Castlevania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Castlevania
Logo Castlevania.png
Logo seri permainan Castlevania.
Genre permainan aksi-petualangan
Pengembang Bendera Jepang Konami
Rilis pertama Castlevania
26 September 1986
Rilis terbaru Castlevania: The Adventure ReBirth
27 October 2009
Situs resmi Konami Tokyo
Konami Amerika

Castlevania adalah sebuah serial permainan video yang diciptakan dan dikembangkan oleh Konami. Serial ini memulai debutnya di Jepang pada tanggal 26 September 1986, dengan judul rilis Akumajō Dracula (悪魔城ドラキュラ Akumajō Dorakyura?, "Drakula Puri Setan") [1] untuk Famicom Disk System (FDS), diikuti oleh versi pengganti untuk sistem MSX 2 pada tanggal 30 Oktober. Meskipun judul untuk versi porta MSX 2 (dilokalisasi di Eropa dan Brasil sebagai Vampire Killer, "Pembunuh Vampir") petama kali dirilis di luar Jepang, serial ini tidak menerima perhatian luas di luar Jepang sampai versi FDS-nya diporting ke dalam format kartrid untuk Nintendo Entertainment System (NES) dan dilokalisasi dengan judul Castlevania untuk versi Amerika Utara dan versi Eropa pada tahun 1987. Seri ini segera menjadi salah satu serial unggulan Konami.

Serial rilis Castlevania telah dirilis pada berbagai sistem permainan, dari sistem awal seperti NES sampai konsol modern. Serial permainan ini juga telah dirilis untuk Pocket PCs dan ponsel.[2][3]

Permainan[sunting | sunting sumber]

Cuplikan permainan Castlevania untuk sistem NES.

Judul rilis pertama versi konsol, Castlevania , dirilis pada tahun 1986 oleh Konami, adalah permainan platform khas di mana pemain mengambil peran sebagai Simon Belmont, seorang keturunan dari klan Belmont, sebuah keluarga pemburu vampir. Ia melakukan perjalanan ke benteng setan milik Drakula yang bernama Castlevania, dan menerobos masuk dengan bertempur, dan akhirnya menghancurkan sang Drakula sendiri. Senjata utama Belmont adalah cambuk Vampire Killer ("Pembunuh Vampir"), sedangkan senjata sekunder didukung oleh Hati, ditemukan dengan mencambuk lilin yang ada di benteng tersebut. Senjata sekunder yang lainnya antara lain pisau belati, air suci, atau kapak.

Castlevania II memfiturkan beberapa elemen eksklusif, antara lain sebuah peta dunia di mana pemain bebas untuk mengeksplorasi dan kembali. Pemain juga dapat membeli perlengkapan, peralatan dan meningkatkan senjata di kota-kota yang berbeda. Castlevania III: Dracula's Curse, dirilis pada tahun 1989 untuk NES, walaupun memiliki banyak kesamaan dengan versi NES Castlevania yang asli, memasukkan fitur baru seperti jalan pilihan alternatif dengan tahapan yang berbeda dan beberapa karakter yang dapat dimainkan.

Titik balik utama dalam mekanika serial permainan ini adalah Castlevania: Symphony of the Night yang dirilis pada tahun 1997 untuk PlayStation. Symphony of the Night memperkenalkan gaya baru dari alur permainan, yang memiliki kesamaan dengan permainan bergulir-samping seperti serial permainan Metroid. [4] Permainan ini juga menggunakan elemen permainan peran konsol (RPG), seperti senjata yang dapat dikoleksi, baju pelindung dan barang lainnya. Beberapa game Castlevania berikutnya telah mengikuti sistem permainan ini.

Karya seni dari Ayami Kojima mulai diperkenalkan sejak Symphony of the Night, dan telah ditampilkan dalam beberapa judul lainnya. Bertahun-tahun kemudian, 3 permainan Castlevania di Nintendo DS yang pertama kembali ke gaya anime yang digunakan dalam Castlevania: Rondo of Blood yang asli di antara judul lainnya, dengan harapan memperluas demografi pasaran pemain dengan tidak berkurangnya jumlah pemain Nintendo DS yang sedikit lebih muda oleh seni Kojima. [5] Dawn of Sorrow adalah permainan pertama yang melakukan hal ini, dan rilis DS kedua Portrait of Ruin mengikuti dengan gaya yang sama. [6] dan yang seri ketigannya ada Castlevania : Order Of Ecclesia. Disini Gayannya Kembali kebentuk GOthic Lagi karena gaya anime banyak diprotes oleh fansnya. dan disini juga untuk pertama kalinnya character jagoan cewek terlahir bernama shanoa.


Permainan pertama dalam serial yang menggunakan grafik 3D adalah Castlevania dan Castlevania: Legacy of Darkness untuk Nintendo 64.

Koji Igarashi telah menyatakan bahwa jika The Dracula X Chronicles terjual dengan baik, serial ini dapat kembali ke gaya yang lebih tradisional dari permainan aslinya. [7]

Keberhasilan dari seri Castlevania telah mengakibatkan pemberian Guinness World Records rekor dunia seri 7 dalam Guinness World Records: Gamer's Edition 2008 ("Edisi Pemain Permainan Video 2008"). Rekor ini termasuk "Permainan Paling Banyak dalam Serial Aksi Petualangan", "Jumlah Panggung Terbesar Dalam Satu Seri", dan "Judul Castlevania Terpanjang" untuk Castlevania: Legacy of Darkness rilis 1999.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Castlevania: The Dracula X Chronicles Opening Movie
    * Japanese: 悪魔城の城主、邪心の神、ドラキュラ伯爵の復活であった。 * terjemahan Konami oleh Ken Ogasawara:Drakula, penguasa kegelapan, penguasa kastil setan, berjalan di antara kita.
  2. ^ http://classic.pocketgear.com/software_detail.asp?id=27053
  3. ^ http://www.konamimobile.com/gamedetail.aspx?rkw=castle
  4. ^ "The Top 25 Videogame Franchises". 2006. 
  5. ^ "Whip Smart: Konami's Koji Igarashi On Mastering Castlevania". 2005. 
  6. ^ "Castlevania: Portrait of Ruin Updated Hands-On". 2006. 
  7. ^ "Castlevania: the mega-interview". Game Radar. 2007. Diakses 2008-06-13. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]