Knesset

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
HaKnesset
‎הכנסת
الكنيست
Coat of arms or logo
Jenis
Jenis
Pimpinan
Ketua
Yuli-Yoel Edelstein, Likud
sejak 18 Maret 2013
Pemimpin oposisi
Isaac Herzog, Partai Buruh (Israel)
sejak 25 November 2013
Anggota120
Tempat bersidang
Knesset Building (South Side).JPG
Knesset, Jerusalem, Israel
Situs web
www.knesset.gov.il

Knesset (הכנסת, dalam bahasa Ibrani berarti "perhimpunan" dalam bahasa Indonesia juga dikenal kata "kenisah") adalah sebutan untuk Parlemen Israel. Knesset terletak di Yerusalem, yang dinyatakan sebagai ibu kota Palestina.

Sebagai cabang legislatif dari pemerintah Israel, Knesset memberlakukan undang-undang, mengawasi pekerjaan pemerintah, dan mempunyai kuasa untuk memungut suara untuk menyingkirkan Presiden dan Pengawas Pemerintah (State Comptroller) dari jabatannya, membubarkan diri dengan meminta agar pemilihan umum diselenggarakan lebih awal, atau mengganti pemerintah dan perdana menterinya melalui mosi tidak percaya. Knesset pertama kali berhimpun pada 14 Februari 1949.

Undang-undang yang disetujui oleh Knesset tidak boleh bertentangan dengan undang-undang yang mendasar, yang secara de facto merupakan Undang-Undang Dasar Israel. Namun di pihak lain Knesset juga berkuasa untuk menyetujui tambahan-tambahan pada undang-undang yang mendasar.


Komposisi Knesset ke-16 (terpilih 2003)[sunting | sunting sumber]

Pada November 2005, Amir Peretz terpilih sebagai pemimpin Partai Buruh dan Perdana Menteri Ariel Sharon membentuk Partai Kadima yang sentris, yang dengan segera mendapatkan dukungan dari anggota Knesset moderat dari berbagai partai. Semua ini menghasilkan perubahan drastis dalam komposisi Knesset, yang, pada Desember 2005, terdiri atas:

Komposisi Knesset ke-20 (terpilih 2015)[sunting | sunting sumber]

Komposisi Knesset ke-20 ditentukan oleh pemilu 2015. Saat ini ada 10 partai diKnesset. Meskipun belum terjadi dalam sesi kali ini, pada setiap Knesset hingga sekarang partai-partai mengalami perpecahan selama masa kerja Knesset, yang menyebabkan terbentukya partai-partai baru atau anggota Knesset yang tidak berpartai (independen).

Partai Kursi
Likud 30
Zionist Union 24
Joint List 13
Yesh Atid 11
Kulanu 10
The Jewish Home 8
Shas 7
Isreal Beyteynu 6
United Torah Judaism 6
Meretz 5