Elfin Pertiwi Rappa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Elfin Pertiwi Rappa
Pemenang kontes kecantikan
Berkas:PIL 2014.jpg
LahirElfin Pertiwi
23 September 1995 (umur 23)[1]
Palembang, Sumatra Selatan
Tinggi1,70 m (5 ft 7 in)
Warna rambutHitam
Warna mataHitam
GelarPuteri Indonesia Lingkungan 2014
Kompetisi
besar
Puteri Indonesia 2014
(Runner-up I)
(Puteri Indonesia Lingkungan 2014)
Miss International 2014
(Top 10)
(Best National Costume)

Elfin Pertiwi (lahir di Palembang, 23 September 1995; umur 23 tahun) adalah seorang model yang juga merupakan Runner-Up I kontes kecantikan Puteri Indonesia 2014 dan dimahkotai sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2014[2] dan mewakili Indonesia dalam kontes kecantikan Miss International 2014 yang meraih posisi Top 10 dan penghargaan khusus sebagai Best National Costume award winning.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Elfin adalah seorang mahasiswi Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen di Universitas Sriwijaya Palembang. Ia juga merupakan seorang model yang telah malang melintang cukup lama dan telah banyak meraih prestasi luar biasa dalam bidang permodelan di tingkat nasional. Diantaranya, Elfin pernah menjadi pemenang Cover Guest majalah Aneka Yess! pada tahun 2009, Duta Cardinal Awards 2010, Top 3 Star Teen High End Teen Magazine 2011, Top 3 Model Indonesia 2012, Gadis Palembang 2012, dan Gadis Sumatra Selatan 2013.[3]

Kontes kecantikan[sunting | sunting sumber]

Puteri Indonesia 2014[sunting | sunting sumber]

Elfin dinobatkan sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2014 setelah menjadi Runner-Up I dalam ajang Puteri Indonesia 2014 sebagai perwakilan dari Provinsi Sumatra Selatan. Elfin belum dapat mengungguli saingan terdekatnya Elvira Devinamira kontestan asal Jawa Timur yang memenangkan kontes tersebut dan secara otomatis dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2014. Namun, Elfin adalah wanita kedua dari Sumatra Selatan yang menyabet gelar Runner-Up I dan sekaligus membuat gelar ini dimenangkan secara berturut-turut/beruntun untuk pertama kali nya dalam sejarah kontes kecantikan Putri Indonesia khususnya untuk delegasi Sumatra Selatan. Elfin memegang gelar tersebut setelah perwakilan Sumatra Selatan sebelumnya yaitu Marisa Sartika Maladewi juga berhasil memenangkan gelar yang sama pada tahun sebelumnya pada kontes Puteri Indonesia 2013 dimana pada saat itu Marisa dikalahkan oleh kontestan asal Sumatra Barat yaitu Whulandary Herman, yang keluar sebagai pemenang Puteri Indonesia 2013.

Miss International 2014[sunting | sunting sumber]

Karena kesuksesannya meraih posisi Runner-Up I Putri Indonesia 2014, maka Elfin berhak maju sebagai kontestan Miss International 2014 di Jepang mewakili Indonesia. Elfin sukses mencuri perhatian publik Indonesia khususnya para pemerhati kontes kecantikan internasional dengan menuai banyak pujian dan kritikan positif pada forum-forum beauty pageant online setelah dirinya meraih sukses luar biasa saat mewakili Indonesia dalam ajang kontes kecantikan terbesar ke-4 di dunia itu yang diadakan pada tanggal 11 November 2014 silam di Tokyo, Jepang. Ia berhasil mengantarkan Indonesia ke prestasi tertingginya selama 1 dekade terakhir mengikuti ajang ini dengan meraih posisi Top 10 dan memenangkan penghargaan khusus sebagai Best National Costume award winning[4]. Sebelumnya Indonesia pernah merebut posisi Runner-Up II pada tahun 1977 dan masuk kedalam jajaran Top 15 pada tahun 2007.

Kehidupan sekarang[sunting | sunting sumber]

Pasca menjalankan tugas sebagai Putri Indonesia Lingkungan, Elfin memutuskan untuk pindah ke Jakarta untuk melanjutkan kuliah dan mendalami dunia entertainment.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Bendera Sumatra Selatan Marisa Sartika Maladewi
Puteri Indonesia Lingkungan
2014
Diteruskan oleh:
Bendera Kalimantan Barat Chintya Fabyola