Folketinget

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Parlemen Denmark

Folketinget
Coat of arms or logo
Jenis
Jenis
Pimpinan
Komposisi
Anggota179
Struktur Folketinget saat ini
Partai & kursi
Pemerintah (48)

Didukung oleh (46)

Oposisi (85)

Pemilihan
Perwakilan berimbang daftar terbuka dengan 2% ambang batas parlemen
Pemilihan terakhir
5 Juni 2019
Pemilihan berikutnya
Pada atau sebelum 4 Juni 2023
Tempat bersidang
Folketingssalen 2018a.jpg
Folketingssalen, Istana Christiansborg, Kopenhagen
Situs web
ft.dk
Catatan kaki
1. Partai-partai Kepulauan Faroe dan Greenland yang memiliki wakil di parlemen Denmark
2. Meskipun bagian dari sayap kiri, Alternatif tidak secara resmi mendukung pemerintah.[1]

Folketinget juga dikenal sebagai Parlemen Denmark[2] adalah lembaga legislatif nasional unikameral Denmark. Didirikan pada tahun 1849, hingga tahun 1953, Folketinget adalah majelis rendah dari parlemen bikameral, yang disebut Rigsdagen; majelis tingginya adalah Landstinget. Folketinget mengadakan rapat di Istana Christiansborg, di pulau Slotsholmen di pusat Kopenhagen.

Folketinget mengesahkan semua undang-undang, menyetujui kabinet, dan mengawasi pekerjaan pemerintah. Folketinget juga bertanggung jawab untuk merancang dan menetapkan anggaran negara. Seperti yang diatur dalam Konstitusi Denmark, Folketinget berbagi kekuasaan dengan monarki yang berkuasa. Namun dalam praktiknya, peran monarki terbatas pada penandatanganan undang-undang yang disahkan oleh legislatif.

Folketinget terdiri dari 179 perwakilan; termasuk dua dari Greenland dan dua lagi dari Kepulauan Faroe. Dengan mosi tidak percaya, Folketinget dapat memaksa satu Menteri atau seluruh pemerintahan untuk mengundurkan diri.[3]

Anggota Folketinget dipilih secara demokratis dengan sistem pemilu perwakilan berimbang: 135 anggota terpilih menggunakan metode D'Hondt dan dengan 40 kursi lainnya menggunakan metode sama rata. Sistem politik Denmark secara tradisional menghasilkan koalisi. Sebagian besar pemerintah pasca-perang adalah koalisi minoritas yang berkuasa dengan dukungan partai-partai non-pemerintah.[4] Pelantikan anggota parlemen biasanya dihadiri oleh Ratu Margrethe II.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Her er rød bloks breve til dronningen". 
  2. ^ "About the Danish Parliament". thedanishparliament.dk. The Danish Parliament. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 August 2015. Diakses tanggal 23 August 2015. 
  3. ^ "Seorang Menteri tidak akan tetap menjabat setelah Parlemen mengeluarkan mosi tidak percaya padanya." Konstitusi Denmark - Pasal 15.
  4. ^ "Radikale ved historisk skillevej". Berlingske Tidende. 17 Juni 2007. Diakses tanggal 17 Agustus 2007. 
  5. ^ "The Danish Parliament opens on 6 October". thedanishparliament.dk. Folketinget (The Danish Parliament). Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 April 2016. Diakses tanggal 13 April 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]