Danganronpa: Trigger Happy Havoc

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Danganronpa: Trigger Happy Havoc
Danganronpaboxart.jpg
Sampul permainan untuk versi PlayStation Vita, menampilkan karakter antagonis utama, Monokuma.
ダンガンロンパ 希望の学園と絶望の高校生
(Danganronpa: Kibō no Gakuen to Zetsubō no Kōkōsei)
GenreMisteri pembunuhan, aksi-petualangan
Permainan
PengembangSpike Chunsoft
Abstraction Games (PC)
Penerbit
PengarahKazutaka Kodaka
PembuatYuichiro Saito
MusikMasafumi Takada
GenrePetualangan, novel visual
PlatformPlayStation Portable
iOS
Android
PlayStation Vita
Microsoft Windows
OS X
Linux
RilisPSP
iOS, Android
PS Vita
Microsoft Windows, OS X
Linux
Manga
PengarangSpike Chunsoft
IlustratorHajime Tōya
PenerbitEnterbrain
DemografiShōnen
MajalahFamitsu Comic Clear
Terbit24 Juni 201118 Oktober 2013
Volume4
Novel ringan
Danganronpa/Zero
PengarangTsuyoshi Kodakazu
IlustratorRui Komatsuzaki
PenerbitXinghai Fictions
Terbit15 September 201113 Oktober 2011
Volume2
Manga
Danganronpa: The Animation
PengarangTakashi Tsukimi
PenerbitKadokawa Shoten
Penerbit
Inggris
Dark Horse Comics
DemografiShōnen
MajalahShonen Ace
Terbit26 Maret 201326 Juli 2014
Volume4
Seri anime
Danganronpa: The Animation
SutradaraSeiji Kishi
SkenarioMakoto Uezu
MusikMasafumi Takada
StudioLerche
Saluran
asli
MBS, TBS, CBC, BS-TBS
Saluran
bahasa Inggris
Tayang 4 Juli 2013 26 September 2013
Episode13
Novel ringan
Danganronpa Kirigiri
PengarangTakekuni Kitayama
IlustratorRui Komatsuzaki
PenerbitXinghai Fictions
Terbit13 September 2013 – sekarang
Volume4
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Danganronpa: Trigger Happy Havoc (ダンガンロンパ 希望の学園と絶望の高校生, Danganronpa: Kibō no Gakuen to Zetsubō no Kōkōsei)[7] adalah sebuah permainan novel visual misteri pembunuhan[7] yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh Spike Chunsoft dan permainan pertama dari seri Danganronpa. Permainan dirilis di Jepang untuk PlayStation Portable pada 25 November 2010 dan kemudian di perangkat iOS dan Android pada 20 Agustus 2012. Dua adaptasi manga dan dua novel spin-off telah diterbitkan, sebuah adaptasi anime televisi oleh Lerche tayang sejak July hingga September 2013. Sebuah sekuel anime, Danganronpa 3: The End of Kibōgamine Gakuen, juga telah diumumkan.[8]

Sebuah sekuel, Danganronpa 2: Goodbye Despair, dirilis untuk PlayStation Portable pada 26 Juli 2012. Sebuah kompilasi dari kedua permainan ini, berjudul Danganronpa 1・2 Reload, dirilis untuk PlayStation Vita di Jepang pada 10 Oktober 2013.[1] NIS America merilis remake Vita di Amerika Utara pada 11 Februari 2014, dan di Eropa dan Australia pada 14 Februari 2014.[1][5] Sebuah permainan spin-off, berjudul Danganronpa Another Episode: Ultra Despair Girls, dirilis untuk PS Vita pada tahun 2014.[9]

Judul dari seri ini, Danganronpa, adalah gabungan dari dua kata dalam bahasa Jepang untuk "peluru" (弾丸, dangan) dan "sanggahan" (論破, ronpa).[10]

Cerita[sunting | sunting sumber]

Danganronpa mengambil latar di sebuah sekolah elit bernama Hope's Peak Academy (希望ヶ峰学園, Kibōgamine Gakuen), yang menerima siswa terhebat (超高校級, chō-kōkō-kyū) dengan kaliber tertinggi di berbagai bidang tiap tahun.[7] Makoto Naegi, seorang siswa biasa yang cukup optimistis, terpilih melalui undian dan diterima di akademi sebagai "Siswa Paling Beruntung".[7] Meskipun begitu, saat Makoto sampai di dalam akademi, ia kehilangan kesadaran dan terbangun dalam sekolah yang terkunci, dimana ia bertemu dengan 14 siswa baru lainnya dalam situasi yang sama. Kemudian muncul di hadapan mereka sebuah beruang sadis yang dikendalikan pengendali jarak jauh bernama Monokuma, memberitahu bahwa mereka akan dikurung di dalam akademi untuk sisa hidup mereka, dan mereka akan dibunuh apabila melanggar aturan sekolah. Dia menawarkan satu-satunya cara untuk "lulus" dari akademi tersebut: membunuh siswa lainnya tanpa diketahui.

Ketika pembunuhan terjadi, sebuah "persidangan kelas" (学級裁判, gakyū saiban) diadakan, dimana siswa yang tersisa harus menentukan siapa pembunuh di antara mereka. Seiring berjalannya permainan, beberapa siswa terbunuh, dan Makoto sering mengambil peran sebagai penentu persidangan, dan memberikan pandangan paling logis. Makoto menerima bantuan dari Kyoko Kirigiri, seorang gadis misterius yang tidak ingat tentang masa lalunya, tetapi memiliki kemampuan observasi dan deduktif. Namun, dalam penyelidikan mereka, sangat jelas bahwa apapun yang mereka lakukan, Monokuma tidak memiliki niat untuk melepaskan mereka dari akademi. Sebagai tambahan, tiap persidangan selesai, Monokuma memicu perselisihan dengan manipulasi langsung: mengancam keluarga siswa, mengancam untuk mengungkapkan rahasia yang memalukan, atau menawarkan hadiah uang untuk memprovokasi siswa yang tersisa. Pada sebuah sidang, saat sangat jelas bahwa orang yang mengendalikan Monokuma melakukan "pembunuhan", pelaku yang memungkinkan dari para siswa hanya Makoto atau Kyoko. Dalam plot kanon, Makoto, menaruh kepercayaannya pada Kyoko, menahan bukti yang berpotensi membuat Kyoko sebagai pembunuh, dan dinyatakan bersalah secara sepihak oleh Monokuma. Meskipun begitu, pada eksekusi Makoto, ia diselamatkan oleh sebuah kecerdasan buatan yang sebelumnya telah diperkenalkan dan membuat Makoto jatuh ke pembuangan sampah bawah tanah. Melarikan diri tempat tersebut atas bantuan Kyoko, siswa yang tersisa bekerja sama untuk menghadapi Monokuma, dan menemukan bahwa dalang dari permainan membunuh ini adalah Junko Enoshima, salah satu siswa yang sebelumnya telah terbunuh, sesungguhnya ia meminta saudara kembarnya, Mukuro Ikusaba, untuk menggantikannya menjadi yang terbunuh.

Junko mengungkapkan bahwa seluruh siswa telah berada di akademi selama 2 tahun dan saling mengenal satu sama lain. Namun, saat sebuah kejadian bencana terjadi, disebabkan oleh sebuah gerakan misterius bernama "Ultimate Despair", masyarakat global jatuh dan kekerasan meletus di seluruh dunia, para siswa dan kepala sekolah setuju untuk mengurung diri di dalam akademi sambil menunggu keadaan krisis selesai. Tidak beruntung, Junko, yang merupakan anggota rahasia Ultimate Despair, membunuh kepala sekolah, mengambil alih akademi, dan menghapus ingatan para siswa. Motivasinya untuk menyebarkan keputusasaan ke seluruh dunia dengan menyiarkan siswa-siswa paling berbakat saling membunuh satu sama lain. Setelah rencananya terbongkar, Junko melakukan bunuh diri dengan menggunakan kombinasi dari semua eksekusi yang digunakan untuk membunuh pelaku-pelaku sebelumnya.

Kemudian, Makoto, Kyoko, dan siswa lainnya yang selamat keluar dari akademi, tidak yakin dengan keadaan dunia. Pemain juga dapatmencapai sebuah akhir alternatif ketika menyelesaikan Mode Sekolah. Pada akhir ini, seluruh siswa selamat dan meninggalkan sekolah, tidak sadar tentang bencna yang sedang menunggu. Bagian akhir ini juga mencakup penampilan cameo oleh Monomi, sebuah karakter dari permainan kedua.

Media lain[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Danganronpa mendapatkan dua adaptasi manga. Adaptasi pertama, diilustrasikan oleh Saku Toutani, diterbitkan di majalah web Famitsu Comic Clear sejak 24 Juni 2011 hingga 18 Oktober 2013, dan menceritakan perspektif dari siswa lainnya.[11] Adaptasi kedua, diilustrasikan oleh Samurai Takashi dan berdasarkan serial anime, memulai serialisasi di majalah Shōnen Ace sejak Juli 2013. Sebuahfanbook dan antologi komik resmi berdasarkan permainan dan anime juga telah diterbitkan.

Novel[sunting | sunting sumber]

Sebuah novel spin-off berdasarkan permainan ditulis oleh Tsuyoshi Kodakazu dengan ilustrasi oleh Rui Komatsuzaki, berjudul Danganronpa/Zero (ダンガンロンパ/ゼロ), diterbitkan dalam dua volume sejak 15 September 2011 hingga 13 Oktober 2011.[12] Serial novel lain yang ditulis oleh Takekuni Kitayama dengan ilustrasi oleh Komatsuzaki, berjudul Danganronpa Kirigiri (ダンガンロンパ霧切), mulai diterbitkan sejak 13 September 2013.[13] Sebuah novel ringan mini yang ditulis oleh Ryohgo Narita, berjudul Danganronpa IF: The Button of Hope and the Tragic Warriors of Despair (ダンガンロンパIF 希望の脱出装置と絶望の残念無双), terbuka di Danganronpa 2 setelah menyelesaikan permainan ini sekali. Novel ini mengisahkan sebuah dunia alternatif dimana Makoto menemukan tombol untuk melarikan diri.

Anime[sunting | sunting sumber]

Pada Desember 2012, majalah Newtype mengumumkan bahwa akan ada sebuah adaptasi anime dari sebuah permainan, berjudul Danganronpa: The Animation, diproduksi oleh Lerche dan didireksi oleh Seiji Kishi.[14] Volume Blu-ray/DVD terakhir, dirilis pada 26 Februari 2014, berisi tambahan dari episdoe terakhir.[15] Serial ini tayang di Jepang pada MBS sejak 4 Juli 2013 hingga 26 September 2013. Lagu tema pembukanya adalah "Never Say Never" oleh TKDz2b dengan rap oleh Jas Mace dan Marchitect (aka The 49ers) dan Tribeca, sementara lagu tema penutupnya adalah "Zetsubōsei: Hero Chiryōyaku" (絶望性:ヒーロー治療薬) oleh Suzumu feat. Soraru. Lagu tema pembuka untuk episode pertama adalah "Danganronpa" oleh Masafumi Takada sementara lagu tema pembuka untuk episode keempat adalah "Monokuma Ondo" (モノクマおんど) oleh Sachiko Kobayashi feat. Monokuma. Lagu tema penutup untuk episode 13 adalah "Saisei -rebuild-" (再生 -rebuild-) oleh Megumi Ogata.

Sebuah anime musim kedua, berjudul Danganronpa 3: The End of Kibōgamine Gakuen, akan dirilis pada tahun 2016. Serial ini merupakan cerita asli yang mengambil latar setelah kejadian di Danganronpa 2: Goodbye Despair, sebagai kesimpulan dari alur cerita "Hope's Peak Academy". Seiji Kishi akan kembali mendireksi, sementara Norimitsu Kaihō menjadi penulis naskah cerita.[16]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Soundtrack asli permainan, disusun oleh Masafumi Takada, dirilis oleh Sound Prestige Records pada 14 Februari 2011. Soundtrack asli dari adaptasi anime dirilis oleh Geneon Universal Entertainment pada 28 Agustus 2013.

Penampilan di permainan lain[sunting | sunting sumber]

Selain di seri Danganronpa, Monokuma telah tampil pada beberapa permainan Spike Chunsoft. Sebuah kostum Monokuma dapat digunakan pada permainan Terraria dan Gachitora: The Roughneck Teacher in High School.[17][18] Monokuma juga muncul sebagai sebuah mini boss untuk permainan Conception II: Children of the Seven Stars.[19]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Penjualan[sunting | sunting sumber]

Pada minggu pertama perilisan di Jepang, Danganronpa: Trigger Happy Havoc terjual 25.564 kopi, membuatnya menjadi permainan PlayStation Portable dengan penjualan terbaik pada minggu tersebut.[20] Setelah 3 bulan penjualan, permainan ini telah terjual lebih dari 85.000 kopi, jumlah yang dianggap oleh CEO Spike Mitsutoshi Sakurai sebagai sebuah keberhasilan.[21] Danganronpa 1・2 Reload untuk PlayStation Vita terjual 76.172 kopi minggu pertama perilisan di Jepang sejak Oktober 2013.[22] Di Barat, Danganronpa: Trigger Happy Havoc dan Danganronpa 2 dikombinasikan terjual lebih dari 200.000 kopi di Amerika Serikat dan Eropa hingga 29 April 2015.[23]

Ulasan[sunting | sunting sumber]

Setelah perilisan, Danganronpa: Trigger Happy Havoc menerima ulasan positif dari publikasi permainan video di Jepang dan Amerika Utara. Pada situs GameRankings dan Metacritic,mendapatkan skor ulasan rata-rata sebesar 83% dan 80/100 secara berturut-turut.[24][25]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "NISA Licenses DanganRonpa, Demon Gaze Games in West - Interest". Anime News Network. 2013-07-03. Diakses tanggal 2013-08-14. 
  2. ^ "Danganronpa: School of Hope and Students of Despair - PlayStation Portable - GameSpy". Psp.gamespy.com. 2010-11-25. Diakses tanggal 2012-12-15. 
  3. ^ "iTunes App Store で見つかる iPhone、iPod touch、iPad 対応 ダンガンロンパ 希望の学園と絶望の高校生". Itunes.apple.com. 2012-08-21. Diakses tanggal 2012-12-15. 
  4. ^ 槍彈辯駁 希望學園與絕望高中生 (中日文合版), Sony Computer Entertainment Asia
  5. ^ a b "Danganronpa: Trigger Happy Havoc Coming to PS Vita on February 11th, 2014". Blog.us.playstation.com. Diakses tanggal 2014-03-24. 
  6. ^ Salter, Ben (6 Januari 2014). "Danganronpa: Trigger Happy Havoc Australian release date". MMGN. Diakses tanggal 14 Juli 2015. 
  7. ^ a b c d Gantayat, Anoop (12 Agustus 2010). "Spike Details High Speed Detective Action Game Dangan-ronpa". Andriasang.com. Diakses tanggal 16 Desember 2012. 
  8. ^ "new danganronpa 3 the end of kibogamine gakuen anime green lit". Anime News Network. 2 Desember 2015. Diakses tanggal 2 Desember 2015. 
  9. ^ 2013-09-09, DanganRonpa: Another Episode announced for PS Vita, Gematsu
  10. ^ Klepek, Patrick (11 Maret 2014). "Danganronpa: Trigger Happy Havoc Review - Giant Bomb". Giant Bomb. CBS Interactive. Diakses tanggal 14 Juli 2015. 
  11. ^ "Danganronpa Kibō no Gakuen to Zetsubō no Kōkōsei Manga Ends in Famitsu Comic Clear". Anime News Network. 2013-10-28. Diakses tanggal 2013-11-01. 
  12. ^ "Amazon.co.jp: ダンガンロンパ/ゼロ(上) (星海社FICTIONS): 小高 和剛, 小松崎 類: 本". Amazon.co.jp. Diakses tanggal 2013-08-14. 
  13. ^ "Amazon.co.jp: ダンガンロンパ霧切 1 (星海社FICTIONS): 北山 猛邦, 小松崎 類: 本". Amazon.co.jp. Diakses tanggal 2013-11-01. 
  14. ^ "Persona 4's Kishi Directs Danganronpa Game's TV Anime". Anime News Network. 7 Desember 2012. Diakses tanggal 16 Desember 2012. 
  15. ^ "Danganronpa Blu-ray/DVD Expands Finale by 14 Minutes". Anime News Network. 2014-01-16. Diakses tanggal 2014-03-24. 
  16. ^ http://www.animenewsnetwork.com/news/2015-12-02/new-danganronpa-3-the-end-of-kibogamine-gakuen-anime-green-lit/.96006
  17. ^ "Danganronpa Mascot MonoBear And Shiren The Wanderer Are In An Indie PS3 Game". Siliconera. 22 Mei 2013. Diakses tanggal 18 Juli 2015. 
  18. ^ "Gachitora Lets You Dress Up As Mono-Bear From Danganronpa". Siliconera. 8 April 2011. Diakses tanggal 24 Maret 2014. 
  19. ^ "Conception II Monokuma DLC Will Be Available In May". Siliconera. 15 April 2014. Diakses tanggal 18 Juli 2015. 
  20. ^ Gantayat, Anoop (3 Desember 2010). "Gran Turismo 5 Tops the Charts in Japan". IGN. Ziff Davis. Diakses tanggal 15 Desember 2012. 
  21. ^ "Danganronpa Sells 85,000 Units, Spike CEO Grins Like Mono-Bear". Siliconera. 25 Februari 2011. Diakses tanggal 15 Desember 2012. 
  22. ^ "This Week In Sales: At Last… Pokémon X And Pokémon Y". Siliconera. 16 Oktober 2013. Diakses tanggal 15 Juli 2015. 
  23. ^ Jarvis, Matthew (29 April 2015). "Japanese visual novel Danganronpa sells 200,000 units in the West". MCV. Diakses tanggal 15 July 2015. 
  24. ^ "Danganronpa: Trigger Happy Havoc for PlayStation Vita". GameRankings. CBS Interactive. Diakses tanggal 23 Januari 2015. 
  25. ^ "Danganronpa: Trigger Happy Havoc for PlayStation Vita Reviews". Metacritic. CBS Interactive. Diakses tanggal 23 Januari 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]