Taman Tuileries

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Taman Tuileries

Jardin des Tuileries atau Taman Tuileries adalah taman publik yang terletak di antara Louvre dan Place de la Concorde di arondisemen ke-1 Paris, Prancis. Dibuat oleh Catherine de' Medici sebagai taman Istana Tuileries pada tahun 1564, akhirnya dibuka untuk umum pada tahun 1667 dan menjadi taman umum setelah Revolusi Prancis. Sejak abad ke-19, ini telah menjadi tempat orang Paris merayakan, bertemu, berjalan-jalan, dan bersantai.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juli 1559, setelah kematian suaminya yang tidak disengaja, Henry II, Ratu Catherine de' Medici memutuskan untuk meninggalkan kediamannya di Hôtel des Tournelles, di bagian timur Paris, dekat Bastille. Bersama putranya, raja baru Prancis François II, anak-anaknya yang lain, dan istana kerajaan, ia pindah ke Istana Louvre. Lima tahun kemudian, pada tahun 1564, dia memutuskan untuk membangun tempat tinggal baru dengan lebih banyak ruang untuk taman. Untuk tujuan itu, Catherine membeli tanah di sebelah barat Paris, tepat di luar tembok kota Charles V. Di selatan berbatasan dengan Sungai Seine, dan di utara dengan faubourg Saint-Honoré, sebuah jalan di pedesaan yang melanjutkan Rue Saint -Kehormatan. Sejak abad ke-13 kawasan ini telah ditempati oleh pabrik pembuatan ubin yang disebut tuileries (dari bahasa Perancis tuile, yang berarti "ubin"). Kediaman baru itu disebut Istana Tuileries.

Catherine menugaskan arsitek lanskap dari Florence, Bernard de Carnesse, untuk membuat taman Renaisans Italia untuk istana. Taman baru adalah ruang tertutup dengan panjang lima ratus meter dan lebar tiga ratus meter, dipisahkan dari istana baru oleh sebuah jalan. Itu dibagi menjadi kompartemen persegi panjang dengan enam gang, dan bagian-bagiannya ditanami halaman rumput, hamparan bunga, dan kelompok kecil yang terdiri dari lima pohon, yang disebut quinconces; dan, lebih praktisnya, dengan kebun dapur dan kebun anggur. Selanjutnya dihiasi dengan air mancur, labirin, gua, dan gambar faience tumbuhan dan hewan, yang dibuat oleh Bernard Palissy, yang ditugaskan Catherine untuk menemukan rahasia porselen Cina.

Perkembangan taman terhenti karena perang saudara. Pada tahun 1588 Henry III harus melarikan diri melalui taman untuk menghindari penangkapan dari Liga Katolik pada Hari Barikade Perang Agama Prancis dan tidak kembali. Kebun-kebun dijarah. Namun, Raja baru, Henry IV, kembali pada tahun 1595? dan, bersama kepala tukang kebun lanskapnya, Claude Mollet, memulihkan dan memperindah taman. Henry membangun chamille, atau punjung tertutup, di sepanjang taman, gang lain ditanami pohon murbei di mana ia berharap dapat membudidayakan ulat sutera dan memulai industri sutra di Prancis. Ia juga membangun sebuah danau hias berbentuk persegi panjang berukuran 65 meter kali 45 meter dengan air mancur yang dialiri air melalui pompa baru bernama La Samaritaine, yang dibangun pada tahun 1608 di Pont Neuf. Area antara istana dan bekas parit Charles V diubah menjadi "Taman Baru" (Jardin Neuf) dengan air mancur besar di tengahnya. Meskipun Henry IV tidak pernah tinggal di Istana Tuilieries, yang terus direnovasi, dia menggunakan taman tersebut untuk bersantai dan berolahraga.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]