Drini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Drini
Pemphis acidula

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN178838
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladmalvids
OrdoMyrtales
FamiliLythraceae
SubfamiliLythroideae
GenusPemphis
SpesiesPemphis acidula
Forster dan G.Forst., 1775

Pemphis acidula, umumnya dikenal sebagai setigi, drini bantigi atau mentigi,[2][3] adalah spesies tumbuhan berbunga dalam keluarga Lythraceae . Ini adalah hutan bakau yang ditemukan di sebagian besar wilayah tropis Indo-Pasifik yang tumbuh di pantai berbatu. Genus Pemphis, yang menjadi miliknya, sampai saat ini dianggap hanya memiliki satu spesies ini, pertama kali dideskripsikan pada tahun 1775 dan telah lama dianggap sebagai spesies tipe, tetapi sekarang diyakini memiliki setidaknya satu spesies lain.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Pemphis acidula adalah semak halofit yang ditemukan di lokasi pesisir di kawasan tropis Indo-Pasifik. Ini adalah salah satu jenis semak yang tumbuh di tanah berpasir dan berkapur di zona pesisir Samudera Hindia dan Samudera Pasifik bagian barat dan tengah. Hal ini juga ditemukan di hutan bakau .

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Kayu dari spesies ini secara tradisional dihargai di banyak kebudayaan karena keras dan berat, serta tahan terhadap pembusukan dan lengkungan . Ini juga memiliki hasil akhir yang bagus secara alami dan dapat dibuat menjadi tongkat berjalan, tiang pagar, gagang perkakas, dan bahkan jangkar . Di Réunion dan Mauritius dikenal sebagai bois matelot. [4] Di Maladewa, kayu keras ini digunakan dalam pembuatan kapal tradisional untuk menyatukan papan lambung kapal, serta untuk membuat "paku" dalam ilmu sihir lokal.

Pemphis acidula juga merupakan salah satu jenis tanaman yang digunakan dalam bonsai . Karena preferensi tropis dan ketahanannya terhadap topan, ini adalah spesies bonsai yang paling umum di Filipina ; tapi juga ditanam sebagai bonsai di Taiwan dan Kepulauan Ryukyu Jepang . [2] [5] Karena popularitas dan nilainya yang tinggi di kalangan penggemar bonsai, tanaman ini termasuk dalam daftar spesies yang diklasifikasikan 'terancam' oleh Departemen Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Filipina. Pengumpulan, penjualan, dan pengangkutan Pemphis acidula liar adalah tindakan ilegal di Filipina dan dapat dikenakan denda serta penjara hingga enam tahun.[6] [7]

Di Pulau Marovo, Tonga, Tahiti, dan kepulauan Pasifik Selatan lainnya, digunakan untuk membuat perkakas kayu seperti alu, gagang perkakas, senjata, dan sisir.

Di Taman Nasional Kenting Taiwan, pengambilan ilegal berdampak negatif terhadap ekosistem pesisir.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ IUCN Red List of Threatened Species
  2. ^ a b Enriquez, Marge C. "The Philippine 'bantigue' still rules the bonsai scene". Lifestyle.Inq. Philippine Daily Inquirer. Diakses tanggal 13 September 2020. 
  3. ^ "Mentigi". Wild Fact Sheets. Wild Singapore. Diakses tanggal 13 September 2020. 
  4. ^ xycol.net Pemphis acidula J.R. Forst., 1775 - Nom pilote : miki miki
  5. ^ Yap, Julio. "Proper maintenance and care for bonsai". Agriculture Monthly. Diakses tanggal 13 September 2020. 
  6. ^ "P300T worth of threatened PH plant seized". Panay News. Diakses tanggal 13 September 2020. 
  7. ^ "DENR seizes P300K worth of threatened plant species". Department of Environment and Natural Resources. Republic of the Philippines. Diakses tanggal 13 September 2020. 
  8. ^ Tzu-hsuan, Liu. "Illegal picking of reef pemphis raises concern in Kenting". taipeitimes.com. Taipei Times. Diakses tanggal 30 April 2022.