Funiculaire de Montmartre

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Funiculaire de Montmartre

Funiculaire de Montmartre adalah sistem transportasi miring yang melayani lingkungan Montmartre di Paris, Prancis, di arondisemen ke-18. Dioperasikan oleh RATP, otoritas transportasi Paris, sistem dibuka pada tahun 1900; itu sepenuhnya dibangun kembali pada tahun 1935 dan lagi pada tahun 1991.

Sistem ini hanya berupa nama yang digerakkan oleh kabel. Nama resminya, Montmartre Funicular, adalah sisa dari konfigurasi sebelumnya, di mana mobil-mobilnya beroperasi dalam pasangan yang seimbang dan saling berhubungan, selalu bergerak berlawanan arah secara bersamaan, sehingga memenuhi definisi funicular. Sistem ini sekarang menggunakan dua gerbong yang beroperasi secara independen yang masing-masing dapat naik atau turun sesuai permintaan, memenuhi syarat sebagai lift miring ganda, mempertahankan istilah yang digerakkan oleh kabel dalam judulnya sebagai referensi sejarah.[1]

Sistem ini membawa penumpang antara pangkalan Montmartre dan puncaknya, mengakses basilika Sacré-Cœur di dekatnya dan sejajar dengan tangga Rue Foyatier yang berdekatan. Mobil 108 m (354 kaki) mendaki 36 m (118 kaki) dalam waktu kurang dari satu setengah menit dan mengangkut dua juta penumpang setahun.[2]

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Où prendre le funiculaire de Montmartre : infos et prix". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-15. Diakses tanggal 2023-05-15. 
  2. ^ "Funiculaire de Montmartre : histoire, horaires et prix". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-15. Diakses tanggal 2023-05-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]