Cerecet amerika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cerewet amerika
Psaltriparus minimus

In Chilliwack, British Columbia, Canada
Song of the P. minimus
Rekaman
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22712028
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliAegithalidae
GenusPsaltriparus
SpesiesPsaltriparus minimus
Townsend, 1837
Distribusi

Cerecet Amerika ( Psaltriparus minimus ) adalah burung penyanyi sosial yang termasuk dalam genus Psaltriparus . Ini adalah salah satu burung pengicau terkecil di Amerika Utara dan merupakan satu-satunya spesies dalam keluarga Aegithalidae yang ditemukan di Amerika Serikat; tujuh spesies lainnya ditemukan di Eurasia . [2]

Ciri khas cerecet Amerika adalah ukurannya yang mungil, kepalanya yang montok dan besar, serta ekornya yang panjang. [3] Wilayah penyebarannya membentang dari dataran tinggi Meksiko dan Amerika Serikat Bagian Barat hingga Vancouver, melalui Great Basin, dataran rendah dan kaki bukit California, Meksiko selatan, dan Guatemala . Cerecet Amerika biasanya mendiami hutan terbuka campuran, yang berisi pohon pasang dan tumbuhan bawah chaparral yang lebat. Ia juga dapat ditemukan berada di kebun dan taman.[ kutipan diperlukan ] Sumber makanan mereka adalah serangga kecil, terutama laba-laba dalam kelompok makanan spesies campuran . [3]

Elang kilat-tajam dan burung lainnya memangsa cerecet Amerika. [4] Cerecet Amerika hidup dalam kelompok yang terdiri dari 10 hingga 40 burung dan anggota keluarga tidur bersama di sarangnya yang besar dan menggantung selama musim kawin . Setelah keturunannya mengembangkan sayap yang cukup berkembang untuk terbang, mereka meninggalkan sarang dan tidur di dahan . Cerecet Amerika menampilkan perilaku unik karena pejantan dewasa biasanya menjadi pembantu yang membantu dan membesarkan anak burung ; Oleh karena itu, ia menarik minat banyak naturalis karena pola perkembangbiakan dan perkawinannya yang menarik. [5]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Dengan panjang 4,3 inci dan berat 0,18-0,21 ons, Cerecet amerika adalah salah satu burung pengicau terkecil di Amerika Utara. Warnanya sebagian besar berwarna abu-abu kecokelatan, dengan kepala besar, leher pendek, ekor panjang, dan paruh kecil gemuk. Selain itu, payudara semak memiliki karakteristik berbeda berdasarkan jenis kelamin dan habitatnya . Jantan bermata coklat tua sampai hitam sedangkan betina dewasa bermata kuning. Selain itu, cerecet Amerika yang tinggal di dekat pantai cenderung memiliki "topi" atau "mahkota" berwarna coklat, sedangkan yang tinggal di pedalaman memiliki "topeng" coklat di wajahnya.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Cerecet amerika biasanya mendiami hutan terbuka campuran, yang berisi pohon pasang dan tumbuhan bawah chaparral yang lebat. Ia juga dapat ditemukan berada di kebun dan taman.[butuh rujukan][ rujukan? ] Ia hidup di bawah dataran tinggi Meksiko dan Amerika Serikat bagian barat hingga Vancouver, melalui Great Basin, dataran rendah dan kaki bukit California, Meksiko selatan, dan Guatemala .

Mengenai tingkah lakunya, Cerecet Amerika mempunyai sikap yang aktif dan sosial.[ kutipan diperlukan ] Spesies ini membentuk kawanan yang terdiri dari 10 hingga 40 individu dari berbagai spesies, termasuk gelatik-batu dan tepus, untuk mencari serangga kecil dan laba-laba di lingkungan spesies campuran . Anggota kelompok sering berkomunikasi satu sama lain melalui apa yang disebut panggilan singkat.

Bersarang[sunting | sunting sumber]

Baik jantan maupun betina bekerja sama untuk membangun sarang gantung, yang penyelesaiannya bisa memakan waktu hingga satu bulan. Sarangnya memiliki lubang di dekat bagian atas yang turun ke dalam mangkuk sarang, dan menggantung hingga satu kaki di bawah titik jangkarnya. Dengan menggunakan jaring laba-laba dan bahan tumbuhan, laba-laba dewasa membuat kantung elastis. Kadang-kadang, mereka duduk di dalam sarang saat sarang masih dalam proses pembangunan, yang kemudian membentangkannya ke bawah. Mereka menutupi bagian luarnya dengan potongan tanaman di sekitarnya, termasuk pohon tempat sarang dibuat, dan menambahkan bahan isolasi seperti bulu, bulu, dan sisa tanaman berbulu halus. Semua burung dewasa yang terhubung ke sarang, termasuk pasangan dan pembantunya, tidur di sana saat sedang digunakan. Biasanya, pasangan tersebut menggunakan sarang yang sama untuk induk kedua mereka di tahun ini. Mengenai penempatannya, jantan dan betina menggantung sarang laba-laba dari tanaman benalu atau dedaunan lainnya sebagai tempat uji sarangnya. Lokasi sarang biasanya ditemukan di batang atau dahan pohon, dengan ketinggian berkisar antara tiga hingga seratus kaki. [6]

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Cerecet amerika betina bertelur putih oval dengan sekali bertelur dapat menghasilkan sampai jumlah 4-10 telur, tetapi kedua orang tuanya berbagi tanggung jawab inkubasi selama 11-13 hari. Telurnya memiliki panjang 0,5-0,6 inci dan lebar 0,4 inci. Setelah telur menetas, Cerecet amerika jantan dan betina bekerja sama untuk memberi makan dan merawat mereka selama 14–18 hari. Mereka dapat membesarkan 1-2 anak dalam setahun, dan saudara anakan dari anak pertama dapat membantu memberi makan anak berikutnya. [7] [8]

Selama musim kawin, cerecet Amerika jantan dan betina berpasangan, berpartisipasi aktif dalam pembangunan sarang, dan keduanya terlibat dalam membesarkan anak-anaknya. Mereka dibantu oleh pejantan dewasa lainnya yang membawa makanan ke sarang pasangan yang sedang bersarang. [9] Hebatnya, selama masa ini, seluruh keluarga cerecet Amerika tidur bersama di sarang mereka yang besar dan menggantung, tidak seperti kebanyakan burung yang sedang berkembang biak di mana hanya satu burung dewasa yang biasanya tidur di sarangnya dalam satu waktu. Setelah burung-burung muda menjadi dewasa, mereka berpindah ke tempat tidur di dahan. [10]

Namun, cerecet amerika bisa menjadi sensitif selama proses pembiakan. [11] Jika ada gangguan pada tahap awal bersarang, mereka mungkin akan membatalkan upaya bersarangnya dan berpotensi mencari pasangan lain. [12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2018). "Psaltriparus minimus". 2018: e.T22712028A132100477. doi:10.2305/IUCN.UK.2018-2.RLTS.T22712028A132100477.en. 
  2. ^ Townsend, John Kirk (1837). "Description of twelve new species of birds, chiefly from the vicinity of the Columbia River". Journal of the Academy of Natural Sciences of Philadelphia. 7: 187-192 [190]. 
  3. ^ a b "Bushtit Identification, All About Birds, Cornell Lab of Ornithology". www.allaboutbirds.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-22. 
  4. ^ "Bushtit". www.oiseaux-birds.com. Diakses tanggal 2023-10-22. 
  5. ^ "Bushtit Identification, All About Birds, Cornell Lab of Ornithology". www.allaboutbirds.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-22. 
  6. ^ "Bushtit Life History, All About Birds, Cornell Lab of Ornithology". www.allaboutbirds.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-22. 
  7. ^ "Bushtit Life History, All About Birds, Cornell Lab of Ornithology". www.allaboutbirds.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-22. 
  8. ^ "Bushtit Fact Sheet". The Spruce (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-22. 
  9. ^ Bird, Alex (2019-01-24). "Bushtit". Bird Watching Academy (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-22. 
  10. ^ "Bushtit Life History, All About Birds, Cornell Lab of Ornithology". www.allaboutbirds.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-22. 
  11. ^ "Bushtit Fact Sheet". The Spruce (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-22. 
  12. ^ "Bushtit Life History, All About Birds, Cornell Lab of Ornithology". www.allaboutbirds.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-22.