Terik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Terik
Glareolinae

Small pratincole (Glareola lactea) from Mangaon, Maharashtra, India
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliGlareolidae
SubfamiliGlareolinae
Genera
Glareola
Stiltia

Burung terik adalah sekelompok burung yang membentuk keluarga Glareolidae . Mereka memiliki kaki yang pendek, sayap runcing yang sangat panjang, dan ekor yang panjang dan bercabang.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ciri mereka yang paling tidak biasa pada burung yang digolongkan sebagai perandai adalah bahwa mereka biasanya memburu mangsa serangga di sayap seperti burung layang-layang, meskipun mereka juga dapat mencari makan di tanah. Paruh pendek mereka merupakan adaptasi terhadap makanan di udara.

Penerbangan mereka cepat dan anggun seperti burung layang-layang atau dara laut, dengan banyak liku-liku untuk mengejar mangsanya. Mereka paling aktif saat fajar dan senja, beristirahat di waktu terhangat di siang hari.

Seperti halnya Cursoriinae, burung terik ditemukan di daerah yang lebih hangat di Dunia Lama, dari Eropa selatan dan Afrika timur melalui Asia hingga Australia . Spesies yang berkembang biak di daerah beriklim sedang adalah migran jarak jauh.

Dua hingga empat telurnya diletakkan di tanah dalam keadaan terbuka.

Anak ayam burung terik berbulu halus dapat berlari segera setelah menetas.[1]

Terik Australia, satu-satunya spesies yang tidak termasuk dalam genus Glareola, lebih terestrial dibandingkan burung terik lainnya, dan mungkin merupakan perantara antara kelompok ini dan Cursoriinae.

Daftar spesies[sunting | sunting sumber]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^  Newton, Alfred (1911). "Pratincole". Dalam Chisholm, Hugh. Encyclopædia Britannica. 22 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 254–255.