Cingebul, Lumbir, Banyumas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cingebul
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenBanyumas
KecamatanLumbir
Kodepos
53177
Kode Kemendagri33.02.01.2010 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Cingebul adalah desa di kecamatan Lumbir, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Cingebul merupakan desa yang sebagian besar wilayahnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap. Desa Cingebul terbagi menjadi 10 grumbul atau setingkat dengan dusun. Topografi wilayah Desa Cingebul sebagian besar merupakan dataran rendah bergelombang hingga perbukitan disebelah timur. Desa Cingebul dibelah oleh sebuah sungai yaitu Sungai Cihaur diwilayah timur serta Sungai Dermaji mengalir sepanjang dibatas sebalah barat.

Desa Cingebul juga memiliki jalan yang cukup lebar dengan kualitas jalan yang cukup baik. Bagi pengendara roda empat dari arah lumbir menuju sidareja dapat menggunakan jalan ini sebagai jalur alternatif untuk mempersingkat waktu perjalanan. Pemandangan alam pegunungan yang indah menjadikan perjalanan lebih menyenangkan. Namun anda harus lebih berhati-hati karena terdapat beberapa tanjakan dan turunan yang cukup ekstrim. Lampu penerangan jalan juga sangat minim sehingga lebih baik anda berkendara disiang hari.

Penduduk Desa Cingebul terkenal dengan keramahannya sehingga anda tidak perlu sungkan untuk bertanya. Bertani merupakan pekerjaan mayoritas bagi penduduk Desa Cingebul. Hasil perkebunan berupa pisang dan kelapa merupakan yang paling umum selain hasil kebun lain seperti kacang tanah,kedelai,merica,jahe,kencur dan buah-buahan seperti rambutan dan durian. Selain bertani ada juga beberapa penduduk yang berprofesi sebagai pembuat gula jawa yang berasal dari pohon kelapa. Gula jawa dari Desa Cingebul terkenal memiliki kualitas yang baik.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Utara Desa Kedunggede dan Kabupaten Cilacap
Timur Desa Kedunggede
Selatan Kabupaten Cilacap
Barat Kabupaten Cilacap

Pembagian Wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Grumbul Banjaranyar
  2. Grumbul Bojanegera
  3. Grumbul Cikoas
  4. Grumbul Karangbawang
  5. Grumbul Karangreja
  6. Grumbul Lawimanggung
  7. Grumbul Pengasinan
  8. Grumbul Penusupan
  9. Grumbul Purbakerta
  10. Grumbul Rajasari
  11. Grumbul Wanasri

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Banyumas merupakan bagian dari Kerajaan Galuh Purba yang berkembang dari abad ke 1 hingga 6 Masehi, dan dari situ nama-nama Desanya berbau Sunda. Nama Cingebul merupakan perpaduan dari dua kata, yaitu Ci dan Ngebul. Ci dalam bahasa Sunda artinya Air, sedangkan Ngebul dalam bahasa Jawa berarti berasap[butuh rujukan].