Gabu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gabu
Caranx tille
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN20430800
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
FamiliCarangidae
GenusCaranx
SpesiesCaranx tille
Cuvier, 1833
Tata nama
Sinonim taksonCaranx cynodon Bleeker, 1851[1]
Distribusi

Approximate range of the tille trevally

Gabu atau kuwe raja (Caranx Tille) adalah spesies ikan laut besar yang termasuk dalam keluarga jack, Carangidae. Ikan gabu tersebar di perairan tropis dan subtropis kawasan Indo-Pasifik, mulai dari Afrika Selatan di barat hingga Fiji, Jepang, dan Australia di timur. Spesies ini paling baik dibedakan berdasarkan profil anteriornya yang bulat dan sangat cembung, dengan ciri anatomi terperinci lainnya juga berguna. Ikan gabu mencapai panjang maksimum 80 cm dan berat 7,2 kg . Spesies ini sebagian besar merupakan spesies perairan pantai, menghuni lingkungan terumbu pantai dan laguna, meskipun telah tercatat berada di gunung laut dalam lepas pantai. Ini adalah ikan predator, memakan berbagai spesies ikan dan krustasea sebagai mangsa, dengan sedikit diketahui siklus reproduksinya. Hal ini tidak terlalu penting bagi perikanan di seluruh wilayah jelajahnya, yang dilakukan dengan menggunakan kail, jaring insang, dan pukat cincin . Ikan gabu dianggap sebagai ikan buruan yang bagus, dan ikan meja yang sangat baik. Spesies ini memperoleh nama ilmiah dan umum dari nama lokal yang digunakan oleh nelayan Pondicherry, koton Tille, yang kemudian digunakan Georges Cuvier ketika menamai spesies tersebut pada tahun 1833.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ikan gabu adalah spesies besar, tumbuh hingga panjang maksimum yang diketahui yaitu 80 cm dan berat tercatat 7,3 kg. Penampilannya secara umum mirip dengan kebanyakan jack dalam genus, memiliki tubuh lonjong yang padat, dengan profil punggung lebih cembung daripada profil ventral, terutama di bagian anterior . Lengkungan ini membuat ikan ini memiliki kepala yang 'tumpul' dan moncong yang curam, yang merupakan ciri pengenal paling jelas dari spesies tersebut. [3] Sirip punggung terdiri dari dua bagian berbeda; yang pertama terdiri dari delapan tulang belakang dan yang kedua terdiri dari satu tulang belakang dan 20 hingga 22 tulang lunak . Sirip dubur terdiri dari dua duri yang terlepas di bagian anterior diikuti oleh satu duri dan 16 hingga 18 jari lunak, [4] sedangkan sirip perut memiliki satu duri diikuti oleh 18 jari lunak. Gurat sisi agak melengkung ke depan, dengan 53 hingga 54 sisik di bagian ini, sedangkan bagian lurus tidak berisi satu hingga dua sisik dan 33 hingga 42 sisik kuat. Payudaranya benar-benar bersisik. [5] Spesies ini mempunyai kelopak mata adiposa yang berkembang dengan baik, sementara gigi-geliginya terdiri dari barisan luar gigi taring yang berjarak lebar dan kumpulan gigi villiform dalam di rahang atas, dengan deretan gigi berbentuk kerucut dengan jarak yang lebar di rahang bawah. Ikan gabu memiliki 22 hingga 25 penyapu insang dan 24 ruas tulang belakang . [3]

Biologi dan perikanan[sunting | sunting sumber]

Biologi ikan gabu kurang dipahami, dan hanya aspek dasar pola makannya yang diketahui. Ini adalah spesies predator yang memakan ikan lain dan berbagai krustasea sebagai mangsa. Pergerakan berburu yang diketahui telah dijelaskan di atas, yaitu berpindah ke laguna dangkal untuk berburu ikan umpan kecil yang berlindung dan bertelur di hutan bakau saat air pasang. [6] Parameter reproduksi dan pertumbuhan sama sekali tidak diketahui.

Ikan gabu tdak terlalu penting dalam sebagian besar perikanan di seluruh wilayah jelajahnya, meskipun secara lokal penting di beberapa daerah. Salah satu perikanan tersebut berada di Wewak, Papua Nugini, di mana ia dan tiga lutjanid menghasilkan 50% tangkapan, dengan C. Tille merupakan karangid yang dominan dalam perikanan tersebut.[7] Pengambilannya dilakukan dengan menggunakan kail, jaring insang, pukat cincin, dan berbagai peralatan artisanal. [3] Menurut Cuvier, spesies ini merupakan ikan meja yang sangat baik, [8] dan juga dianggap sebagai ikan buruan yang baik dalam ukuran yang lebih besar. [3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama fishbase
  2. ^ Smith-Vaniz, W.F.; Williams I. (2016). "Caranx tille". 2016: e.T20430800A115378876. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T20430800A65927858.en. 
  3. ^ a b c d Smith-Vaniz, W. (1999). "Carangidae" (PDF). Dalam Carpenter, K.E.; Niem, V.H. The living marine resources of the Western Central Pacific Vol 4. Bony fishes part 2 (Mugilidae to Carangidae). FAO species identification guide for fishery purposes. Rome: FAO. hlm. 2659–2757. ISBN 92-5-104301-9.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "FAO_CP" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  4. ^ Randall, John Ernest; Roger C. Steene; Gerald R. Allen (1997). Fishes of the Great Barrier Reef and Coral Sea. University of Hawaii Press. hlm. 161. ISBN 0-8248-1895-4. 
  5. ^ Lin, Pai-Lei; Shao, Kwang-Tsao (1999). "A Review of the Carangid Fishes (Family Carangidae) From Taiwan with Descriptions of Four New Records". Zoological Studies. 38 (1): 33–68. 
  6. ^ Hamilton, R.; R. Walter (1999). "Indigenous ecological knowledge and its role in fisheries research design: A case study from Roviana Lagoon, Western Province, Solomon Islands" (PDF). SPC Traditional Marine Resource Management and Knowledge Information Bulletin. 11: 13–25. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2011-06-11. Diakses tanggal 2009-05-21. 
  7. ^ Chapau, M.R. (1988). "A review of deepwater handline fishing in Papua New Guinea" (PDF). SPC Inshore Fisheries Research. BP-82: 1–7. Diakses tanggal 2009-05-21. 
  8. ^ Cuvier, G.; A. Valenciennes (1849). Histoire naturelle des poissons. F.G. Levrault. hlm. IX, 93.