Sinema Taiwan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sinema Taiwan
Bioskop Mingshen
Jumlah layar574 (2011)[1]
Keuntungan Box Office (2011)[2]
Total$136 juta
Film nasional$23.7 juta (17.46%)

Sinema Taiwan sangat berakar dalam sejarah unik dari pulau tersebut. Sejak diperkenalkan di Taiwan pada 1901 di bawah kekuasaan Jepang, sinema dikembangkan di Taiwan pada beberapa panggung yang berbeda. Sinema juga dikembangkan di luar unsur-unsur umum Hong Kong dan penyensoran Republik Rakyat Tiongkok.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Sutradara Taiwan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun-tahun terkini, industri film Taiwan didukung oleh sekelompok pembuat film bisu. Hou Hsiao-hsien dan Edward Yang membangun jabatan sutradaranya di film internasional. Selain itu, Tsai Ming-liang, seorang pelajar Tionghoa perantauan dari Malaysia, meraih sambutan mendunia sebagai sutradara Taiwan.

Sutradara-sutradara baru biasanya suka mengeksplor tema nostalgia dan memori sejarah. Namun, Tsai Ming-liang memfokuskan dirinya pada kehidupan pria dan wanita di perkotaan. Salah satunya adalah "Rebels of the Neon God" yang menampilkan kehidupan kosong dari orang-orang muda. Film yang memenangkan penghargaan, "Vive L'Amour" mengisahkan tentang pria dan wanita perkotaan yang hidup sendiri. Film Tsai Ming-liang memberikan sebuah perasaan dari kehidupan modern, tetapi sulit untuk dimengerti. Selain itu, sutradara-sutradara baru pada 1990an, seperti Chen Kuo-fu, Tsui Siu Ming times, dan Wang, Yi Chih, Yeh Lin, Chang, dan produser independen Huang Ming-chuan Lai, dll., yang memiliki sebuah karya besar.

Sutradara, aktor, dan aktris terkenal[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Statistics Of Taiwan Film Industry (1996-2011)". Taiwan Cinema. Bureau of Audiovisual and Music Industry Development. 2012. Diakses tanggal 9 November 2013. [pranala nonaktif permanen]
  2. ^ "Collections Of Box Office Earnings Of First-Run Theaters In Taipei(1999-2011)". Taiwan Cinema. Bureau of Audiovisual and Music Industry Development. 2012. Diakses tanggal 9 November 2013. [pranala nonaktif permanen]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Sinema Taiwan Templat:Topik Taiwan Templat:Sinema dunia