Rebels of the Neon God

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rebels of the Neon God
Indeks kartu
SutradaraTsai Ming-liang
Protagonis
Produksi seni pertunjukanHsu Li-kong
NaskahTsai Ming-liang
MusikHuang Shu-jun
Penampilan perdana1992
Durasi106 menit
127 menit (Kanada)
Bahasa asli (film atau acara televisi)Hokkien Taiwan
Bahasa Mandarin Taiwan
Warnaberwarna
Format1.85:1
Deskripsi
Genrefilm drama
IMDB: tt0103935 Allocine: 16713 Rottentomatoes: m/rebels_of_the_neon_god Letterboxd: rebels-of-the-neon-god Mojo: rebelsoftheneongod Allmovie: v146061 Metacritic: movie/rebels-of-the-neon-god

Rebels of the Neon God (Hanzi: 青少年哪吒; Pinyin: Qīngshàonián Nuózhà (or Nézhā); harfiah: 'Teenage Nezha' ) atau Pemberontak Dewa Neon adalah sebuah film drama Taiwan yang rilis pada 1992 yang ditulis dan disutradarai oleh Tsai Ming-liang dalam debut penyutradaraan film fiturnya. Dibintangi oleh Lee Kang-sheng, Chen Chao-jung, dan Jen Chang-bin.

Alur Cerita[sunting | sunting sumber]

Seorang pemuda bernama Hsiao Kang mengikuti bimbingan belajar dan tinggal bersama orang tuanya. Dalam alur cerita paralel, Ah Tze dan Ah Ping adalah seorang pencuri amatir. Setelah keluar pada suatu malam, Ah Tze kembali ke apartemennya yang kebanjiran. Keesokan paginya, ia bertemu dengan Ah Kuei, seorang wanita muda yang baru saja melakukan cinta satu malam di kamar sebelah dengan saudara laki-laki Ah Tze, seorang penjual mobil. Ah Kuei tidak tahu di mana dia berada, dan Ah Tze memberinya tumpangan dengan sepeda motornya. Sementara itu, sepeda motor Hsiao Kang disita. Ayahnya, seorang sopir taksi, melihat dia dan memberinya tumpangan ke sekolah, berharap untuk lebih akrab dengan putranya. Saat terjadi keributan di lalu lintas, Ah Tze dengan sengaja memecahkan kaca spion di taksi ayah Hsiao Kang.

Ah Tze, Ah Ping, dan Ah Kuei kemudian nongkrong bersama di malam hari dan mereka mabuk-mabukan. Ah Kuei pingsan, dan kedua pria itu meninggalkannya di kamar hotel. Di pagi hari, Ah Kuei menelepon Ah Tze dan meminta untuk bertemu dengannya lagi. Sementara itu, Hsiao Kang keluar dari sekolahnya dan mendapat pengembalian uang. Bukannya pulang, dia malah berjalan ke arah lain, bertemu dengan Ah Tze, dan menguikutinya sebentar. Hsiao Kang melihat Ah Tze dan Ah Ping merampok sebuah permainan arkade dengan mengeluarkan papan induk dari mesin permainan tersebut.

Ah Tze bertemu dengan Ah Kuei, dan dia marah karena Ah Tze menahannya. Keduanya kemudian mendapatkan kamar hotel dan melakukan hubungan seks. Sementara itu, Hsiao Kang menemukan sepeda motor Ah Tze dan merusaknya. Hsiao Kang kemudian mencoba untuk kembali ke rumah setelah pergi selama beberapa hari, tetapi orang tuanya yang mengetahui bahwa dia putus sekolah, menolak untuk mengizinkannya masuk. Dia akhirnya tinggal di hotel yang sama tempat Ah Tze dan Ah Kuei bermalam dan hanya menonton dengan gembira saat Ah Tze menemukan sepedanya yang rusak.

Kemudian, Ah Tze dan Ah Ping mencoba menjual papan induk yang dicuri kepada pemilik permainan arkade, tetapi malah berhadapan dengan para penjanga tempat tersebut. Para penjaga mengejar mereka ke jalan dan memukuli Ah Ping. Malam itu, Ah Tze membawa Ah Ping kembali ke apartemen secara kebetulan menggunakan taksi ayah Hsiao Kang. Ah Kuei juga muncul di sana. Dia memberi tahu Ah Tze bahwa dia ingin pergi bersamanya, dan keduanya berpelukan. Hsiao Kang ikut layanan kencan telepon berbayar tetapi tidak menjawab panggilan apa pun. Setelah duduk di sana, dia pergi.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Rebels of the Neon God adalah film fitur pertama Tsai Ming-liang. Dia menyukai aktor Lee Kang-sheng ketika keduanya bekerja bersama dalam sebuah film di televisi. Pada saat itu, Lee sedang belajar untuk ujian masuk perguruan tinggi. Tsai kemudian berkata, "Dengan menghabiskan waktu bersama Hsiao Kang saat dia menjalani seluruh pengalamannya, saya memutuskan bahwa saya ingin membuat film sederhana tentang seorang anak yang mencoba masuk perguruan tinggi, yang menjadi Pemberontak Dewa Neon . Saya ingin menjelajahi apa yang akan dilakukan seorang anak jika dia tidak bisa masuk perguruan tinggi. Pertanyaan yang timbul adalah 'Ke mana dia akan pergi?' atau 'Apa yang akan dia lakukan?' [1]

Judul[sunting | sunting sumber]

Judul film ini dalam bahasa Taiwan mengacu pada istilah Nezha, seorang anak dewa yang kuat dalam mitologi klasik Tiongkok yang lahir dari keluarga manusia. Nezha cenderung impulsif dan tidak patuh. Dia mencoba membunuh ayahnya, tetapi dapat dikendalikan ketika seorang Tao abadi (mentor spiritual Nezha) memberi ayahnya sebuah pagoda mini yang memungkinkan dia untuk mengendalikan putranya yang memberontak. Hal ini tersirat di film dalam beberapa cara: ibu Hsiao Kang yang percaya bahwa dia adalah reinkarnasi Nezha, dan Tze dan Ping mencoba menggadaikan beberapa barang curian ke pemilik arkade yang bernama Nezha. Sebelum menggadaikan barang curian, Hsiao Kang merusak sepeda motor Tze, termasuk grafiti yang bertuliskan "Ini Nezha."

Penerimaan Publik[sunting | sunting sumber]

Di situs web pengulas film Rotten Tomatoes, film ini mendapat nilai persetujuan 100% dari 32 ulasan, dengan rata- rata nilai 8.55/10. Konsensus situs tersebut berbunyi: " Rebels of the Neon God mememberitahu bahwa penulis-sutradara Ming-liang Tsai sebagai bakat yang terbentuk sepenuhnya -- dan tetap menjadi salah satu debut yang berhasil dalam dekade ini".[2] Di Metacritic, film ini memiliki skor 82 dari 100 berdasarkan 10 ulasan, menunjukkan pengakuan dari publik.[3]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Film Rebels of the Neon God memenangkan Penghargaan Kuda Emas untuk Skor Asli Terbaik, Penghargaan Kota Torino untuk Film Terbaik di Festival Sinema Muda Internasional Torino, dan Penghargaan Medali Perunggu di Festival Film Internasional Tokyo .

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]