Crysis (permainan video)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Crysis
Crysis Cover.jpg
PengembangCrytek
PenerbitElectronic Arts
PengarahCevat Yerli
ProduserBernd Diemer
PerancangJack Mamais
PemrogramCraig Tiller
PenulisMartin Lancaster
Tim Partlett
Greg Sarjeant
Komponis musikInon Zur
SerialCrysis
EngineCryEngine 2 (PC)
CryEngine 3 (PS3 & X360)
PlatformMicrosoft Windows
PlayStation 3
Xbox 360
Tanggal rilisMicrosoft Windows
Xbox 360
PlayStation 3
GenreTembak-menembak orang-pertama, menyelinap
ModePemain tunggal, multipemain

Crysis merupakan permainan video tembak-menembak orang-pertama yang awalnya dibuat khusus untuk komputer pribadi yang dikembangkan oleh Crytek dan dirilis pada November tahun 2007. Permainan ini merupakan bagian ertama dari serial Crysis.[2] Sebuah permainan lainnya yang berjudul Crysis Warhead dirilis pada 16 September 2008 dengan cerita yang mirip, hanya saja dari perspektif narasi yang berbeda.[3][4]

Pada masanya, Crysis merupakan sebuah keajaiban teknologi dimana permainan ini terlalu berat untuk masalah grafisnya bahkan untuk komputer spesifikasi gim terkuat dimasanya dan beberapa tahun setelahnya. Sehingga Crysis menjadi sebuah lompatan yang menandai era baru grafik pada permainan video dimana pengembang permainan lainnya pun kesulitan untuk mampu menyamai Crysis hingga beberapa tahun kedepannya.

Dalam dunia benchmarki, Crysis selalu menjadi alat test komputer untuk mengetahui sebaik apa kinerjanya. hal itu disebabkan jika crysis memiliki lebih dari 1.000.000 untaian kode dan 8.5000 shader atif, juga data untuk texture yang mencapai 1 GB. Selain itu, permainan ini menuntut untuk dijalankan dengan sistem operasi sekelas Windows Vista dan ke atasnya.

Berbeda dengan beberapa tembak-menembak lainnya, Crysis menjadikan grafik dan gameplay sebagai nilai jual. Hal tersebut menyebabkan cerita dalam Crysis terkesan tidak begitu menarik dan hanya sebagai pemanis agar keindahan grafis dapat dinikmati secara berurutan dimana setiap level mendemonstrasikan grafisnya semisal suasana malam hari, simulasi terbitnya siang malam, hutan tropis, wilayah pegunungan, hingga perang di medan bersalju.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Plunkett, Luke. "Four Years Later, Crysis Comes to Console". Kotaku. 
  2. ^ "InCrysis Interview with Cevat Yerli". InCrysis. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 16, 2007. Diakses tanggal November 16, 2007. 
  3. ^ "Crysis Warhead sequel". Kotaku. Diakses tanggal June 5, 2008. 
  4. ^ Cry-Alex (June 5, 2008). "Crysis Warhead Announced". CryMod. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 27, 2011. Diakses tanggal June 5, 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Crytek