Gagang-bayam punggung-putih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gagang-bayam punggung-putih
Himantopus melanurus

White-backed stilts (H. melanurus) Pantanal, Brazil
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliRecurvirostridae
GenusHimantopus
SpesiesHimantopus melanurus
Vieillot, 1817
Tata nama
Sinonim taksonHimantopus himantopus melanurus
Himantopus mexicanus melanurus

Gagang-bayam punggung-putih ( Himantopus melanurus ) adalah burung perandai yang melimpah secara lokal di lahan basah dan garis pantai Amerika Selatan. Ia dijumpai dari barat laut Brazil ke barat daya Peru dan selatan tengah Argentina .

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Kadang-kadang dianggap sebagai subspesies dari gagang-bayam polos atau gagang-bayam sayap-hitam dengan menggunakan nama trinomial Himantopus himantopus melanurus .[1] AOS menganggapnya sebagai subspesies dari gagang-bayam leher-hitam, yang dianggap parapatrik dan berintegrasi sampai batas tertentu dengan kerabat utaranya di tempat wilayah jelajahnya bertemu, dan akan memerlukan penyertaan dengan gagang-bayam leher-hitam ketika dipisahkan secara khusus.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Panggung punggung putih ditemukan di muara, danau, kolam garam, dan habitat lahan basah yang muncul; umumnya merupakan burung dataran rendah tetapi sering terlihat di habitat llanos .

Makanan dan pemberian makan[sunting | sunting sumber]

Burung gagang-bayam punggung-putih mencari makan dengan mencari dan memungut terutama di dataran lumpur dan tepi danau, tetapi juga di perairan yang sangat dangkal dekat pantai; ia mencari berbagai invertebrata air – terutama krustasea dan artropoda lainnya, serta moluska – dan ikan kecil, berudu, dan sangat jarang benih tanaman. Makanan andalannya bervariasi sesuai ketersediaan; burung pedalaman biasanya memakan serangga air dan larvanya, sedangkan populasi pesisir kebanyakan memakan invertebrata air lainnya. Untuk mencari makan di daerah mereka lebih menyukai muara pantai, kolam garam, tepi danau, dataran alkali dan bahkan ladang yang tergenang air. Untuk kebutuhan bertengger dan istirahat, burung ini memilih dataran alkali (bahkan yang tergenang air), tepi danau, dan pulau-pulau yang dikelilingi perairan dangkal.

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Gagang-bayam ini memilih dataran lumpur, tepian danau yang kering, dan tanggul sebagai lokasi bersarang, asalkan tanahnya gembur . Sarang biasanya terletak di dalam 1 km (0,62 mi) dari lokasi mencari makan, dan pasangan tersebut mempertahankan perimeter yang luas di sekitar kelompok sarang, berpatroli bekerja sama dengan tetangga mereka.[2] Jarak antar sarang kurang lebih 65 ft (20 m), tetapi terkadang sarang berada dalam jarak 7 ft (2,1 m) satu sama lain dan beberapa sarang di penangkaran berjumlah 130 ft (40 m) dari tetangga terdekat. Sarangnya sering kali terletak agak dekat dengan tepi air, sehingga keutuhannya dipengaruhi oleh naiknya permukaan air kolam atau pasang surut. Hal ini khususnya merupakan bahaya dalam kasus kolam garam yang dikelola dimana ketinggian air dapat berubah dengan cepat dalam proses penggenangan kolam garam.[3]

Ukuran sarang umumnya 3–5 butir telur dengan rata-rata empat butir. Selama 22–26 hari kedua jenis kelamin bergantian mengerami telurnya. Anak-anaknya sangat dewasa sehingga mereka terlihat berenang dalam waktu dua jam setelah menetas [4] dan juga mampu melakukan kecepatan darat yang cepat pada waktu awal tersebut. Meskipun perkembangan awal ini, anak-anaknya biasanya kembali ke sarang untuk beristirahat selama satu atau dua hari lagi. Mereka menjadi dewasa setelah sekitar satu bulan tetapi tetap bergantung pada orang tua mereka selama beberapa minggu. Burung mulai berkembang biak pada umur 1-2 tahun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ E.g. Pierce (1996)
  2. ^ Hamilton (1975)
  3. ^ Rigney & Rigney (1981)
  4. ^ Harrison (1978)