Emirat Idrisid Asir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Emirat Idrisid Asir

إمارة عسير الإدريسية  (Arab)
1908–1930
Bendera Asir
Asir pada peta sketsa dari tahun 1919
Asir pada peta sketsa dari tahun 1919
Peta Asir pada tahun 1932
Peta Asir pada tahun 1932
StatusBawahan Hejaz dan Nejd (1926-1930)
Ibu kotaSabya
Sejarah 
• Pemberontakan Idrisid melawan Kekaisaran Utsmaniyah
1910–1916
• Merdeka
1916
• Dianeksasi oleh Hejaz dan Nejd
20 November 1930
14 Juni 1934
Didahului oleh
Digantikan oleh
Provinsi Yaman
Syekh Asir Atas
Arab Saudi
krjKerajaan
Kerajaan Yaman| Mutawakkiliyah Yaman|Kerajaan Yaman
Sekarang bagian dariSaudi Arabia
Yaman
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Emirat Idrisid Asir (Arab: الإمارة الإدريسية) adalah sebuah negara yang terletak di Jazirah Arab. Emirat terletak di wilayah geografis Asir dan Jizan di tempat yang sekarang menjadi barat daya Arab Saudi, dan meluas ke Al-Hudaydah, barat laut Yaman.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Al-Hasan bin Ali al-Idrisi al-Hasani dari Asir.

Pada awal abad ke-20 wilayah Asir berada dalam kekacauan. Secara de jure, wilayah tersebut diperintah sebagai Sanjak Asir yang merupakan bagian dari Vilayet Yaman, meskipun Ottoman secara de facto hanya memiliki kendali atas kota-kota pelabuhan, sedangkan daerah pedalaman diperintah oleh berbagai kepala suku. Bahkan di wilayah kekuasaan Utsmaniyah, sentimen anti-Turki mulai muncul, memicu konflik etnis dan sektarian antara penguasa Turki dan penduduk setempat. Karena keadaan tersebut, Sayyid Muhammad ibn Ali al-Idrisi mulai menyebarkan ajaran kakeknya, serta menyerukan kepada penduduk setempat untuk lebih menjaga ketaatan pada agama Islam. Pada tanggal 24 Desember 1908, Muhammad menyatakan dirinya sebagai Imam, setelah itu banyak suku di wilayah Asir mengakui dia sebagai pemimpin spiritual mereka.[2]

Sepanjang musim gugur tahun 1909, Muhammad memulai upaya pertamanya untuk menumbangkan kekuasaan Utsmaniyah di wilayah tersebut. Setelah itu, pasukan Idrisid mengambil alih Az Zaydiyah dan Al Luḩayyah, bersama dengan beberapa suku Asir Atas yang bersekutu dengan Al-Idrisi, berujung pada keputusan dimana Utsmaniyah berdamai dengan Idrisids. Dalam perjanjian al-Hafa'ir (diratifikasi Januari 1910), Al-Idrisi memperoleh posisi Kaymakam dari Asir yang secara de facto menjadikannya penguasa semi-independen wilayah tersebut di bawah kekuasaan Utsmaniyah.[3]

Pada bulan Oktober 1910, perdebatan di pengadilan mengenai hukum Syariah menghidupkan kembali pemberontakan Al-Idrisi dengan kekuatan baru. Konflik baru ini menyebabkan keterlibatan militer di Abha, Al Luḩayyah, Midi dan lokasi lainnya. Perang Italia-Turki menyebabkan Italia membantu Asir melalui pemboman laut, senjata dan amunisi, kedua negara bersatu melawan musuh bersama.[4] Pecahnya Perang Dunia I menyebabkan Ottoman mencari gencatan senjata, yang mulai berlaku pada tanggal 3 Agustus 1914.[4]

Peta Asir 1915-1916

Pada tahun 1915, ketika perang dunia pertama sedang berlangsung, Al Idrisi menjalin kontak dengan Inggris melalui pemerintahannya di Aden. Dengan koneksi baru tersebut, Idrisid menduduki Kepulauan Farasan, dan kemudian sebagian Tihamah Utara dan Al Luḩayyah. Ketika Pemberontakan Arab menyebar ke seluruh Arab, Muhammad memproklamirkan dirinya sebagai Emir Emirat Asir yang merdeka pada tanggal 3 Agustus 1917. Inggris segera menyadari tindakannya, dengan tujuan menggunakan dia untuk membantu perang melawan Yaman .

Ancaman terhadap kemerdekaan Asir akan segera meningkat, karena Hussein bin Ali dari Hijaz dan Yahya dari Yaman akan mengincar wilayah yang dikuasai oleh Emirat. Karena keadaan ini, Al-Idrisi menjalin aliansi dengan Ibn Saud dari Najd agar Ibn Saud dapat bertindak sebagai benteng melawan Hijaz dan Yaman. Namun terlepas dari perjanjian yang disebutkan di atas, Al-Idrisi juga akan menggunakan dukungan Hijazi untuk menduduki sebagian Tihamah Yaman sepanjang tahun 1919 hingga 1921, sehingga memperluas wilayah Emirat dari Abha di Utara hingga Al Hudaydah di Selatan.

Sepeninggal Muhammad bin Ali Al-Idrisi di Asir Hilir, terjadilah perseteruan antara putranya, Sayyid Ali bin Muhammad al-idrisi al-Hasani dan saudaranya, Sayyid al-Hasan bin Ali al-Idrisi al-Hasani . Gelar Emir akhirnya diwariskan kepada Emir, namun ia hampir tidak dapat menjalankan kekuasaannya karena usianya yang masih muda dan kurangnya otoritas dari ayahnya. Pada awal tahun 1926, Emir Ali digulingkan oleh pamannya Al-Hassan, yang menganggap dirinya lebih cocok untuk takhta.

Ketika Emir baru berkuasa, para penguasa Hijaz dan Yaman mengklaim kepemilikan Idrisid. Pada bulan April 1925, Imam Yahya mengambil alih Al Hudaydah dan menduduki wilayah-wilayah lain di Emirat Idrisid. Karena takut wilayahnya dicaplok, terutama oleh Yaman, Emir menandatangani kesepakatan dengan Ibnu Saud tentang perjanjian protektorat pada 21 Oktober 1926 - di mana kebijakan luar negeri akan ditangani oleh Saudi sementara Emir mempertahankan kekuasaannya atas urusan dalam negeri. Pada saat itu, Emirat kehilangan wilayah selatannya ke Yaman.

Meskipun demikian, Emir Al-Hasan mencari pemulihan otoritasnya yang sebelumnya independen dengan membatasi perjanjian protektorat. Hal ini mendorongnya untuk menghubungi Imam Yaman, karena tidak puas dengan kekuasaan Saudi. Raja ibn Saud merespons dengan melakukan aneksasi penuh Emirat pada tahun 1934 (sesuai dengan Perjanjian Taif) dan setelah itu Raja memproklamirkan penyatuan penuh Arab Saudi.

Raja[sunting | sunting sumber]

Emir Asir[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Other Arabian Polities". 
  2. ^ Bang, Anne (1997). The Idrisi State in Asir 1906–1934. Hurst Publishers. hlm. 87. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 December 2019. Diakses tanggal 1 January 2021. 
  3. ^ Bang, Anne (1997). The Idrisi State in Asir 1906–1934. Hurst Publishers. hlm. 95. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 December 2019. Diakses tanggal 1 January 2021. 
  4. ^ a b Bang, Anne (1997). The Idrisi State in Asir 1906–1934. Hurst Publishers. hlm. 95–104. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 December 2019. Diakses tanggal 1 January 2021. 
  5. ^ 20 November 1930, the territory was incorporated into Hejaz.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]