Doktor Hukum Kanonik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Doktor Hukum Kanonik (bahasa Latin: Juris Canonici Doctor, JCD) adalah gelar terminal tingkat-doktoral dalam studi Hukum Kanonik Gereja Katolik Roma. Bisa juga disingkat ICD atau dr.iur.can. (Iuris Canonici Doctor), ICDr, DCL , DCnl, DDC, atau DCanL (Doktor Hukum Kanonik). Seorang doktor kedua undang-undang (yaitu kanon dan sipil) adalah JUD (Juris Utriusque Doctor) atau UJD (Utriusque Juris Doctor).

Program studi[sunting | sunting sumber]

Gelar doktor dalam hukum kanonik biasanya memerlukan perolehan gelar Lisensi Hukum Kanonik, kemudian setidaknya dua tahun studi tambahan dan pengembangan serta pembelaan disertasi asli yang berkontribusi pada pengembangan hukum kanon. Hanya universitas kepausan atau fakultas hukum kanonik gerejawi yang dapat memberikan gelar doktor atau lisensi hukum kanon.

Lisensi Hukum Kanonik adalah gelar tiga tahun. Prasyarat untuk itu biasanya adalah lulusan tingkat Baccalaureate in Sacred Theology, Master of Divinity, atau Master of Arts dalam Teologi Katolik.

Meskipun bukan gelar hukum perdata, doktor hukum kanonik dalam beberapa hal sebanding dengan Doctor of Juridical Science (JSD) atau doctor of law (LLD) dalam hal sifat hukum studi, karena merupakan gelar penelitian akademis terminal dan bukan gelar profesional.

Prasyarat jabatan gerejawi[sunting | sunting sumber]

Anggota Pengadilan Tertinggi Tanda Tangan Apostolik, Auditor Pengadilan Rota Romawi, vikaris yudisial, hakim gerejawi, pembela ikatan, dan promotor keadilan, harus memiliki gelar doktor atau lisensi dalam hukum kanonik. Salah satu derajat tersebut direkomendasikan bagi mereka yang menjabat sebagai Vikaris Jenderal atau Vikaris Episkopal di suatu keuskupan. Kandidat uskup harus memiliki gelar doktor di bidang hukum kanonik atau doktor di bidang teologi sakral atau benar-benar ahli di salah satu bidang tersebut. Pendukung kanonik harus memiliki gelar doktor atau benar-benar ahli.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]