Cerek kepiting

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cerek kepiting
Dromas ardeola
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22694081
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliDromadidae
GenusDromas
SpesiesDromas ardeola
Distribusi

Burung-Cerek Kepiting atau Cerek Kepiting ( Dromas ardeola ) adalah burung yang berkerabat dengan burung perandai, namun cukup khas sehingga layak untuk dijadikan famili Dromadidae . Hubungannya dengan Charadriiformes tidak jelas, beberapa menganggapnya berkerabat dekat dengan wili-wili, atau burung terik, sementara yang lain menganggapnya lebih dekat dengan auk dan burung camar . Ini adalah satu-satunya anggota genus Dromas dan unik di antara para penyeberang dalam memanfaatkan kehangatan tanah untuk membantu inkubasi telur .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Burung ini menyerupai burung cerek, namun memiliki kaki abu-abu yang sangat panjang dan paruh hitam tebal yang kuat mirip burung laut . Bulunya yang hitam-putih dan postur tegak berleher panjang dengan paruh yang tebal menjadikannya khas dan tidak salah lagi. Paruhnya unik di antara burung perandai lain, dan dikhususkan untuk memakan kepiting. Jari kakinya sebagian berselaput. Bulunya berwarna putih kecuali hitam di punggung dan di bulu utama sayap. Mereka adalah burung yang berisik, sering bersuara di tempat berkembang biak dan di tempat musim dingin. Gonggongan yang biasa dilakukannya adalah ka, dimana suara tersebut mirip dengan gonggongan biru-laut ekor-blorok tetapi diulang dengan cepat. Kawanan dapat mengeluarkan suara merengek yang meninggi dan pada musim kawin menghasilkan nada siulan kew-ki-ki . [2]

Jantan dan betina tidak mudah dibedakan namun jantan mempunyai paruh yang lebih berat dan panjang. Remaja memiliki mantel hitam, keabu-abuan dan tetap berada di bulu ini selama setahun. Kawanan terbang dalam barisan atau formasi "V". [2]

Burung Cerek Kepiting merupakan salah satu spesies yang termasuk dalam Perjanjian Konservasi Burung Air Migrasi Afrika-Eurasia ( AEWA ).

Jangkauan[sunting | sunting sumber]

Ia tinggal di pesisir dan pulau-pulau di Samudera Hindia, di mana ia memakan kepiting dan hewan kecil lainnya. Mereka suka berteman dan akan mencari makan dalam kelompok besar, pada malam hari, saat fajar dan senja, serta pada siang hari; perilaku krepuskular dan nokturnal ini lebih sering terjadi selama musim kawin. Mereka berkembang biak di sekitar Laut Arab, Teluk Oman dan Teluk Persia, Laut Merah dan Somalia pada bulan April hingga Juli kemudian menyebar melintasi Samudera Hindia pada bulan Agustus hingga Kepulauan Andaman dan Sri Lanka di timur dan Tanzania dan Madagaskar. . [2]

kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Cerek kepiting tidak biasa bagi para penyeberang karena ia bersarang di liang di tepian berpasir. Di kawasan Laut Merah, musim kawin dimulai sekitar pertengahan bulan Mei.[3] Ia adalah peternak kolonial, bersarang dalam koloni sebanyak 1.500 pasang. Ia bertelur satu putih telur, kadang dua, yang berukuran besar untuk ukuran tubuhnya. Suhu liang sarang optimal karena radiasi matahari dan induknya dapat meninggalkan sarang tanpa pengawasan selama 58 jam.[4] Anak burung cerek kepiting ini juga unik dibandingkan para perandai yang biasanya nidifugous karena tidak dapat berjalan dan tetap berada di sarang selama beberapa hari setelah menetas, sambil diberi makanan. Bahkan setelah mereka menjadi dewasa, mereka memiliki jangka waktu yang lama untuk diasuh oleh orang tua setelahnya. Baik jantan maupun betina merawat anak-anaknya.[5]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2019). "Dromas ardeola". 2019: e.T22694081A155499202. doi:10.2305/IUCN.UK.2019-3.RLTS.T22694081A155499202.en. 
  2. ^ a b c Hayman, P.; J. Marchant; T. Prater (1986). Shorebirds: an identification guide to the waders of the world. Croom Helm, London. hlm. 222–223. 
  3. ^ Baker, ECS (1929). "The game birds of the Indian empire. Part 8. The waders and other Semi-sporting birds". J. Bombay Nat. Hist. Soc. 33 (2): 223–228. 
  4. ^ De Marchi, G.; Chiozzi, G.; Fasola, M. (2008). "Solar incubation cuts down parental care in a burrow nesting tropical shorebird, the crab plover Dromas ardeola". Journal of Avian Biology. 39 (5): 484–486. doi:10.1111/j.0908-8857.2008.04523.x. 
  5. ^ Szekely, Tamas; John D. Reynolds (1995). "Evolutionary Transitions in Parental Care in Shorebirds". Proc. R. Soc. B. 262 (1363): 57–64. doi:10.1098/rspb.1995.0176.