Fengsui

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Feng shui)


Kompas Luopan Feng Shui.
Fengsui

Feng shui (Chinese characters).svg

"Feng shui" dalam aksara Tionghoa Tradisional (atas) dan Sederhana (bawah)
Nama Tionghoa
Hanzi tradisional: 風水
Hanzi sederhana: 风水
Makna harfiah: "Air-angin"
Nama Filipina
Tagalog: Pungsóy, Punsóy
Nama Jepang
Kanji: 風水
Hiragana: ふうすい
Nama Korea
Hangul: 풍수
Hanja: 風水
Nama Vietnam
Vietnam: phong thủy
Nama Khmer
Khmer: ហុងស៊ុយ (hongsaouy)
Nama Thai
Thai: ฮวงจุ้ย (Huang Jui)

Fengsui, fengshui, atau hongsui (Hanzi tradisional: 風水; Hanzi sederhana: 风水; Pinyin: fēngshuǐ, dilafalkan [fə́ŋ.ʂwèɪ] ( simak)) berasal dari bahasa Mandarin 風 (fēng) yang berarti angin dan 水 (shuǐ) yang berarti air adalah sistem Cina kuno yang memuat pengaturan spasial, struktur atau tempat, dan orientasi yang berhubungan dengan aliran energi (qi) agar selaras dengan kekuatan rohani yang menghuni tempat itu sehingga dapat hidup dalam harmoni.[1][2]

Ada dua jenis qi yaitu qi baik atau sheng qi (qi yang hidup) yang bermanfaat, baik, dan positif serta qi yang berbahaya dan negatif atau sha qi (qi yang membunuh).[3]

Terdapat berbagai aliran fengsui, di antaranya yaitu bintang terbang, waktu, logo [4], dan topografi.[5]

Seiring berjalannya waktu, ilmu Fengsui berkembang, kebutuhan Fengsui tidak hanya digunakan untuk menghitung lokasi saja namun juga untuk logo perusahaan. Fengshui Untuk Logo hadir memenuhi kebutuhan pebisnis. Fengsui Logo menjadi salah satu pilihan dalam kebutuhan mendesain bernapaskan logo perusahaan yang baik disertai dengan nama hoki usaha. Pendiri Fengshui Logo dan Lokasi di Indonesia yaitu Jessica Diana Kartika.

Definisi[sunting | sunting sumber]

Berasal dari bahasa Mandarin 風水 (fēngshuǐ, “feng shui”), 風 (fēng) yang berarti angin dan 水 (shuǐ) yang berarti air.[1] Fengsui diartikan sebagai praktik geomansi atau sistem Cina kuno yang memuat pengaturan spasial, struktur atau tempat, dan orientasi yang berhubungan dengan aliran energi (qi) agar selaras dengan kekuatan rohani yang menghuni tempat itu sehingga dapat hidup dalam harmoni.[1][2]

Fengsui tradisional[sunting | sunting sumber]

Aliran fengsui tradisional dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok utama, yaitu fengsui bentuk (form feng shui) dan fengsui arah (compass feng shui).[6]

Fengsui bentuk berbicara tentang tata letak bangunan secara umum. Beberapa prinsip fengsui bentuk yang sangat populer adalah pintu rumah tidak boleh kena tusuk sate (meski ada pengecualian), ruang makan di lantai 1 tidak boleh berada di bawah kamar mandi/WC yang ada di lantai 2, tempat tidur di lantai atas tidak boleh berada di atas kompor di lantai bawahnya.[7]

Fengsui arah berbicara tentang distribusi energi di suatu bangunan/ruangan berdasarkan arah hadap (location) dan kapan bangunan tersebut dibangun (timing). Penerapan fengsui arah pada sebuah bangunan ini digunakan untuk menetralisir/menutup kelemahan ba zi penghuninya.[7]

Lima Elemen Fengsui[sunting | sunting sumber]

Lima Elemen Feng Shui [8] terdiri dari:

  1. Elemen Kayu: Elemen kayu mewakili pertumbuhan dan kreativitas. Kayu mendorong pertumbuhan pribadi dan intuisi meningkat.
  2. Elemen Tanah: Elemen Tanah membantu untuk tumbuh dan menstabilkan. Dari semua unsur feng shui, Elemen Tanah adalah elemen yang paling damai, menenangkan, dan stabil. Percantik rumah Anda dengan elemen ini jika Anda mencari landasan, memperkuat, atau memelihara.
  3. Elemen Logam: Elemen Logam berhubungan dengan kekuatan mental dan ketajaman. Elemen Logam mempengaruhi kecerdasan.
  4. Elemen Api: Elemen Api merupakan transformasi dan ekspansi. Elemen Api adalah elemen yang paling stabil dari semua lima unsur feng shui.
  5. Elemen Air: Elemen Air sangat berguna sebagai perilis dan pembaharuan. Gunakan elemen ini untuk kejelasan, relaksasi, inspirasi dan untuk menghadirkan kerelaan.

Fungsi Feng Shui[sunting | sunting sumber]

Feng shui sering digunakan sebagai salah satu patokan dalam proses pembangunan Rumah dan Fengshui Logo. Tujuannya adalah untuk memastikan rumah tersebut dibangun dengan qi yang baik dan Logo yang baik bagi perusahaan. Adapun faktor-faktor yang paling mempengaruhi Fengshui Rumah yaitu lokasi dan waktu, sedangkan dalam Fengshui untuk Logo adalah bentuk logo, nama hoki, warna logo, elemen desain dan karakter logo.

Qi[sunting | sunting sumber]

Qi (气) (dibaca "chi" dalam bahasa Indonesia) adalah sebuah kekuatan alam yang bersifat positif dan negatif dan memerankan peran penting atas kualitas feng shui suatu tempat. Menurut feng shui, qi mengacu pada energi dan kekuatan yang hidup. Sedangkan menurut penjelasan feng shui tradisional, qi mencakup orientasi struktur, usia, dan lingkungan, termasuk kemiringan, vegetasi, dan kualitas tanah.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "What does feng shui mean?". www.definitions.net. Diakses tanggal 27 Desember 2021. 
  2. ^ a b "Definition of FENG SHUI". www.merriam-webster.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 27 Desember 2021. 
  3. ^ Rahardjo, Mauro; Rahardjo, Lelyana (2013). Feng Shui Terapan Tip-tip Feng Shui untuk Kesehatan, Kemakmuran, dan Kebahagiaan. Jakarta: Elex Media Komputindo. ISBN 9786020223643. 
  4. ^ Kartika, Jessica Diana, SSn. MT. dan Mas Dian, MRE (2009). "Feng Shui Untuk Logo". Feng Shui Untuk Logo dan Lokasi. Jakarta: Elex Media Komputindo. ISBN 9789792784190. 
  5. ^ Marie, Tina (2007). "Feng Shui Facts". What is Feng Shui?. 
  6. ^ "Feng Shui Institute - types and schools of Feng Shui". www.feng-shui-institute.org. Diakses tanggal 27 Desember 2021. 
  7. ^ a b Frazier, Karen; Hurley, Terry. "Understand the Different Types of Chinese Feng Shui". feng-shui.lovetoknow.com. Diakses tanggal 27 Desember 2021. 
  8. ^ Dwijaya, Dipo (2012). "Lima Elemen Feng Shui". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-12-12. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Diana Kartika, Jessica, SSn, MT, Mas Dian, MRE Fengshui Untuk Logo, Elex Media Komputindo, 2009. ISBN 978-979-2784-190 Fengshui Logo dan Lokasi
  • Indra, Drs, rubrik feng shui, www.tangselraya.com
  • Yoon, Hong-key, Culture of Fengshui in Korea: An Exploration of East Asian Geomancy, Lexington Books, 2006. ISBN 978-0-7391-1348-6 (cloth: alk. paper); 0739113488 (cloth: alk. paper)
  • Wu, Baolin, Lighting the Eye of the Dragon: Inner Secrets of Taoist Feng Shui, St. Martin's Press, 2000. ISBN 0-312-25497-0

feng

Referensi[sunting | sunting sumber]