Majelis Nasional Venezuela

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Majelis Nasional Venezuela

Asamblea Nacional de Venezuela
Majelis ke-5
Jenis
Jenis
Sejarah
Didahului olehKongres Venezuela
Pimpinan
Ketua
Jorge Rodríguez, PSUV
sejak 5 Januari 2021
Pemimpin minoritas
José Gregorio Correa, AD
Komposisi
Anggota277
Partai & kursi
Pemerintah (253)
  •   Great Patriotic Pole (253)

Oposisi (21)

Lainnya (3)

  •   Penduduk asli (3)
Pemilihan
Pemungutan suara paralel
Pemilihan terakhir
6 December 2020
Pemilihan berikutnya
2025
Tempat bersidang
Istana Legislatif Federal, Caracas
Situs web
asambleanacionalvenezuela.org Sunting ini di Wikidata
L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Majelis Nasional (Spanyol: Asamblea Nacional) adalah badan legislatif Venezuela yang pertama kali dipilih pada tahun 2000. Ini adalah badan unikameral yang terdiri dari sejumlah anggota yang bervariasi, yang dipilih melalui pemungutan suara yang "universal, langsung, pribadi, dan rahasia", sebagian melalui pemilihan langsung di daerah pemilihan berdasarkan negara bagian, dan sebagian lagi melalui sistem perwakilan proporsional daftar partai berbasis negara bagian. Jumlah kursinya konstan, masing-masing negara bagian dan distrik Ibu Kota memilih tiga wakil ditambah hasil pembagian populasi negara bagian sebesar 1,1% dari total populasi negara tersebut.[1]

Tiga kursi diperuntukkan bagi perwakilan masyarakat adat Venezuela dan dipilih secara terpisah oleh seluruh warga negara, bukan hanya mereka yang berlatar belakang adat. Untuk tahun 2010 hingga 2015 jumlah kursinya adalah 165.[2] Semua deputi menjalani masa jabatan lima tahun. Majelis Nasional bertemu di Istana Legislatif Federal di ibu kota Venezuela, Caracas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ley Orgánica de Procesos Electorales" (dalam bahasa Spanyol). Consejo Nacional Electoral. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 September 2010. Diakses tanggal 4 April 2011. 
  2. ^ "Dos mil 719 candidatos se disputarán los curules de la Asamblea Nacional" (dalam bahasa Spanyol). Venezolana de Televisión. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 May 2011. Diakses tanggal 4 April 2011.