Cerek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Merebus air dengan ceret. Angkringan di Solo

Cerek[1][2] atau ketel adalah sejenis poci yang biasanya terbuat dari logam dan digunakan untuk mendidih dan juga menyajikan air. Ceret, seperti halnya dengan poci, biasanya dilengkapu dengan tutup, cerat untuk menuangkan air, dan gagang. Cerek dapat juga berupa sebuah peralatan dapur kecil yang bentuknya mirip dan berfungsi secara mandiri. Cerek dapat digunakan untuk memanaskan baik dengan menempatkannya di atas sebuah tungku atau kompor atau dengan elemen pemanas elektrik dalam versi peralatan dapur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Cerek Norwegia, terbuat dari besi cor.

Cerek pertama digunakan pada zaman Batu kuno untuk tujuan selain memasak.[butuh rujukan] Seiring berjalannya waktu wadah berbahan gerabah yang dihias secara artistik ini menjadi lebih sering digunakan di dapur. Di Tiongkok, cerek biasanya terbuat dari besi dan ditempatkan langsung di atas api terbuka. Penjelajah menggunakan cerek untuk memasak air segar untuk membuatnya layak sebagai air minum.

Kata kettle (ketel) berasal dari bahasa Norsk Kuno ketill "kaldron". Ejaan bahasa Inggris Kuno-nya cetel dengan awalan che- [t?] seperti pada cherry, dalam bahasa Inggris Pertengahan (dan dialeknya) adalah chetel, keduanya (bersama dengan bahasa Jerman: Kessel "cauldron") terutama berasal dari bahasa Jermanik *katilaz, yang meminjam kata Latin catillus, bentuk kecil dari catinus "bejana yang dalam untuk menyajikan atau memasak makanan",[3] yang dalam berbagai konteks diterjemahkan sebagai "mangkok", "piring yang dalam", atau "corong".

Perkembangan ketel atau cerek berhubungan langsung dengan evolusi dari tungku modern.[4]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Perangkat serupa[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cerek /cérék/, Kateglo 
  2. ^ (Indonesia) Arti kata Ceret dalam situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  3. ^ (Inggris) T. F. Hoad, English Etymology, Oxford University Press, 1993 (ISBN 0-19-283098-8). p. 252.
  4. ^ (Inggris) "Electric Tea Kettle". MadeHow.com. Diakses tanggal 30 July 2012. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Stevenson, Seth (Nov. 8, 2005). "A Watched Pot". Slate.
  • Copeland, Paul L. (2000). Engineering Studies: The Definitive Guide. Allawah, New South Wales: Anno Domini. ISBN 9780646394596. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]