Camar-angguk biru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Camar-angguk biru
Procelsterna cerulea

Status konservasi
Risiko rendah
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliLaridae
GenusProcelsterna
SpesiesProcelsterna cerulea
(Frederick Debell Bennett, 1840)
Tata nama
ProtonimSterna cerulea

Camar-angguk biru atau secara lokal dikenal oleh masyarakat Hawaii sebagai hinaokū atau manuohina [2] ( Anous ceruleus ) adalah burung laut dalam keluarga Laridae . Ia juga dikenal sebagai camar-angguk kelabu.

Ia dijumpai di Samoa Amerika, Kepulauan Cook, Fiji, Polinesia Perancis, Kiribati, Kepulauan Marshall, Kaledonia Baru, Samoa, Tonga (Niua), Tuvalu dan Hawaii . Burung ini pernah bermigrasi yang akhirnya tersasar dan menjadi gelandangan di Australia dan Jepang . Habitat aslinya adalah laut terbuka dan dangkal di kawasan tropis dan subtropis.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Camar-angguk biru memiliki ukuran mencapai 25–28 cm (9,8–11,0 in) panjangnya dan memiliki lebar sayap 46–60 cm (18–24 in) . [3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Procelsterna cerulea". Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ Gregg, Jason (12 May 2021). "Decolonizing Seabirds". Hakai Magazine (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-05-12. Diakses tanggal 2021-05-14. 
  3. ^ Gochfeld, M.; Burger, J.; Garcia, E.F.J. "Blue Noddy (Procelsterna cerulea)". Dalam del Hoyo, J.; Elliott, A.; Sargatal, J.; Christie, D.A.; de Juana, E. Handbook of the Birds of the World Alive. Lynx Edicions. Diakses tanggal 17 April 2017.