Ikan pancing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Beberapa jenis ikan pancing yang populer dari seluruh dunia

Ikan pancing adalah ikan yang ditangkap oleh para pemancing rekreasi untuk memenuhi kesenangan pribadi. Ikan tersebut bisa hidup di air tawar atau di laut. Setelah ditangkap, Ikan pancing kadang dijadikan bahan masakan setelah ditangkap oleh pemancing, tetapi kadang juga dilepas kembali ke air (praktik tangkap lepas; catch and release) untuk meningkatkan populasi dari ikan tersebut. Beberapa ikan pancing juga diburu pemancing untuk kepentingan komersial, khususnya salmon.

Contoh-contoh ikan pancing[sunting | sunting sumber]

Jenis ikan yang dicari oleh para pemancing berbeda-beda sesuai dengan geografinya. Beberapa ikan dicari karena nilainya yang tinggi sebagai makanan sementara beberapa ikan lainnya dicari karena kemampuan bertarungnya atau karena sulit ditemukan dan dikejar oleh para pemancing.

  • Ikan lepas pantai (big game) yaitu ikan bertulang sejati yang hidup di laut seperti tuna, tarpon, dan setuhuk (termasuk layaran dan todak).
  • Di Amerika Utara, para pemancing juga menangkap ikan-ikan kelompok snook, kakap, salmon, trout, pike, lele, dan muskellunge. Ikan yang lebih kecil memiliki istilah panfish, karena ukurannya yang tidak lebih besar dari wajan goreng. Contohnya adalah kelompok ikan crappie, perch, kakap karang, bluegill dan ikan dari keluarga Centrarchidae. Panfish biasanya dicari oleh para pemancing muda.
  • Di Britania Raya, istilah ikan pancing merujuk pada ikan dari keluarga Salmonidae (kecuali marga Thymallus) seperti salmon, trout, dan salvelinus. Ikan air tawar lainnya disebut sebagai ikan kasar (coarse fish).

Beberapa ikan pancing populer telah dikirim dari wilayah aslinya ke seluruh dunia. Contohnya ikan Trout pelangi, yang berasal dari pesisir Pasifik Amerika Utara kini disebar dan berkembang di bagian selatan Afrika.[1]

Program penandaan ikan pancing[sunting | sunting sumber]

Di negara seperti Amerika Serikat, terdapat program penandaan ikan pancing sebagai bagian dari praktik tangkap lepas yang digalakkan pemerintah untuk mendukung konservasi. Beberapa tujuan program tersebut adalah untuk meningkatkan pengelolaan sumberdaya perikanan dan untuk mencatat kondisi kelimpahan, tingkat pertumbuhan, usia, migrasi, dan identifikasi keturunan ikan.

Rekor-rekor[sunting | sunting sumber]

Panduan resmi untuk rekor-rekor dunia ikan air tawar dan laut adalah World Record Game Fishes oleh International Game Fish Association (IGFA). IGFA mencatat rekor-rekor dari hampir 400 jenis ikan pancing di seluruh dunia. Rekor-rekor tersebut digolongkan, antara rekor senior dan junior, untuk jenis joran dan senar pancing yang digunakan, rekor khusus untuk umpan lalat buatan, dan rekor di berbagai daerah.[2] IGFA juga menyelenggarakan berbagai turnamen kejuaraan laut sedunia.[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Skelton, Paul (2001). A complete guide to the freshwater fishes of southern Africa (edisi ke-New). Cape Town: Struik. hlm. 72. ISBN 9781868726431. Diakses tanggal 6 October 2015. 
  2. ^ Fishing Book Review: World Record Game Fishes About.com. Retrieved 19 April 2009.
  3. ^ World Championship TournamentsInternational Game Fish Association

Pranala luar[sunting | sunting sumber]