Terik sayap-hitam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Terik sayap-hitam
Glareola nordmanni Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Hampir terancam
IUCN22694136 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliGlareolidae
GenusGlareola
SpesiesGlareola nordmanni Edit nilai pada Wikidata

Terik sayap-hitam ( Glareola nordmanni ) adalah sejenis burung randai dalam keluarga burung terik, Glareolidae. Nama genusnya adalah kependekan dari bahasa Latin Glarea, "kerikil", mengacu pada habitat bersarang khas pratincoles. Nama spesies ini memperingati ahli zoologi dan penjelajah kelahiran Finlandia Alexander von Nordmann . [2]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Memiliki kisaran ukufan 24–28 cm (9,4–11,0 in) panjang, dengan kaki pendek, sayap runcing panjang dan ekor bercabang. Paruhnya pendek, yang merupakan adaptasi terhadap makanan di udara. Punggung dan kepala berwarna coklat, dan sayap berwarna coklat dengan bulu terbang berwarna hitam. Perutnya berwarna putih dan sayap bawahnya berwarna hitam. Diperlukan pengamatan yang sangat baik untuk membedakan spesies ini dari terik lainnya, seperti terik kalung dan terik asia yang mungkin terdapat dalam wilayah jelajahnya. Ia sedikit lebih besar daripada terik kalung, dan berekor lebih pendek dan berkaki lebih panjang. Meskipun bagian bawah sayap berwarna gelap dan tidak adanya tepi belakang berwarna putih pada sayap merupakan tanda diagnostik, ciri-ciri ini tidak selalu mudah terlihat di lapangan, terutama karena bagian bawah sayap berwarna coklat pada terik kalung tampak hitam kecuali jika diperoleh dari sudut pandang yang sangat bagus.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Terik sayap-hitam adalah burung di alam terbuka dan sering terlihat di dekat air pada malam hari, mencari serangga. Terik ini terdapat di bahagian hangat di Eropah Tenggara dan Asia barat daya. Ia bermigrasi, musim dingin di Afrika tropis, dan jarang ditemukan di utara atau barat daerah perkembangbiakannya.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

2–4 butir telurnya diletakkan di tanah.

Makanan[sunting | sunting sumber]

Ciri yang tidak biasa dari terik adalah, meskipun digolongkan sebagai burung perandai, mereka biasanya memburu mangsa serangga di sayap seperti burung layang-layang, meskipun mereka juga dapat mencari makan di tanah.

Konservasi[sunting | sunting sumber]

Terik sayap-hitam adalah salah satu spesies yang tunduk pada Perjanjian Konservasi Burung Air Migrasi Afrika-Eurasia ( AEWA ).

Parasit Acanthocephalan Apororhynchus paulonucleatus ditemukan di usus terik sayap-hitam. [3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Glareola nordmanni". 2016: e.T22694136A90086476. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22694136A90086476.en. 
  2. ^ Jobling, James A (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird Names. London: Christopher Helm. hlm. 174, 274. ISBN 978-1-4081-2501-4. 
  3. ^ Peresad'ko, L. V. (1980). "Nematoda and Acanthocephala of Charadriiformes, new for West Siberia". Sistematika I Ekologiya Zhivotnykh Novye I Maloizvestnye Vidy Fauny Sibiri (dalam bahasa Russian): 10–23.