Ficus rumphii

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ficus rumphii
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladfabids
OrdoRosales
FamiliMoraceae
GenusFicus
SpesiesFicus rumphii
Blume, 1825

Ficus rumphii Bl. atau dikenal dengan nama Waringin Jawa atau Ancak adalah tanaman dari genus Ficus dari keluarga Ara, Moraceae.

Pemerian[sunting | sunting sumber]

Ficus rumphii adalah Tumbuhan peluruh yang dapat tumbuh hingga 20 meter. Tanaman ini juga bisa tumbuh sebagai epifit jika bijinya jatuh dipohon lain.[1] Kayu tumbuhan ini memiliki warna Putih keabu-abuan. Daunnya berbentuk bulat dengan ujung lancip dengan warna merah ketika masih muda dan Hijau tua saat daun sudah tua. Tulang daun terlihat jelas. Seperti spesies Ficus lainnya, tumbuhan ini juga mengeluarkan getah berwarna Putih. Bunganya diserbuki oleh Tawon. Ficus rumphii termasuk tumbuhan berumah dua dimana satu tumbuhan hanya terdapat bunga betina atau bunga jantan saja. Bunga tumbuhan ini sering diserbuki oleh Tawon dan setelah terjadi penyerbukan, maka bunga akan berkembang menjadi buah. Buah Ficus rumphii berwarna hitam, berbentuk bundar, mengandung banyak biji dan Rasanya manis. Buah ini sangat disukai oleh Burung dan Kelelawar yang juga membantu penyebaran tumbuhan ini.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Pohon ini bisa dijadikan pohon perindang. Buahnya yang berwarna hitam konon bisa dimakan. Tumbuhan ini juga populer dijadikan Bonsai.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

Tanaman ini dapat ditemukan di India, Cina Selatan, Indochina, dan Malesia. di Myanmar, tanaman ini dikenal dengan nama nyaung-phyu, di China dikenal dengan nama Xin ye rong. Di Indonesia,tanaman ini dikenal dengan nama Ancak (Bl), Waringin Jawa (Jw) dan lain-lain. Sementara dalam bahasa Inggris tanaman ini dikenal dengan nama Rumphf's Fig. Tanaman ini biasanya ditemukan tumbuh liar di celah tembok dan pinggir sungai. Daun dari tanaman ini hampir mirip dengan pohon Bodhi.

Penamaan[sunting | sunting sumber]

Nama Ficus rumphii diambil dari nama seorang ahli botani asal Jerman, Georg Eberhard Rumphius.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://tropical.theferns.info/viewtropical.php?id=Ficus+rumphii.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan); Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan);