Gagang-bayam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gagang-bayam
Himantopus

Adult black-winged stilt in Tanzania
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliRecurvirostridae
GenusHimantopus
Brisson, 1760
Genera

Gagang-bayam adalah nama umum untuk beberapa jenis burung dalam famili Recurvirostridae, yang juga termasuk burung yang dikenal sebagai trinil-paya. Mereka ditemukan di lahan basah payau atau asin di iklim hangat atau panas.

Mereka mempunyai kaki yang sangat panjang, sesuai dengan nama kelompoknya, dan paruh yang panjang dan tipis. Gagang-bayam biasanya memakan serangga air dan makhluk kecil lainnya dan bersarang di permukaan tanah dalam koloni yang longgar.

Sebagian besar sumber mengenali 6 spesies dalam 2 genera, meskipun gagang-bayam punggung-putih dan gagang-bayam Hawaii kadang-kadang dianggap sebagai subspesies dari gagang-bayam leher-hitam.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Genus Himantopus mengandungi lima spesies: [1]

Genus Cladorhynchus bersifat monotipe dan berisi satu spesies: [1]

Sebuah fosil burung gagang-bayam telah dideskripsikan oleh Bickart, 1990, sebagai Himantopus olsoni, berdasarkan sisa-sisa yang ditemukan dalam Formasi Berpasir Besar Miosen Akhir di Mohave County, Arizona, Amerika Serikat.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Gill, Frank; Donsker, David, ed. (2019). "Buttonquail, plovers, seedsnipe, sandpipers". World Bird List Version 9.1. International Ornithologists' Union. Diakses tanggal 3 April 2019.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "ioc" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  2. ^ Bickart, K. J. (1990). "Part I: The Birds of the Late Miocene-Early Pliocene Big Sandy Formation, Mohave County, Arizona". Ornithological Monographs (44): 1–72. doi:10.2307/40166673. JSTOR 40166673.