Brigitte Lin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Brigitte Lin
Nama Tionghoa 林青霞 (Tradisional)
Nama Tionghoa 林青霞 (Sederhana)
Pinyin Lín Qīngxiá (Mandarin)
Jyutping lam4 cing1 haa4 (Kanton)
Pe̍h-ōe-jī Lîm Chheng-hâ (Hokkien)
Leluhur Yantai, Shandong
Asal Republik China (Taiwan)
Lahir 3 November 1954 (umur 63)
Taipei, Taiwan, Republik China
Pekerjaan Aktris
Tahun aktif 1973 - 1994
Agama Buddha
Pasangan Michael Ying
(29 June 1994 - sekarang)

Brigitte Lin (Tionghoa: 林青霞; Pinyin: Lín Qīngxiá) atau Brigitte Lin Ching-hsia (kelahiran 3 November 1954) adalah seorang aktris Taiwan. Ia merupakan seorang aktris populer, yang dianggap sebagai ikon sinema Tiongkok, yang berkating dalam film-film Taiwan dan Hong Kong. Ia pensiun pada 1994, meskipun ia memerankan peran kecil dalam film 1998 Bishonen.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di Taipei, dan "ditemukan" pada 1972 oleh seorang produser film, dan pertama kali muncul dalam beberapa film percintaan Taiwan berdasarkan pada novel-novel karya Chiung Yao. Debut filmnya adalah dalam Chuangwai. Ia kemuain beralih ke pembuatan film-film di Hong Kong. Pada puncak ketenarannya, ia dianggap menjadi aktris paling tersohor dalam industri film Tiongkok. Ia membintangi lebih dari 100 film.

Dalam film-film Hong Kong, Lin membuat kariernya dengan memainkan peran-peran lintas gender: dalam Peking Opera Blues ia memerankan orang tomboy yang berbusana pakaian Barat laki-laki; dalam New Dragon Gate Inn ia menjadi seorang wanita yang berpakaian laki-laki, dan dalam Swordsman II dan III

Ia menikah dengan pengusaha Michael Ying pada 1994 dan meninggalkan industri film. Ia memiliki dua putri, yang lahir pada 1997 dan 2001. Ia membuat penampilan publik pertamanya sejak pernikahannya di penayangan Ashes of Time Redux di Festival Film New York 2008.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]