Cerecet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cerecet
Aegithalidae

Cerecet ekor-panjang Aegithalos caudatus
Song of the American bushtit,
Psaltriparus minimus
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
UpaordoPasseri
SuperfamiliSylvioidea
FamiliAegithalidae
Reichenbach, 1850
Genera
Aegithalos

Hermann 1804
Psaltriparus Townsend, 1837
Leptopoecile

Severtsov, 1873

Cerecet atau cerecet semak adalah burung pengicau kecil dari keluarga Aegithalidae, berisi 13 spesies dalam tiga genera, semuanya kecuali satu ( Psaltriparus ) ditemukan di Eurasia . Cerecet adalah burung aktif dengan ekor yang panjang dibandingkan ukurannya, bergerak hampir terus-menerus saat mencari serangga di semak dan pepohonan. Selama musim non-kawin, burung hidup berkelompok hingga 50 individu. Beberapa spesies cerecet menunjukkan perilaku perkembangbiakan kooperatif, disebut juga pembantu di sarang .

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Semua Aegithalidae adalah burung hutan, khususnya di tepi hutan dan habitat tumbuhan dasar hutan . Spesies dalam genus Aegithalos lebih menyukai hutan gugur atau hutan gugur campuran, sedangkan cerecet jawa Indonesia kebanyakan ditemukan di hutan jenis konifera pegunungan . Burung cerecet ditemukan di berbagai habitat, termasuk kadang-kadang di padang rumput semak belukar dan lahan semak gersang lainnya, tetapi paling umum di hutan campuran. Sebagian besar spesies dalam keluarga ini hidup di habitat pegunungan di dalam dan sekitar Himalaya, dan semuanya ditemukan di Eurasia kecuali cerecet Amerika, yang berasal dari Amerika Utara bagian barat . Cerecet ekor-panjang mempunyai sebaran paling luas di antara spesies Aegithalidae, tersebar di seluruh Eurasia dari Inggris hingga Jepang. Sebaliknya, ada dua spesies yang mempunyai sebaran kecil, yaitu cerecet Burma yang hanya terdapat di dua gunung di Burma, dan cerecet jawa, yang hanya terdapat di pegunungan di bagian barat Jawa . Spesies dalam famili ini umumnya tidak bermigrasi, meskipun burung cerecet ekor-panjang cenderung menyebar di tepi utara wilayah jelajahnya (khususnya di Siberia). Banyak spesies pegunungan berpindah ke dataran rendah selama musim dingin.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Mereka adalah burung kecil, berukuran 9 hingga 14 cm (3,5–5,5 in) panjangnya, termasuk ekor yang relatif panjang, dan beratnya hanya 45 hingga 9 g (1,59–0,32 oz) . Bulu mereka biasanya berwarna abu-abu kusam atau coklat, meskipun beberapa spesies memiliki corak putih dan cerecet ekor panjang memiliki warna merah muda. Berbeda dengan anggota keluarga lainnya, kedua burung pengicau Leptopoecile ini memiliki warna yang cukup cerah, memiliki bulu ungu dan biru. Burung cerecet jambul adalah satu-satunya anggota keluarga yang memiliki jambul. Paruh dalam keluarga ini kecil, pendek, dan berbentuk kerucut. Sayapnya pendek dan bulat serta kakinya relatif panjang.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Burung dalam keluarga ini hidup berkelompok yang berkisar antara 4 hingga lebih dari 50 individu. Kawanan terbentuk segera setelah satu musim kawin selesai dan bertahan hingga musim kawin berikutnya dimulai. Mereka memelihara kontak melalui panggilan kontak yang berbeda-beda antar spesies; lagu-lagu mereka tenang atau tidak ada. Spesies burung lain, seperti burung dada atau burung kicau, kadang-kadang bergabung dengan kawanannya untuk mencari makan.

Diet dan pemberian makan[sunting | sunting sumber]

Cerecet adalah pemakan serangga, terutama memakan serangga dan invertebrata lainnya seperti wereng, wereng pohon, kutu daun, serangga skala, dan ulat. Bahan tanaman, seperti buah beri atau biji-bijian, diambil sesekali selama musim dingin. Keluarga ini umumnya mencari makan di arboreal, biasanya di lapisan semak atau kanopi, dan jarang menyentuh tanah. Mangsa umumnya diambil dari dahan, daun, dan pucuk. Lebih jarang, mangsa diambil dari udara. Saat mencari makan, keluarga yang lincah ini mungkin bergelantungan terbalik di dahan dan bahkan memanipulasi dahan dan daun untuk mencari makanan yang tersembunyi.

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Keluarga tersebut umumnya memiliki sistem perkembangbiakan monogami; Namun, ada beberapa bukti bahwa cerecet Amerika sering kali bersifat poliandri dan terkadang poligini atau poligini. Pasangan dapat dibantu oleh pembantu, di mana individu yang terkait atau tidak terkait (atau lebih dari satu) membantu pasangan yang sudah mapan membesarkan anak-anaknya. Hal ini telah tercatat pada setidaknya empat spesies; penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat apakah perilaku tersebut menular ke anggota keluarga lainnya. Aegithalids membuat sarang berbentuk kubah atau menggantung seperti tas dari anyaman sarang laba- laba dan lumut, yang dilapisi dengan bulu. Banyak sarang yang dibangun di pepohonan dengan dedaunan lebat sehingga sulit ditemukan oleh predator. Namun, burung cerecet Amerika sering menempatkan sarang sedemikian rupa sehingga seluruhnya terbuka. Satu sarangnya terdiri dari 5 hingga 10 telur berwarna putih, yang pada banyak spesies memiliki bintik merah. Burung dewasa mengerami telur selama 13 sampai 14 hari; anak muda tinggal di sarang selama 16 sampai 18 hari. Setidaknya dalam empat spesies (cerecet ekor-panjang, cerecet leher-hitam, dan cerecet leher-,perak ), hanya betina yang mengerami. Anak burung cerecet muda diberi makan secara eksklusif pada serangga dan laba-laba.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Gambar Marga Spesies hidup
</img> Leptopoecile Severtzov, 1873
</img> Psaltriparus Bonaparte, 1850
</img> Aegithalos Hermann, 1804


Referensi[sunting | sunting sumber]