Emma Yohanna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Emma Yohanna
Anggota DPD RI dari Sumatera Barat
Petahana
Mulai menjabat
1 Oktober 2009
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Joko Widodo
Informasi pribadi
Lahir 22 Januari 1955 (umur 62)
Bendera Indonesia Pasaman, Pasaman Barat, Sumatera Barat
Kebangsaan  Indonesia
Alma mater IAIN Imam Bonjol
Agama Islam

Hj. Emma Yohanna (lahir di Pasaman, Pasaman Barat, Sumatera Barat, 22 Januari 1955; umur 62 tahun) adalah seorang pengusaha dan politisi asal Indonesia. Emma Yohanna menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia periode 2004-2009 dan 2009-2014.

Emma Yohana dikenal sebagai pengusaha dan juga aktif pada kegiatan organisasi masyarakat di Sumatera Barat sebelum akhirnya memutuskan menjadi wakil rakyat sebagai anggota DPD RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Barat untuk periode tahun 2009-2014. Dia sukses meraih perolehan suara sebanyak 203.587 suara, sehingga dia menjadi pengumpul suara terbanyak nomor 2 setelah Irman Gusman (293.070 suara) untuk Dapil Sumbar. Kemudian pada periode 2014-2019 Ia kembali terpilih menjadi anggota DPD RI dengan suara terbanyak kedua. Ia juga satu satunya tokoh wanita yang menjadi anggota DPD RI dari Sumatera Barat dan temasuk salah satu tokoh wanita terbaik yang dimiliki Sumatera Barat serta tokoh wanita berpengaruh di kancah nasional.

Sarjana Muda Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Padang tahun 1977 ini, disamping sebagai anggota DPD, juga berkarier sebagai pengusaha dan mempunyai yayasan pendidikan TK SD Citra Al-Madina/PAUD Rumah Sakit Ibu dan Anak dan juga menjabat di organisasi masyarakat seperti Ketua Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Sumatera Barat, Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Sumatera Barat, Wakil Ketua Forum Anak Usia Dini Sumbar, Presidium KAHMI Sumbar, Wakil Ketua HWK Sumbar dan lain-lain.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]