Carolus Borromeus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Charles Borromeo)
Lompat ke: navigasi, cari
Santo Carolus Borromeus
Uskup Agung Milan
Carlo Borromeo.jpg
Carlo Borromeo, karya Giovanni Figino. Minyak diatas kanvas, 41 × 48 cm. Biblioteca Ambrosiana
Keuskupan Agung Milan
Takhta Milan
Ditunjuk 12 Mei 1564
Akhir Masa Jabatan 3 November 1584
Pendahulu Giovanni Angelo de’ Medici
Pengganti Gaspare Visconti
Jabatan lain Kardinal-Pendeta Santa Prassede
Tahbisan
Ditahbiskan 4 September 1563
oleh Federico Cesi
Konsekrasi 7 Desember 1563
oleh Giovanni Serbelloni
Menjadi Kardinal 31 Januari 1560
Peringkat Cardinal-Priest
Data Diri
Nama lahir Count Carlo Borromeo di Arona
Lahir 2 Oktober 1538
Castle of Arona, Duchy of Milan
Wafat 3 November 1584 (umur 46)
Milan
Dimakamkan di Katedral Milan
Denominasi Katolik Roma
Orang tua
  • Gilberto Borromeo, 7th Count of Arona
  • Margherita de' Medici di Marignano
Posisi sebelumnya
Lambang {{{coat_of_arms_alt}}}
Penghormatan Sebagai Orang Kudus
Pesta 4 November
Dihormati Gereja Katolik
Dibeatifikasi 12 Mei 1602
oleh Paus Paulus V
Dikanonisasi 1 November 1610
oleh Paus Paulus V
Atribut cord, seragam kardinal merah
Pelindung against ulcers; kebun apel; uskup; katekis; katekumen; colic; intestinal disorders; Lombardy, Italy; Monterey California; kardinal; seminarians; spiritual directors; pemimpin spiritual; starch makers; stomach diseases; kota São Carlos di Brazil (as the name indicates)
Peziarahan Katedral Milan

Charles Borromeo (bahasa Italia: Carlo Borromeo, bahasa Latin: Carolus Borromeus, 1538–1584) merupakan kardinal uskup agung Milan dari 1564 sampai 1584. Ia berasal dari keluarga bangsawan dan belajar hukum sipil serta kanonik.[1] Ketika pamannya menjadi Paus Pius IV, Carolus dipanggil ke Roma dan umur enam belas tahun diangkat menjadi Uskup Agung Milano, kardinal dan sekretaris negara, pelindung umat katolik di Belanda, Belgia, Portugal dan pelindung beberapa serikat religius. Akibat kematian kakaknya pada tahun 1563, cita-citanya yang semula humanistis dan duniawi berubah menjadi pembaharuan rohani. Pada tahun 1563, ia ditahbiskan menjadi imam yang membangkitkan minatnya untuk hidup saleh secara tegas. Di samping memainkan peran penting dalam sidang terakhir Konsili Ekumenis di Trento, ia membantu memperbaharui Dewan Kardinal dan merevisi buku Misa serta Brevir. Prestasinya yang terpenting adalah membaharui keuskupannya sehingga ia diaangap sebagai uskup teladan. Berkat sinode sekeuskupan dan seprovinsi gerejani yang disiapkannya dengan baik, terbentuklah kerangka hukum untuk pembaharuan tata tertib hidup umat.

Ia diangkat sebagai seorang santo dalam Gereja Katolik dan hari perayaannya adalah 4 November.

Masa muda[sunting | sunting sumber]

Charles Borromeo merupakan keturunan bangsawan. Keluarga Borromeo merupakan turunan keluarga yang kaya di Lombardy. Banyak keturunan keluarga Borromeo yang menjadi tokoh baik di gereja maupun di negara bagian.[2] Lambang keluarga termasuk cincin Borromean, yang sering digunakan untuk melambangkan Tritunggal Mahakudus. Ayah Charles Gilbert adalah Pangeran Arona. Ibunya, Margaret, adalah anggota cabang dari Wangsa Medici di Milan. Ia merupakan anak ketiga dari enam bersaudara, ia lahir di kastil Arona di Danau Maggiore 36 mil dari Milan pada 2 Oktober 1538.

Borromeo menerima tonsur saat ia berusia sekitar dua belas tahun. Pada saat ini paman dari pihak ayah Giulio Cesare Borromeo, menyerahkan kepadanya penghasilan dari biara Benediktin di Sts. Gratinian dan Felin. Borromeo menjelaskan kepada ayahnya bahwa semua pendapatan dari biara di luar apa yang diperlukan untuk mempersiapkannya untuk berkarir di Gereja adalah milik orang miskin dan tidak dapat digunakan untuk hal yang bersifat duniawi. Ia mendaftar di Universitas Pavia dan mengambil bidang studi hukum perdata dan kanonik. Karena adanya hambatan bicara, ia dianggap lamban tetapi ketekunan dan usahanya membuatnya mengalami kemajuan dengan pesat.[3] Pada tahun 1554 ayahnya meninggal, dan meskipun ia memiliki saudara yang lebih tua, ia diminta keluarganya untuk menangani pengelolaan usaha domestik mereka. Ia menyelesaikan pendidikannya pada tanggal 6 Desember 1559 .

Periode Roma[sunting | sunting sumber]

Pada 25 Desember 1559, paman Borromeo, Kardinal Giovanni Angelo Medici terpilih sebagai Paus Pius IV. Paus yang baru terpilih meminta keponakannya untuk datang ke Roma, dan pada 13 Januari 1560 mengangkatnya sebagai apostolik protonotaris.[4] Tak lama kemudian, pada 31 Januari 1560, paus mengangkatnya menjadi kardinal, dan sebagai kardinal keponakan, ia dipercayakan dalam hal publik maupun segel rahasia gerejawi.[5] Dia juga dibawa ke pemerintahan Negara-negara Kepausan dan menunjuknya menjadi pengawas dari Fransiskan, Karmelit dan Ksatria Hospitaller

Selama empat tahun di Roma Borromeo hidup dalam kesederhanaan, menjalankan kewajiban Kuria Roma untuk mengenakan pakaian hitam, dan mendirikan akademi orang terpelajar, Akademi Malam Vatikan, menerbitkan memoar mereka sebagai Noctes Vaticanae.[6]

Borromeo mengorganisasi sesi ketiga dan terakhir dari Konsili Trento, pada tahun 1562-63. Dia memiliki andil besar dalam pembuatan Catechismus Romanus. Pada tahun 1561, Borromeo mendirikan dan menganugerahkan sebuah perguruan tinggi di Pavia, hari ini dikenal sebagai Almo Collegio Borromeo, yang ia dedikasikan untuk St. Justina dari Padua.

Pada tanggal 19 November 1562, kakak lelakinya, Federico, tiba-tiba meninggal. Keluarganya mendesak Borromeo untuk meninggalkan gereja untuk menikah dan memiliki anak, sehingga nama keluarga mereka tidak punah, tetapi ia memutuskan untuk tidak meninggalkan negara gerejawi.[7] Kematian saudara laki-lakinya, bersama dengan kontaknya dengan para Yesuit dan Teatin dan teladan dari para uskup seperti Bartholomeus dari Braga, adalah pendorong semangat Borromeo terhadap kehidupan Kristen yang lebih ketat dan operatif, dan ia bertekat untuk mengamalkan martabat dan tugas-tugas uskup sebagaimana disusun oleh Konsili Trent baru-baru ini.[6]

Uskup Milan[sunting | sunting sumber]

Borromeo ditunjuk menjadi administrator di Keuskupan Agung Milan pada 7 Februari 1560. Setelah keputusannya untuk mempraktekkan peran uskup, ia memutuskan untuk ditahbiskan menjadi imam pada 4 September 1563, dan pada tanggal 7 Desember 1563 ia ditahbiskan menjadi uskup di Kapel Sistina oleh Kardinal Giovanni Serbelloni.[8] Borromeo secara resmi diangkat sebagai uskup agung Milan pada 12 Mei 1564 setelah Uskup Agung Ippolito II d'Este memutuskan untuk mengundurkan diri, namun ia hanya diizinkan oleh paus untuk meninggalkan Roma satu tahun kemudian. Borromeo secara resmi menjabat sebagai Uskup Agung Milan pada tanggal 23 September 1565.[7]

Reformasi di Milan[sunting | sunting sumber]

Lukisan Intercession of Charles Borromeo supported by the Virgin Mary oleh Rottmayr (Karlskirche, Wina)

Setelah pamannya meninggal, Pius IV (1566) Ia merasa bahwa keadaan di Roma sudah semakin memburuk. Selanjutnya Ia mengabdikan dirinya untuk melakukan reformasi di Roma. Ia berkeyakinan bahwa hal ini akan membimbingnya untuk mengoreksi seluruh dunia setelah dia selesai dengan Roma.[9] Milan adalah keuskupan agung terbesar di Italia pada saat itu, dengan lebih dari 3.000 klerus dan 800.000 umat. Baik klerus maupun umat awam banyak yang telah menyimpang dari ajaran gereja. Indulgansi dan pelayanan gerejawi banyak di perjualbelikan. Biara-biara tidak tertib, banyak biarawan yang "malas, tidak peduli dan kurang bermoral".[9] Ia melakukan banyak kunjungan pastoral, dan mengembalikan martabat ke layanan Ilahi. Ia mendesak gereja-gereja untuk kembali ke dekrit Konsili Trente, yang menyatakan bahwa seni suci dan arsitektur yang kurang memiliki landasan alkitabiah pada dasarnya dilarang, seperti juga dimasukkannya unsur-unsur pagan klasik dalam seni religius.[10] Dia memisahkan ruang gereja menjadi dua kompartemen untuk memisahkan jenis kelamin pada saat ibadah.

Sumber, referensi dan pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Adolf Heuken, SJ (2004). Ensiklopedi Gereja Jilid I. Jakarta: Cipta Loka Caraka. hlm. 207. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama butler
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama lives
  4. ^ Salvador Miranda. "Borromeo, Carlo". Diakses tanggal 20 Jan 2013. 
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama foley
  6. ^ a b De Certau, Michel (1977). "Carlo Borromeo, santo". Dizionario Biografico degli Italiani (dalam bahasa Italian). 20. Treccani. 
  7. ^ a b Cazzani, Eugenio (1996). Vescovi e arcivescovi di Milano (dalam bahasa Italian). Milano: Massimo. hlmn. 226–230. ISBN 88-7030-891-X. 
  8. ^ (Inggris) "St. Charles Cardinal Borromeo". Catholic-Hierarchy.org. David M. Cheney. Diakses tanggal 20 Jan 2013. 
  9. ^ a b Swetnam, Susan H., "My Best Teachers Were Saints", Loyola Press ISBN 978-0-8294-2329-7
  10. ^ Blunt, Anthony, Artistic Theory in Italy, 1450–1660, chapter VIII, especially pp. 107–128, 1940 (refs to 1985 edn), OUP, ISBN 0-19-881050-4