Dato' Siti Nurhaliza Unplugged 2015

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dato' Siti Nurhaliza Unplugged 2015
Tur Acara residensi oleh Siti Nurhaliza
LokasiKuala Lumpur, Malaysia
TempatIstana Budaya
Siti Nurhaliza I, Siti Nurhaliza II, Adiwarna, Pancawarna, Prasasti Seni, Transkripsi , Hadiah Daripada Hati dan Fragmen
Penampilan1 (07 April 2015 (2015-04-07))
Kronologi konser Siti Nurhaliza

Dato' Siti Nurhaliza Unplugged 2015 adalah sebuah acara residensi satu hari yang diadakan oleh artis rekaman Malaysia, Siti Nurhaliza. Acara tersebut diadakan pada 7 April 2015 di Istana Budaya dan menandai tahun ke-20nya dalam industri musik Malaysia. Hampir seluruh lagu yang ditampilkan pada konser satu malam tersebut berasal dari andalannya sendiri, yang meliputi hit-hit dan lagu-lagu populer dari permulaan kariernya sampai masa sekarang.

Sepanjang acara dua jam tersebut, Siti menampilkan hampir tiga puluh lagu dan lebih dari dua puluh lagu dikomposisikan dan diaransemen dalam seluruh medley. Konser tersebut juga dijadikan sebagai sebagai wadah bagi Siti untuk menampilkan seluruh lagu dari album 2014-nya, Fragmen. Konser tersebut meraih kesuksesan secara komersial; meskipun pada kenyataannya konser tersebut terwujudkan dalam kurang dari dua pekan, tiket-tiket konser tersebut terjual habis sebelum malam konser tersebut. Konser tersebut juga meraih umpan balik positif dari para kritikus yang memuji penampilan vokal Siti setelah memasukki industri tersebut selama lebih dari dua puluh tahun.

Latar belakang dan pengembahan[sunting | sunting sumber]

Penganjuran Konsert Unplugged kali ini merupakan satu keputusan yang dibuat dalam masa yang begitu singkat. Bulan April merupakan bulan yang istimewa bagi Siti dan tak lengkap rasanya kalau Siti tak buat persembahan istimewa pada bulan ini. Jadi Siti jumpa Datuk Johari (Pengarah Istana Budaya) dan tanya jika ada slot yang kosong. Satu hari pun jadilah. Alhamdulillah, ada satu hari kosong dan dalam masa dua minggu itulah Siti buat persiapan.

—Siti Nurhaliza dalam Dato' Siti Nurhaliza Unplugged 2015[1]

Realisasi dan eksekusi acara tersebut dilakukan selama dua minggu. Iklan pertama untuk acara tersebut dikeluarkan pada 20 Maret saat asisten pribadi Siti menyatakan pada akun Facebook-nya bahwa sebuah konser istimewa akan diadakan pada 7 April untuk menandai dua puluh tahun Siti dalam industri musik .[2]

Catatan penjelas[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dhiya Aizat (April 9, 2015). "Peminat Kecewa Tiket Konsert Unplugged Siti Nurhaliza Habis (Fans are Devastated [when] Tickets for "Konsert Unplugged Siti Nurhaliza" Sold Out)". Extra.Tonton.com.my (dalam bahasa Melayu). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 16 April 2015. 
  2. ^ Budiey (20 March 2015). "Konsert Unplugged Dato' Siti Nurhaliza di Istana Budaya ("Konsert Unplugged Dato' Siti Nurhaliza" at Istana Budaya)". Budiey.com (dalam bahasa Melayu). Diakses tanggal 16 April 2015.