyimpan data grafik vektor dan pula sebaliknya.dann mereka tidak kompatibel satu sama lain Sebagai contohnya, gambar bitmap yang diimport ke Adobe Illustrator tidak dapat disunting. gambar tersebut harusnya disunting dalam aplikasi seperti Adobe Photoshop.

Grafik vektor dapat diubah lokasinya, ukurannya, ataupun warnanya tanpa mengurangi kualitas grafik.

Grafik vektor tidak bergantung terhadap resolusi grafik tersebut. ukuranya dapat diubah dan juga dicetak di mana saja,tanpa mempertimbangkan resolusi printernya dan juga tdak mengurangi kualitas grafik tersebut. Kesimpulannya, grafik vektor sesuai untuk teks (terutama teks yang kecil) dan grafik yang tebal (bold) dimana bila diubah ukurannya kualitasnya tak berubah sebagai contoh, logo.

Dikarenakn monitor komputer memaparkan gambar dengan pixel. maka,grafik vektor dan raster ditampikan sebagai piksel