Fabio Asher

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Fabio Asher
LahirFabio Asher
2 Oktober 1993 (umur 30)
Kotamobagu, Sulawesi Utara, Indonesia
KebangsaanIndonesia
Pekerjaan
KaryaDiskografi
Karier musik
Genre
InstrumenVokal
Tahun aktif2021–sekarang
LabelMJ

Fabio Fukrer Towoliu (lahir 2 Oktober 1993) dikenal secara profesional sebagai Fabio Asher adalah seorang penyanyi-penulis lagu berkebangsaan Indonesia. Ia mendapatkan pengakuan luas melalui singel perdananya yang dirilis pada tahun 2022 berjudul "Bertahan Terluka" yang populer di berbagai platform musik Indonesia termasuk menempati posisi puncak tangga lagu global Spotify Viral 50.[1] kemudian single yang berjudul "Tanpa Rasa Bersalah" berada di posisi 5 Besar Billboard Indonesia Songs[2]

Kehidupan awal dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Fabio terlahir dengan nama Fabio Fukrer Towoliu pada 2 Oktober 1993 di Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara. Fabio memiliki Marga Sangir. Ia diketahui adalah keponakan dari Lucky Tampilang yang juga berprofesi sebagai musisi. Menggemari dunia musik sejak kecil, ia sering mengikuti lomba menyanyi di sekolah dan gereja.

Fabio mengenyam pendidikan di:

  • SDN 1 Kotamobagu (2000–2006)
  • SMP Kristen Kotamobagu (2006–2009)
  • SMA Kristen Kotamobagu (2009–2012)

Pasca lulus dari SMA Fabio sempat mendaftar di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sulawesi Utara jenjang S-1 program studi Manajemen namun akhirnya ia memilih untuk nonaktif[3] dan memutuskan bekerja sebagai petugas layanan pelanggan di Telkomsel, Manado selama setahun hingga akhirnya pindah ke BRI, Manado. Setelah 4 tahun bekerja sebagai petugas layanan pelanggan di BRI, Fabio akhirnya memutuskan merantau dan bekerja ke Surabaya, Jawa Timur.

Karier[sunting | sunting sumber]

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Sebelum terjun di industri musik Fabio adalah seorang penyanyi pernikahan dan sering melakukan kegiatan cover lagu di sosial media.[4] Fabio Asher mengaku telah berkali-kali mengikuti audisi ajang pencarian bakat di Indonesia di antaranya pernah 5 kali audisi di Indonesian Idol, 3 kali audisi The Voice Indonesia, sekali audisi Rising Star Indonesia, namun tidak ada satupun yang lolos. Ia mengaku ia pernah trauma karena selalu gagal audisi, hingga akhirnya ia membuka usaha barbershop dan bisnis kuliner.[5]

Fabio diketahui pernah tergabung dengan grup musik bernama Klik bersama Dio, William dan Lee August. Grup tersebut dibentuk pada bulan Agustus 2019 dan sempat sekali melakukan aktivitas grup berupa proyek sing off lagu yang diunggah di kanal YouTube Klik Official sebelum akhirnya grup tersebut bubar.

2021: Starvoices Indonesia & X Factor Indonesia[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2021, Fabio mengikuti ajang pencarian bakat menyanyi yang diselenggarakan secara dalam jaringan yakni Starvoices Indonesia musim ketujuh. Dalam kompetisi tersebut Fabio tereliminasi dalam babak 9 besar. Dalam acara tambahan Starvoices Awards, Fabio dinominasikan dalam 3 kategori di antaranya "Best Male Vocal Performance", "Fan Favorite Award" dan "Best Fanbase".

Penampilan di Starvoices Indonesia
Babak Tema Lagu & penyanyi asli Hasil
Audisi "Andai Aku Bisa" - Chrisye Lolos
Battle Round "Pamit"- Tulus
25 Besar Showdown "Fire On Fire" - Sam Smith
14 Besar Tribute to Michael Jackson "You Are Not Alone" - Michael Jackson
11 Besar Tribute to Rihanna "California King Bed" - Rihanna 4 Terbawah
9 Besar All About Harmony "On Bended Knee" - Boyz II Men Eliminasi
(Top 8)

Pada akhir tahun 2021, Fabio kembali mengikuti ajang pencarian bakat menyanyi yakni X Factor Indonesia musim ketiga. Fabio mengikuti audisi panggung sebagai penyanyi solo dengan membawakan lagu "Easy on Me" yang dipopulerkan oleh Adele. Dalam babak Bootcamp 2 Fabio gagal melaju ke babak selanjutnya hingga akhirnya ia diselamatkan oleh juri dan dikelompokkan menjadi kategori grup bersama Firman Nur, Alfiroos Julowin, Rifqi Kurniawan, serta Fandy Pramudya membentuk grup baru bernama For-X. For-X berhasil lolos di babak The Chairs namun akhirnya tereliminasi di babak Judges Home Visit yang ditayangkan pada 11 Januari 2022.[6]

Penampilan di X Factor Indonesia
Babak Tanggal Lagu & penyanyi asli Kategori Hasil
Audisi 27 Desember 2021 "Easy on Me" - Adele Solo Lolos
Bootcamp 1 28 Desember 2021 "Best Part" - Daniel Caesar ft. H.E.R
Bootcamp 2 3 Januari 2022 "Melawan Restu" - Mahalini Diselamatkan
The Chairs 4 Januari 2022 "Havana" - Camila Cabello ft. Young Thug Grup
(For-X)
Lolos
Judge Home Visit 11 Januari 2022 "Fallin' (Adrenaline)" - Why Don't We Eliminasi

2022: Debut singel dan terobosan[sunting | sunting sumber]

Pada awal tahun 2022, Fabio merilis singel perdananya berjudul "Bertahan Terluka". Lagu tersebut diciptakan oleh Fabio bersama Trakast. Bermula dari pertemuan secara tidak sengaja dengan sahabatnya semasa sekolah di Kota Kotamobagu yakni Trakast atau Mohamad Eka yang sedang meniti karirnya di Yogyakarta. Disaat pertemuan itulah keduanya dengan tidak sengaja menciptakan lagu dengan judul "Bertahan Terluka".[7][8]

"Bertahan Terluka" dirilis pada 2 Februari 2022 di platform digital musik bersamaan dengan perilisan musik video. "Bertahan Terluka" berhasil populer dan menempati berbagai tangga lagu berbagai platform digital musik di Indonesia serta sosial media terutama TikTok. "Bertahan Terluka" mengumpulkan 50 juta stream di berbagai platform musik serta menempati posisi puncak tangga lagu global dan Indonesia Spotify Viral 50, posisi puncak di Apple Music Indonesia, posisi kedua Joox Top 100.[9] Selain itu "Bertahan Terluka" berhasil memuncaki top 10 lagu populer TikTok Indonesia periode bulan Maret dan April 2022 dengan 1,4 juta kali lagu digunakan untuk sound.[10][11]

2023: Debut album mini[sunting | sunting sumber]

Bertepatan dengan setahun rilisnya "Bertahan Terluka" yang menjadi awal kesuksesannya dalam blantika musik Indonesia, Fabio merilis album mini perdananya berjudul ASHER pada tanggal 2 Februari 2023. Nama ASHER dipilih sebagai nama mini album pertamanya karena nama yang diambil dari nama belakangnya tersebut memiliki arti kebahagiaan dan juga keberuntungan. Album mini tersebut terdiri dari tujuh lagu, terdiri dari empat lagu yang telah Fabio rilis sebelumnya dan tiga lagu baru, yaitu "Setia Menunggumu", "Tanpa Rasa Bersalah", dan "Pelangi (Pelan Pelan Menghilang)", dimana video musik kedua lagu yang pertama disebutkan juga diluncurkan di tanggal yang sama dengan perilisan album mini ini. Ketiga lagu baru di album mini ini ditulis oleh Fabio bersama sahabatnya Trakast, sedangkan proses penggarapan aransemen musiknya kembali dipercayakan kepada Yafi Aria. Keduanya ikut memiliki andil di singel-singel Fabio sebelumnya. Proses penggarapan seluruh aransemen musik di kedua lagu kembali dipercayakan kepada Yafi.[12][13]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album mini[sunting | sunting sumber]

Daftar album mini dengan detail terpilih
Judul Detail album
Asher
  • Rilis : 3 Februari 2023[12]
  • Label : MJ Entertainment
  • Format : Unduhan digital

Singel[sunting | sunting sumber]

Judul Tahun Posisi tertinggi Album
IDN
Songs

[14]
MYS Songs
[15]
"Bertahan Terluka" 2022 3 6 Asher
"Rumah Singgah" 3 3
"Hati Lain di Hatimu"
"Akhir yang Manis"
"Aku Memilihmu"
(bersama Brisia Jodie)
2023 Singel non-album
"Emosi Jiwa"
(bersama Prinsa Mandagie & Andi Rianto)
"Since I Found You"
(bersama Andi Rianto)
"Berharap Kau Kembali" 2024

Lagu lain yang masuk tangga lagu[sunting | sunting sumber]

Judul Tahun Posisi tertinggi Album
IDN Songs
"Tanpa Rasa Bersalah" 2023 5 Asher

Kredit penulisan lagu[sunting | sunting sumber]

Judul Tahun Penyanyi Album
"Kalah" 2023 Fadil Jaidi Singel non-album

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Nama dari ajang perhargaan, tahun penyelenggaraan, kategori penghargaan, nomine dan hasil nominasi
Penghargaan Tahun Kategori Nomine Hasil Ref.
Starvoices Awards 2021 Best Male Vocal Performance Fabio - "Pamit" Nominasi [16][17]
Fan Favorite Award Fabio Nominasi
Best Fanbase @fabiolexfc Nominasi
Anugerah Musik Indonesia 2022 Pendatang Baru Terbaik-Terbaik "Bertahan Terluka" Menang [18]
Artis Solo Pop Pria Terbaik "Rumah Singgah" Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mokoginta, Satria Zulkaisi. "Profil Dan Biodata Fabio Asher Penyanyi Lagu Bertahan Terluka, Lagu Menyayat Hati Yang Viral di Tiktok - Jurnal Makassar". jurnalmakassar.pikiran-rakyat.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-10. Diakses tanggal 2022-06-08. 
  2. ^ "Indonesia Songs (25 Songs)". billboard.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-12-05. Diakses tanggal 2023-12-05. 
  3. ^ "Fabio Fukrer Towoliu - Pangkalan Data Pendidikan Tinggi". pddikti.kemdikbud.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-10. Diakses tanggal 2022-06-08. 
  4. ^ Risda. "Fabio Asher, Penyanyi Pendatang Baru Ungkap Mengapa Dirinya Memilih Terjun Ke Dunia Tarik Suara - Priangan Timur News". priangantimurnews.pikiran-rakyat.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-10. Diakses tanggal 2022-06-08. 
  5. ^ Polin, Iviana (2022-06-04). "Perjuangan keras Fabio Asher mencapai mimpi di dunia musik tanah air - Hops Id". Perjuangan keras Fabio Asher mencapai mimpi di dunia musik tanah air - Hops Id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-10. Diakses tanggal 2022-06-08. 
  6. ^ IntipSeleb.com (2022-05-21). "8 Fakta Fabio Asher Pelantun Rumah Singgah Viral di TikTok dan YouTube". www.intipseleb.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-10. Diakses tanggal 2022-06-08. 
  7. ^ "Dari Riset Kegalauan Netizen, Fabio Asher Sukses Viralkan Refrain Bertahan Terluka - Hai". hai.grid.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-10. Diakses tanggal 2022-06-08. 
  8. ^ Ferlina, N. Nika (2022-03-03). "Perjalanan Karir Seorang Penyanyi Fabio Asher Hingga Siapa Sosok Dibalik Lagu Bertahan Terluka - Gora Juara". Perjalanan Karir Seorang Penyanyi Fabio Asher Hingga Siapa Sosok Dibalik Lagu Bertahan Terluka - Gora Juara. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-10. Diakses tanggal 2022-06-08. 
  9. ^ "Berkat SoundOn, Debut Perdana Fabio Asher 'Bertahan Terluka' Viral di TikTok". KapanLagi.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-17. Diakses tanggal 2022-06-08. 
  10. ^ Zigi.id. "Fakta dan Lirik Lagu Bertahan Terluka - Fabio Asher, Viral di TikTok | Zigi.id". LINE TODAY. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-06-12. Diakses tanggal 2022-06-08. 
  11. ^ Sugeha, Afdal Gunadi Zaputra. "Viral di Tiktok dan Masuk Top 50 Chart Sportify, Berikut Profil Penyanyi dan Pencipta Lagu Bertahan Terluka - Portal Sulut". portalsulut.pikiran-rakyat.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-07-26. Diakses tanggal 2022-06-08. 
  12. ^ a b Pratiwi, Melati (2023-02-03). "Fabio Asher Kenalkan 3 Lagu Baru, Hadir di Mini Album Perdana". www.celebrities.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-04. Diakses tanggal 2023-02-04. 
  13. ^ Nurlaela, Ela (2023-02-04). "Fabio Asher Rilis Mini Album Perdananya Berjudul 'ASHER'". Kumparan. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-21. Diakses tanggal 2023-02-05. 
  14. ^ Posisi tertinggi di Billboard Indonesia Songs:
  15. ^ "Malaysia Songs - Week of August 13, 2022" [Lagu-lagu Malaysia - Pekan Agustus 13, 2022]. Billboard. 7–13 Agustus 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-10. Diakses tanggal 17 Agustus 2022. 
  16. ^ "Nominasi Starvoices Awards 2021". Starvoices.id on Instagram. 2021-11-2. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-07-26. Diakses tanggal 8 Juni 2022. 
  17. ^ "Daftar pemenang Starvoices Awards Indonesia 2021". Starvoices.id on Instagram. 2021-11-6. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-07-26. Diakses tanggal 8 Juni 2022. 
  18. ^ Ardian, Dicky. "Daftar Lengkap Nominasi AMI Awards 2022". detikcom. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-07. Diakses tanggal 2022-09-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]