Elizabeth: The Golden Age

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Elizabeth: The Golden Age
Elizabeth golden poster.jpg
Poster film promosi
Sutradara Shekhar Kapur
Produser Tim Bevan
Eric Fellner
Jonathan Cavendish
Penulis William Nicholson
Michael Hirst
Pemeran Cate Blanchett
Geoffrey Rush
Clive Owen
Rhys Ifans
Jordi Mollà
Abbie Cornish
Samantha Morton
Musik A. R. Rahman
Craig Armstrong
Sinematografi Remi Adefarasin
Penyunting Jill Bilcock
Perusahaan
produksi
Distributor Universal Pictures
Tanggal rilis
  • 12 Oktober 2007 (2007-10-12) (Amerika Serikat)
  • 2 November 2007 (2007-11-2) (Britania Raya)
Durasi
114 menit
Negara Britania Raya
Bahasa Inggris
Spanyol
Perancis
Anggaran $50–60 juta
Pendapatan kotor $74,237,563

Elizabeth: The Golden Age adalah film tahun 2007 yang merupakan sekuel dari film tahun 1998 yaitu Elizabeth, yang disutradarai oleh Shekhar Kapur dan diproduseri oleh Universal Pictures dan Working Title Films. Film ini dibintangi oleh Cate Blanchett sebagai Ratu Elizabeth I dari Inggris yang menggambarkan peristiwa pada masa-masa akhir pemerintahan dari Ratu Elizabeth I dari Inggris. Naskah ditulis oleh William Nicholson dan Michael Hirst. Komposisi musik dilakukan oleh A. R. Rahman dan Craig Armstrong.

Proses pengambilan gambar dilakukan di Shepperton Studios dan beberapa lokasi di seluruh Britania Raya dengan anggaran produksi dari 50 hingga 60 juta Dolar Amerika Serikat.[1] Guy Hendrix Dyas adalah desainer dan pengawas pembantu dari efek visual dan semua kostum dibuat oleh Alexandra Byrne.

Film ini dirilis pertama sekali pada tanggal 9 September 2007 di Festival Film Internasional Toronto. Film ini ditayangkan secara luas di Amerika Serikat dan Kanada pada tanggal 12 Oktober 2007. Film ini ditayangkan pertama sekali di London pada tanggal 23 Oktober 2007 dan secara umum dirilis mulai tanggal 2 November 2007 diseluruh Britania Raya dan Republik Irlandia. Film ini dirilis di Australia dan Selandia Baru pada tanggal 15 November 2007.[2]

Film ini memenangkan penghargaan Academy Award untuk Desain Kostum Terbaik dan Cate Blanchett menerima nominasi Academy Award untuk kategori Aktris Terbaik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]