Dorothea Lange

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Dorothea Lange
Dorothea Lange atop automobile in California.jpg
Dorothea Lange tahun 1936
Meninggal San Francisco, California
Kebangsaan Amerika Serikat
Dikenal karena Fotografi

Dorothea Lange (lahir di Hoboken, New Jersey, 26 Mei 1895 – meninggal 11 Oktober 1965 pada umur 70 tahun) adalah seorang wartawan foto dan fotografer berpengaruh dari Amerika Serikat. Lange dikenal dengan foto-foto era Depresi Besar yang diambilnya untuk program Farm Security Administration (FSA). Foto-foto karya Lange memotret para korban Depresi Besar secara manusiawi dan sangat memengaruhi perkembangan bidang fotografi dokumenter.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Dorothea Lange dilahirkan sebagai Dorothea Nutzhorn di Hoboken, New Jersey, 26 Mei 1895 sebagai anak perempuan dari pasangan Joan Lange dan Henry Nutzhorn.[1][2] Dorothea yang ketika itu berusia 7 tahun, menderita polio pada tahun 1902. Seperti lazimnya para korban polio sebelum ditemukannya vaksin polio, kaki kanannya menjadi lemah dan ia pincang seumur hidup.[2] Ketika berusia 12 tahun, sang ayah pergi melepaskan tanggung jawab atas keluarga. Setelah peristiwa tersebut, Dorothea mulai memakai nama keluarga ibunya sewaktu masih gadis, dan tidak lagi memakai nama tengah serta nama keluarga ayahnya.[1][2]

Pendidikan fotografi diperoleh Lange di kelas fotografi yang diajar Clarence H. White di New York City. Ia kemudian magang secara informal di beberapa studio foto di New York, termasuk di studio milik Arnold Genthe. Pada 1918, ia pindah ke San Francisco, dan tahun berikutnya ia sudah membuka studio potret yang sukses.[2][3] Seumur hidupnya, ia tinggal di seberang teluk di Berkeley. Pada tahun 1920, ia menikah dengan pelukis Maynard Dixon, dan keduanya dikaruniai dua orang anak laki-laki.[4] Anak pertama yang lahir tahun 1925 dinamai Daniel Rhoades Dixon. Anak kedua lahir pada 1929, dan diberi nama John Eaglesfeather Dixon.[butuh rujukan]

Setelah terjadinya Depresi Besar, dari studio, Lange membawa kameranya ke jalan-jalan. Studinya mengenai pada tuna wisma dan tuna karya menarik perhatian para fotografer lokal, dan akhirnya ia dipekerjakan oleh badan federal Resettlement Administration (RA) yang kemudian disebut Farm Security Administration (FSA).

Pada Desember 1935, ia bercerai dengan Dixon untuk menikah dengan ahli ekonomi pertanian Paul Schuster Taylor, Profesor Ekonomi di Universitas California, Berkeley.[4] Sebagai suami, Taylor mengajari Lange mengenai soal-soal sosial dan politik. Selama lima tahun berikutnya, keduanya bekerja sama membuat dokumentasi mengenai kemiskinan di pedesaan dan eksploitasi petani bagi hasil dan buruh migran. Taylor mewawancarai mereka sambil mengumpulkan data ekonomi, dan Lange memotret.

Kerja Lange untuk RA dan FSA dari 1935 hingga 1939 memberitakan kepada publik tentang adanya penderitaan orang miskin dan terlupakan, terutama petani bagi hasil, keluarga petani telantar, dan pekerja migran. Hasilnya berupa foto-foto yang didistribusikan secara gratis ke surat-surat kabar di Amerika Serikat. Foto-foto karya Lange yang membuat hati pedih merupakan ikon era Depresi Besar di Amerika Serikat.

Migrant Mother karya Lange.

Foto terbaik dari Lange adalah Migrant Mother (Ibu Migran). Wanita yang dipotretnya bernama Florence Owens Thompson. Foto asli memperlihatkan ibu jari dan telunjuk Florence pada tiang tenda, namun foto ini ditusir untuk menyembunyikan ibu jari Florence. Jari telunjuknya tidak ditusir sehingga masih terlihat dalam foto (sudut kanan bawah foto).

Pada tahun 1960, Lange berbicara mengenai pengalamannya memotret Florence Owens Thompson:

Menurut anak laki-laki Ibu Thompson, detail cerita yang disampaikan Lange salah, tetapi dampak foto tersebut didasarkan pada sosok yang memperlihatkan kekuatan dan permintaan pekerja migran.[5]

Anak-anak di Sekolah Dasar Umum Weill di San Francisco sedang melakukan sumpah setia di depan bendera Amerika, April 1942, sebelum peristiwa penginterniran Jepang-Amerika.
Seorang pemilik toko Jepang-Amerka memasang spanduk ini sehari setelah serangan Pearl Harbor. Lange memotretnya pada bulan Maret 1942, persis sebelum pemilik toko dijebloskan ke kamp interniran.

Pada tahun 1941, Lange mendapat Guggenheim Fellowship untuk keunggulan dalam fotografi. Setelah serangan Pearl Harbor, ia tidak memakai kesempatan beasiswa tersebut, melainkan menerima tugas dari Otoritas Relokasi Perang (WRA) untuk memotret peristiwa evakuasi paksa orang Jepang-Amerika ke kamp-kamp relokasi. Ia meliput penginterniran orang Jepang-Amerika dan kehidupan dalam interniran di kamp-kamp relokasi, terutama di Manzanar yang merupakan kamp interniran permanen yang pertama. Bagi sebagian pengamat, foto Lange yang memperlihatkan anak-anak Jepang-Amerika bersumpah setia kepada bendera Amerika Serikat tidak lama sebelum mereka dikirim ke kamp-kamp interniran, mengingatkan kembali pada mimpi buruk kebijakan menahan orang tanpa tuntutan pengadilan dan tanpa kesempatan naik banding.[6]

Foto-foto karya Lange begitu kritis sehingga foto-foto tersebut disita oleh Angkatan Darat. Foto-foto mengenai peristiwa penginterniran tersebut sekarang dapat dilihat di situs web Divisi Foto, Arsip Nasional Amerika Serikat, dan di Perpustakaan Bancroft, Universitas California, Berkeley.

Pada tahun 1945, Lange diminta Ansel Adams untuk menjadi dosen di departemen seni fotografi yang pertama di California School of Fine Arts (CSFA). Imogen Cunningham dan Minor White juga ikut menjadi dosen pada waktu itu.[7]

Lange termasuk salah seorang pendiri Aperture, sebuah majalah fotografi yang pertama terbit pada tahun 1952. Pertengahan tahun 1950-an, Lange bersama Pirkle Jones menerima tugas memotret dari majalah Life untuk mendokumentasikan berakhirnya kota Monticello, California. Penduduk kota terpaksa pindah sebelum kota tersebut tenggelam di dasar Danau Berryessa yang terbentuk setelah dibendungnya sungai Putah Creek. Foto-foto yang dibuatnya ternyata tidak dimuat oleh Life. Oleh karena itu, Lange menerbitkannya menjadi edisi khusus Aperture. Koleksi foto tersebut dipamerkan di Art Institute of Chicago pada tahun 1960.[8]

Selama dua puluh tahun masa tuanya, Lange berada dalam kondisi kesehatan yang buruk. Ia menderita masalah lambung, termasuk tukak lambung dan sindrom pascapolio. Meskipun demikian, rasa sakit dan kelemahan yang datang kembali akibat polio belum diakui oleh sebagian besar dokter.

Meninggal dunia[sunting | sunting sumber]

Lange meninggal dunia karena kanker esofagus, 11 Oktober 1965 pada usia 70 tahun.[4][9] Ia meninggalkan suami kedua, Paul Taylor, dua orang anak, tiga anak tiri, serta cucu dan cicit.

Peninggalan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1972, 27 lembar foto karya Lange dipamerkan oleh Museum Whitney dalam pameran berjudul Executive Order 9066. Pameran ini bertemakan penginterniran orang Jepang-Amerika selama Perang Dunia II.

Pada 28 Mei 2008, Gubernur California Arnold Schwarzenegger dan ibu negara bagian Maria Shriver mengumumkan Lange sebagai salah seorang wanita akan diabadikan di California Hall of Fame yang berada di Museum Sejarah, Wanita, dan Seni California. Upacara penghormatan bagi Lange dilangsungkan di California Hall of Fame, 15 Desember tahun yang sama, dan penghormatan tersebut diterima oleh salah seorang anak laki-lakinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Lurie, Maxine N. dan Mappen, Marc. Encyclopedia of New Jersey. 2004, p. 455
  2. ^ a b c d Vaughn, Stephen L. Encyclopedia of American Journalism. 2008, p. 254
  3. ^ "Dorothea Lange". NARA. Diakses tanggal 2008-06-29. Born in Hoboken, New Jersey, Dorothea Lange (1895-1965) announced her intention to become a photographer at age 18. After apprenticing with a photographer in New York City, she moved to San Francisco and in 1919 established her own studio. 
  4. ^ a b c Oliver, Susan (2003-12-07). "Dorothea Lange: Photographer of the People". 
  5. ^ Dunne, Geoffrey (2002). "Photographic license". New Times. 
  6. ^ Davidov, Judith Fryer. Women's Camera Work. 1998, page 280
  7. ^ Vernacular Language North. SF Bay Area Timeline. Modernism (1930-1960)
  8. ^ BellaVistaRanch.net. Suisun History. Nancy Dingler, Part 3 - Fifty years since the birth of the Monticello Dam. Diakses 17 Agustus 2009.
  9. ^ "Dorothea Lange Is Dead at 70. Chronicled Dust Bowl Woes. Photographer for 50 Years Took Notable Pictires of 'Oakies' Exodus.". New York Times. October 14, 1965. Diakses tanggal 2008-06-29. 

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • Dorothea Lange and Paul Taylor, "An American Exodus. A record of Human Erosion", facsimile of the original edition, Sam Stourdzé (ed.), Paris: Edition Jean Michel Place, 1999, ISBN 978-2-85893-513-0
  • Anne Whiston Spirn, Daring to Look: Dorothea Lange's Photographs and Reports from the Field, University of Chicago Press, 2008, ISBN 978-0-226-31606-2
  • Sam Stourdze (ed.), "Dorothea Lange, The Human Face", Paris: NBC Editions, 1998
  • Geoffrey Dunn, "Untitled Depression Documentary" 1980
  • Milton Meltzer, Dorothea Lange: A Photographer's Life New York, 1978, ISBN 978-0-8156-0622-2
  • Linda Gordon, Dorothea Lange, Encyclopedia of the Depression
  • Linda Gordon, Paul Schuster Taylor, American National Biography
  • Gordon, Linda; Okihiro, Gary Y., ed. (2006), Impounded: Dorothea Lange and the Censored Images of Japanese American Internment, New York: W. W. Norton and Company, ISBN 0393330907 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]