Foco

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Guevara di Kongo. Rencananya adalah menggunakan zona komunis di pesisir barat Danau Tanganyika sebagai tempat pelatihan bagi orang-orang Kongo dan para pejuang dari gerakan komunis revolusioner lainnya.

Teori revolusi foco dengan cara perang gerilya, yang juga dikenal sebagai focalisme (wikt:foquismo#Spanyolfoquismo [foˈkizmo]), dirumuskan oleh pejabat pemerintah dan intelektual Prancis Régis Debray, yang sumber inspirasi utamanya adalah pengalaman-pengalaman revolusioner Marxis Ernesto "Che" Guevara terkait kemenangan tentara pemberontaknya pada Revolusi Kuba tahun 1959.

Prinsip utamanya adalah bahwa vanguardisme melalui kader-kader kecil kelompok paramiliter yang cepat bergerak dapat memberikan sebuah fokus (dalam bahasa Spanyol, wikt:foco#Spanyolfoco) untuk penentangan populer melawan rezim yang berkuasa, dan bahkan memimpin sebuah pemberontakan utama. Meskipun kesepakatan aslinya adalah untuk memobilisasikan dan meluncurkan serangan dari kawasan pedesaan, beberapa gagasan foco diadaptasi ke dalam gerakan perang gerilya perkotaan pada akhir 1960an.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Seperti pakar-pakar teori lainnya pada masanya (seperti Mao Zedong, Ho Chi Minh dan Amílcar Cabral), Che Guevara meyakini bahwa orang-orang yang tinggal di negara-negara yang masih dikuasai oleh kekuatan kolonial, atau tinggal di negara-negara yang menjadi subyek dari bentuk-bentuk terbaru dari eksploitasi ekonomi, yang dapat mengalahkan kekuatan kolonial dengan mengangkat senjata. Seperti halnya para pakar teori lainnya, Guevara juga meyakini pemajuan pemberontakan bersenjata yang tidak terkonsentrasi pada pasukan di pusat perkotaan, namun lebih terakumulasi di pegunungan atau kawasan pedesaan dimana musuh kurang berada.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Legacy of Che Guevara: Internationalism Today by Dr. Peter Custers, Sri Lanka Guardian, February 24, 2010

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]